Sumber Pendapatan Google Adsense Dan Pencairannya

Profesi sebagai blogger atau bahkan youtuber kini semakin banyak dipilih terutama bagi mereka yang memiliki segudang kreatifitas. Hal ini tentu saja karena penghasilan yang akan diperoleh tentu cukup menggiurkan sehingga mendorong mereka untuk berkarya dengan memanfaatkan platform youtube maupun blog. Lalu dari mana sebenarnya sumber dana pendapatan google adsense yang diberikan kepada publisher dan bagaimana pencairannya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sumber Pendapatan Google Adsense

Banyak yang belum mengetahui dari mana google mendapatkan uang untuk membayar para publisher yang aktif mengupload konten-konten menarik dengan penayangan yang fantastis. Berikut ini informasi terkait sumber pendapatan google adsense yang perlu diketahui.

1. CPC

Istilah ini merupakan singkatan dari Coast Per Click yang digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya tersebut ditentukan oleh pengiklan sehingga CPC untuk pengiklan bervariasi dan berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan apa yang diiklankan karena ada beberapa pengiklan yang bersedia untuk membayar lebih mahal dibandingkan dengan pengiklan lain.

Untuk besaran nilai CPC hanya diketahui oleh pihak google dan pengiklan yang bersangkutan saja sehingga bersifat rahasia. Tentu saja tiap unit iklan berbeda antara satu dan yang lainnya tergantung dari kata kunci tertentu sehingga mempengaruhi nilai CPC.

Baca Juga: Cara Meningkatkan CPC (BPK) Adsense Yang Efektif

2. CTR

Selain CPC sumber pendapatan google adsense yang lainnya adalah CTR yang merupakan singkatan dari Click Through Rate. Pendapatan dilakukan dengan cara menghitung jumlah klik iklan yang dibagi pada sebuah web atau blog dengan jumlah tayang iklan.

Sebagai contoh apabila iklan ditayangkan pada sebuah website atau blog yaitu sebanyak 1500 kali dan mendapatkan 12 kali klik maka CTR yang diperoleh adalah 0,8%. Penghitungan ini dilakukan dengan cara membagi 12 kali klik dengan 1500 kali penayangan. Maka akan diperoleh angka seperti di atas.

3. CPM

Merupakan singkatan dari Cost Per Mille atau dalam bahasa Indonesia disebut BPS yaitu Biaya Per Seribu. Dalam hal ini seseorang akan mendapatkan bayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang. Sehingga jika belum mencapai seribu kali halaman tayang maka seorang publisher adsense belum bisa menerima pembayarannya.

4. RPM

Untuk sumber pendapatan google adsense yang satu ini merupakan singkatan dari Revenue Per Thousand Impression. Publisher akan mendapatkan pendapatan dari setiap 1000 impresi. Pendapatan tersebut berbeda-beda tergantung wilayah, konten dan relevansi iklan. RPM dibagi menjadi 3 yaitu RPM kueri yang dimana pendapatan dihitung dengan cara membagi penghasilan yang tertaksir pada sebuah website atau blog dengan jumlah kueri yang dilaporkan. Setelah itu hasilnya dikali 1000.

Selanjutnya adalah RPM halaman dimana cara penghitungannya sama dengan sebelumnya untuk mendapatkan besaran nilai RPM yang diperoleh. Terakhir adalah RPM permintaan iklan. Pada RPM ini penghitungan pendapatan dilakukan dengan membagi penghasilan tertaksir pada sebuah website atau blog dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat. Lalu sama seperti yang lain juga dikali 1000.

Pasang Iklan Google Adsense untuk Mendapat Penghasilan
Kode Iklan Google Adsense Harus Dipasang di Blog untuk Mendapatkan Penghasilan

Bagaimana Pencairan Dana Google Adsense

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana pendapatan google adsense ini diberikan kepada para publisher adsense. Nah untuk pencairan dana sendiri akan diberikan apabila sudah terkumpul hingga 1000 dolar. Pihak dari google adsense menyediakan beberapa sistem pembayaran seperti via cek atau transfer bank hingga western union untuk pencairan dana. Hal ini tentu akan sangat mudah untuk dilakukan karena seseorang hanya tinggal memilih sistem yang diinginkan saja.

Publisher juga tidak perlu khawatir karena akan tetap mendapatkan bayaran meskipun iklan tidam diklik oleh pengunjung. Namun tentu pendapatan yang diperoleh dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

Baca Juga: Alternatif Pengganti Iklan Google Adsense

Bagaimana? Tertarik menjadi publisher adsense pada youtube atau blog? Jika iya, maka harus selalu siap membuat konten yang menarik, unik dan disukai oleh banyak orang. Hal ini karena semakin banyak yang menonton video yang dibuat maka pendapatan google adsense yang diberikan juga akan semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *