Cara Membeli SBR Melalui Bareksa

Cara membeli SBR melalui Bareksa ternyata sangat gampang. Langkah-langkahnya diulas secara lengkap dan detail di sini. Yuk, pelajari lebih dulu…

Sekarang ini masyarakat semakin dimudahkan untuk melakukan investasi sekaligus membantu negara dalam proses pembiayaan anggaran. Dengan hadirnya SUN atau Surat Utang Negara bagi para investor ritel individu yang berjenis Savings Bond Retail atau SBR dan dijualnya secara online. Masyarakat sudah bisa melakukan pembelian SUN retail online di Bareksa sejak tanggal 14 Mei sampai 25 Mei 2018. Pertama kalinya surat utang ritel tersebut dijual secara online. Bagi para investor, pembelian surat utang dengan cara online dirasakan sangat mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada. Lalu, bagaimana cara membeli SBR melalui Bareksa? Berikut akan penjelasannya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu Bareksa.

Apa Itu Bareksa?

Bareksa atau PT Bareksa Portal Investasi merupakan mitra distribusi Kementerian Keuangan yang resmi untuk masalah terkait penjualan SUN atau Surat Utang Negara ritel secara online. Bareksa ini mempunyai proses registrasi serta proses transaksi yang cepat. Selain itu, juga memiliki langkah-langkah yang mudah. Anda bisa memantau investasi yang Anda lakukan sewaktu-waktu yaitu kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Kelebihan SBR Dibandingkan dengan Deposito

Langkah-langkah Membeli SBR Secara Online di Bareksa

Membeli SBR di Bareksa kini bisa dilakukan secara online. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah terdaftar dan sudah melengkapi registrasi yang menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki akun di Bareksa. Berikut langkah-langkah atau cara membeli SBR melalui Bareksa

· Langkah Pertama

Jika telah terdaftar, Anda bisa melakukan klik pada tombol beli di halaman sbn.bareksa.com. Lalu segera klik bulatan yang menjelasakan bahwa Anda sudah membaca dan memahami isi dari memo tersebut dan klik pilihan beli. Namun, pastikan lagi jika Anda memang sudah membaca dan sudah mengerti isi memo tersebut.

· Langkah Kedua

Pada langkah ini investor akan diberikan minimal pembelian sejumlah Rp1.000.000 dengan maksimal pembelian sejumlah Rp3.000.000.000 dan kelipatan pembelian sejumlah Rp1.000.000. Masukkanlah nilai nominal pembelian yang Anda inginkan lalu klik pilihan lanjut.

· Langkah Ketiga

Setelah itu, investor akan diberitahukan mengenai sisa kuota pembelian jika ingin melakukan pembelian SBR lagi. Pada halaman ini juga memberikan suatu pengingat bagi para investor untuk mengonfirmasi ulang supaya nilai pembelian yang dilakukan sudah sesuai dengan pemesanan awal sebelumnya. Kemudian, klik bulatan yang ada disebelah kiri jika data pemesanan sudah benar dan juga lengkap, lalu klik lanjut ke pembayaran.

· Langkah Keempat

Investor kemudian akan menerima kode billing yang sesuai dengan besaran tagihan pemesanan. Investor memiliki time limit hanya dua jam semenjak kode billing tersebut diterima. Jadi transfer dana harus dilakukan dengan cepat agar pemesanan tidak dibatalkan secara otomatis.  Setelah itu Anda bisa memilih metode pembayaran lewat ATM maupun internet banking dan klik pilihan lanjut.

· Langkah Kelima

Pada langkah yang terakhir Anda bisa mengikuti prosedur sesuai dengan bank yang Anda pilih. Jika lewat ATM maupun internet banking, maka Anda nantinya akan diarahkan untuk masuk pada menu pembayaran dan PNBP. Kemudian Anda diminta memasukkan kode billing dan melakukan pembayaran sesuai dengan yang tertera pada layar.

Jika sudah selesai klik pilihan lanjut. Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa mengeceknya pada menu daftar transaksi dari halaman depan. Anda bisa melampirkan bukti pembayaran yaitu berupa foto struk ATM maupun capture halaman pembayaran.

Ternyata, cara membeli SBR melalui Bareksa sangat mudah bukan? Dengan begitu Anda bisa investasi dengan nyaman, aman dan cepat tanpa ribet.  Semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *