5 Cara Membuat Blog Menarik Bagi Pemula

Memiliki blog pribadi atau membangun website untuk tujuan tertentu adalah keinginan beberapa orang. Tidak jarang masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat blog menarik untuk pengunjung. Padahal, ada banyak sekali cara untuk membangun tampilan blog menjadi menarik, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: 5 Blogger Terkaya Di Indonesia Yang Menginspirasi

1. Upgrade Domain

Banyak orang yang tidak memperhatikan poin pertama ini. Penamaan domain diusahakan yang mudah diingat oleh banyak orang. Tidak disarankan untuk menamai domain dengan panjang atau terlalu sulit. Apabila terdapat sedikit dana, usahakan upgrade domain dari blogspot atau wordpress ke .com atau sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan top level domain atau TLD akan membuat blog menjadi terlihat lebih profesional dibandingkan dengan domain blogspot.com atau wordpress.com. Disisi lain, terdapat celah dalam persaingan tampil di halaman depan Google. Akan tetapi, apabila belum memiliki biaya lebih, boleh saja menggunakan domain seperti blogspot.com ataupun wordpress.com

2. Memilih Template atau Theme

Pemilihan desain theme pada blog juga perlu diperhatikan sesuai dengan tema pada blog tersebut. Gunakanlah theme magazine atau news jika blog tersebut berisikan tentang berita yang selalu update hampir setiap hari. Jika blog berisikan tentang perjalanan travel, bisa juga menggunakan magazine atau theme khusus travel.

Tidak perlu bingung mencari theme gratis yang memiliki tampilan profesional. Saat ini sudah banyak sekali theme yang bisa di download dan diaplikasikan pada blog tersebut. Disarankan untuk memilih theme yang memiliki tampilan user friendly, mobile responsive dan tidak terlalu berat ketika di akses. Karena apabila suatu blog sulit untuk diakses, kemungkinan terbesarnya adalah menurunkan jumlah pengunjung.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Template Blog/website

3. Menyempurnakan Desain

Setelah melakukan pemilihan theme blog, langkah selanjutnya adalah dengan menyempurnakan desainnya. Tambahkan menu navigasi pada halaman utama untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Halaman yang wajib dalam blog baru diantaranya adalah about, contact, privasi and policy, disclaimer dan terms of service.

Pemilihan warna pada blog adalah salah satu cara membuat blog menarik. Usahakan untuk mengaplikasikan 3 pilihan warna saja. Contohnya adalah kombinasi warna merah, putih dan hitam. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan warna karena akan membuat tampilan blog menjadi tidak bagus. Tambahkan pula widget-widget penting lainnya seperti popular post, top comment dan lain sebagainya.

4. Membuat Konten

Konten atau isi blog inilah poin utama untuk membuat blog menjadi menarik para pengunjung. Kualitas konten dalam suatu blog mencerminkan rating pada blog tersebut. Semakin baik dan banyak kontennya, maka secara otomatis blog tersebut akan menarik banyak pengunjung.

Penulisan artikel dengan konsep SEO Friendly juga perlu diperhatikan. Tujuannya adalah agar tulisan dalam blog tersebut terindeks oleh mesin pencari dan muncul di halaman Google. Teknik penulisan SEO friendly saat ini mengalami beberapa perubahan menyesuaikan algoritma dari Google. Maka dari itu perlu adanya pendalaman dalam menulis konten sesuai dengan ketentuan.

5. Update Secara Rutin

Salah satu kebiasaan yang perlu diperhatikan dalam membuat blog adalah melakukan update konten secara teratur. Usahakan untuk mengupdate konten minimal 1 minggu 3-5 kali agar ranking blog tidak terjun terlalu jauh. Semakin rajin dalam mengupdate konten, maka semakin banyak pengunjung yang akan mempercayai blog tersebut.

Baca Juga: Kiat Sukses: Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger

Cara membuat blog menarik pada dasarnya dapat dipelajari oleh siapapun. Masih terdapat banyak cara untuk membuat blog tersebut menarik banyak pengunjung. Cara di atas merupakan sebagian yang bisa dipelajari dan diterapkan ketika membangun sebuah blog baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *