Saham Gorengan untuk Potensi Keuntungan Maksimal

Apa pengertian saham gorengan dan bagaimana cara mendapatkannya? Tenang, semuanya akan jelas dan detail setelah membaca artikel ini…

Bagi yang terbiasa dengan dunia trading saham pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saham gorengan. Saham tersebut banyak dimainkan oleh mereka yang sudah bermain lama di dunia trading. Namun, sudah tidak asing pastinya jika saham ini sebenarnya tidak seaman yang dibayangkan. Oleh karenaya, sebelum ikut bermain Anda perlu mengenal pembahasan detail lebih dulu mengenai saham gorengan ini.

Mengenal Tentang Saham Gorengan

Yang dimaksud dengan saham gorengan ini merupakan saham yang setelah dibeli dalam jangka pendek akan memberikan kerugian. Meski demikian, setelah beberapa saat saham jenis ini bisa berbalik naik sehingga profitnya sangat bagus bagi investor.

Nah, ikut bermain dalam saham tersebut sebenarnya tidak ada salahnya. Apalagi jika berhasil dan bisa mendapatkan profit yang memang tinggi. Hanya saja harus dengan cara yang benar sehingga tidak mengalami kerugian lebih besar. Selain itu, tingkat ketelitian Anda harus tinggi.

Baca Juga: Mengenal Saham Blue Chip dan Saham Gorengan. Mana yang Lebih Baik?

Tips Bermain Saham Gorengan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan keuntungan sekaligus menghindari kerugian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan. Berikut pembahasannya…

1. Pahami Pola Pergerakan Saham Tersebut

Sebelum Anda masuk dalam dunia saham ini, terlebih dahulu pahami bagaimana pola pergerakannya. Adakalanya pergerakan ini juga berkaitan dengan waktu. Bisa jadi pagi, siang, sore, sesi 1, sesi 2, atau ketika sudah mau tutup dan sebagainya.

2. Pahami Juga Range Pergerakan di Dalamnya

Selain polanya, usahakan juga mengenal bagaimana range pergerakan. Kalau untuk saham jenis ini, bisa dipastikan bahwa range pergerakannya lebar meski antara satu saham dengan yang lainnya berbeda.

3. Tentukan Modal Anda

Langkah selanjutnya ketika sudah siap bermain saham gorengan adalah menentukan modal. Dalam hal ini lebih baik tidak menggunakan porto terlalu tinggi sehingga risikonya juga tidak tinggi. Paling tidak maksimal 10 % porto atau bahkan hanya 5 % saja. Hal ini dikarenakan pergerakan saham jenis ini sangat sulit diprediksi, apalagi jika timefirenya pendek.

4. Tentukan Juga Entry, Cutloss dan Take Profit Anda di Harga Berapa

Perlu dipahami dalam langkah bermain saham gorengan kali ini bahwa jangan pernah mengubah penentuan stop loss. Sekali sudah ditentukan akan lebih baik jika konsisten. Kalau entry dan take profit masih bisa mengikuti arah pergerakan secara fleksibel jadi tidak masalah jika dilakukan perubahan penentuannya.

5. Pastikan Memasang Trailing Stop Saat Sudah Posisi Cuan

Poin yang satu ini penting dilakukan untuk menghindari kerugian tertentu sekaligus memproteksi diri. Dengan memasangnya, saat saham turun drastis saham akan terjual otomatis dan cuan tetap diperoleh. Sedangkan untuk melakukan trailing stop yang tepat, maka kembali lagi harus memahami range pergerakan saham tersebut sebaik munkin.

Hal Penting Lain Tentang Saham Gorengan

Perlu diperhatikan bahwa ketika saham sudah trailing stop dan harga terus naik, akan lebih baik untuk tidak terus mengejarnya. Hal ini untuk menghindari kehilangan cuan yang bisa berganti loss. Selain itu, perhatikan juga saat saham sudah ARA, biasanya esok harinya bisa cuan hingga 5% dari harga close saat ARA tersebut. Disini trader biasanya mengambil peruntungan untuk mendapat profit.

Itulah beberapa pembahasan mengenai saham gorengan sekaligus tips bermain untuk pemula di dunia saham. Sebenarnya tidak sulit namun, di sini Anda tetap harus berhati-hati dan waspada. Usahakan tidak terlalu berambisi karena bisa jadi bukan keuntungan yang didapatkan tetapi adalah kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *