Tips Memilih Niche Blog untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense

Ada 4 cara mendapatkan niche terbaik untuk blog Anda. Salah satunya memilih niche yang dikuasai. Simak 3 cara lainnya di artikel ini!

Di era digital ini, hobi pun bisa berubah menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan, misalnya membuat blog. Para blogger tidak hanya sekadar menulis artikel saja. Namun, dapat pula menghasilkan uang dari tulisan tersebut.  Salah satu cara menghasilkan uang melalui blog adalah dengan memasang iklan, tentunya iklan yang menggunakan niche terbaik.

Niche terbaik dan Google Adsense, memiliki kaitan yang cukup penting. Suatu blog dapat dikatakan bagus jika memiliki niche yang baik. Tentu saja hal ini akan meningkatkan kemungkinan pendapatan Adsense Anda. Itu alasannya mengapa Anda harus memastikan kategori niche yang akan dipilih.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia blog, mungkin masih bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan niche. Niche merupakan topik yang mewakili seluruh isi blog yang dimiliki. Perlu untuk diperhatikan saat membuat sebuah blog, Anda harus memetakan secara jelas mengenai konten yang akan dibuat. Misal, jika blog  akan membahas seputar resep makanan, maka itulah niche blog. Nah, nantinya setelah melewati langkah ini, akan lebih mudah menentukan nama blog yang sesuai dengan niche blog tersebut.

Niche Fokus vs Niche Campuran

Niche sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni niche terfokus dan niche campuran. Apa perbedaan dari kedua niche ini?

  • Sebuah blog dianggap memiliki niche yang fokus jika blog tersebut memuat satu konten saja. Misalnya seperti yang dituliskan sebelumnya, yakni resep makanan. Maka, Anda juga harus konsisten mengisi blog tersebut dengan hal-hal seputar makanan atau dunia kuliner.

Baca Juga: Kiat Sukses “Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger”

Artinya, di dalam blog Anda hanya akan ada resep-resep makanan saja tanpa konten yang lainnya. Anda tidak boleh tiba-tiba mengunggah postingan tentang kecantikan jika niche-nya telah terfokus pada resep makanan.

  • Sedangkan niche campuran biasanya diterapkan oleh seorang blogger lifestyle. Dalam blognya, blogger tersebut memang menyajikan “menu” campuran sebagai isi kontennya. Misalnya saja ada postingan tentang traveling, make-up, masakan, parenting, fashion, dan sebagainya. Inilah yang dinamakan niche blog

Untuk kedua niche ini, tentu masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya, ya. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan dari niche fokus dan campuran.

  • Untuk niche campuran, Anda sebagai seorang blogger tentu akan dimudahkan dalam membuat postingan. Hal ini disebabkan Anda bisa menuliskan apa saja di blog tersebut tanpa terpaku pada sebuah topik saja. Blog seperti ini bisa dijadikan sebagai buku harian yang menceritakan semua pengalaman yang ingin Anda bagi secara digital.

Namun, hal ini juga bisa sekaligus menjadi kekurangan blog Anda. Niche blog yang terlalu campur aduk akan membuat pengunjung bingung. Misalnya postingan apa yang akan dicari di blog Anda tersebut.

  • Untuk blog dengan niche yang fokus, kelebihannya ada pada pengalaman pengunjung blog. Misalnya, blog tentang resep masakan milik Anda sudah dikenal oleh banyak orang. Pada saat orang-orang tersebut ingin mencari resep masakan, bisa jadi hal yang pertama terpikirkan adalah blog Kenapa? Karena blog Anda fokus hanya pada resep makanan saja. Ini akan memudahkan Anda mendapatkan followers dan pengunjung setia.

Kekurangan dari niche blog yang fokus adalah keterbatasan Anda dalam membuat konten. Sebuah blog dengan nama resepmasakannenek.com misalnya, tidak mungkin tiba-tiba mengunggah postingan tentang harga tiket pesawat, bukan? Anda tentu harus mengisi postingan hanya pada resep masakan saja.

Nah, inilah mengapa niche fokus sebaiknya diterapkan untuk orang yang benar-benar menguasai isi konten tersebut. Jika tidak, bisa-bisa Anda akan kehabisan ide untuk menulis konten yang berkaitan dengan niche yang telah dipilih.

Itu dia beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing niche untuk blog.

Tips Memilih Niche Blog untuk Adsense

Lalu, apa kaitan antara niche terbaik dengan pendapatan yang akan dihasilkan dari Google Adsense? Penghasilan Adsense Anda akan bergantung sekali pada jumlah klik oleh pengunjung, jumlah tayangan halaman, dan masih banyak yang lainnya.

Pasang Iklan Google Adsense untuk Mendapat Penghasilan
Google Adsense merupakan Ads Network yang paling utama dan paling populer di kalangan blogger atau Youtuber.

Sedangkan iklan dari Adsense sendiri ada dua kriteria, yaitu :

· Sesuai dengan isi konten blog Anda

Jika niche Anda fokus misal tentang resep masakan tadi, maka iklan Adsense yang akan muncul pun relevan dengan itu. Misalnya, iklan peralatan masak yang baik, atau iklan website lain yang juga menghadirkan resep makanan. Dengan ini, jumlah klik yang Anda dapatkan bisa meningkat karena sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Template Blog/Website

· Sesuai minat pengunjung

Jenis iklan yang akan muncul selanjutnya adalah sesuai dengan minat pengunjung atau Anda sendiri. Misalnya, pengunjung Anda gemar sekali mengunjungi toko online. Bisa saja, meski blog tersebut bertema resep makanan, maka iklan yang muncul adalah iklan toko online. Ini juga akan meningkatkan jumlah klik pada iklan yang tayang.

Tips Memilih Niche Blog yang Meningkatkan Jumlah Klik

Untuk memilih niche blog terbaik yang akan meningkatkan jumlah klik tersebut, simak tips berikut ini.

· Pilih niche yang benar-benar Anda kuasai

Memilih niche sesuai dengan topik yang dikuasai akan memberikan kenyamanan tersendiri pada saat nge-blog. Artinya, Anda bisa benar-benar menikmati proses menulis Anda di blog karena topiknya sesuai yang  dipahami. Syukur-syukur bila topik tersebut masuk dalam niche terbaik seperti travelling, kesehatan, tutorial blog, dan sebagainya.

Banyak blogger di luar sana yang hanya memikirkan penghasilan besar saja dan mengesampingkan nikmatnya proses menulis itu sendiri. Akibatnya, mereka memilih niche yang paling populer meski tidak dikuasai. Hal ini justru akan memberatkan Anda sendiri untuk terus mengunggah postingan. Bisa jadi, blog Anda malah akan macet.

· Pantang memilih niche download

Jangan sampai Anda menggunakan niche download  jika blog akan didaftarkan ke Adsense. Niche seperti ini biasanya bertentangan dengan kebijakan Adsense yakni pada pelanggaran hak cipta. Jika ketahuan, bisa-bisa Adsense malah akan mem-banned blog Anda. Niche yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta jelas tidak akan diterima oleh Adsense. Rugi sekali, bukan?

· Siap kerja keras dan kerja cerdas

Jika Anda nekat untuk memilih niche blog yang populer dan memungkinkan mendapat penghasilan tinggi, maka gunakan cara ini. Kerja keras dan kerja cerdaslah untuk membangun blog Anda. Jika ternyata niche yang dipilih bukan bidang yang dikuasai, menggunakan jasa kepenulisan artikel untuk menuliskan konten blog adalah solusi terbaik. Itu sebabnya, dibutuhkan kerja keras di awal pembangunan blog.

· Gunakan niche blog berbahasa Inggris

Nah, jika bahasa Inggris Anda lancar, manfaatkanlah hal itu untuk mengisi blog. Blog dengan niche berbahasa Inggris bisa dikunjungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Blog tersebut akan punya peluang yang besar untuk tumbuh menjadi blog terkenal. Selain itu, pendapatan Adsense Anda pun akan meningkat. Bayangkan saja jika pengunjung dari USA meng-klik iklan di blog Anda? Tentu nilai konversinya akan besar, bukan?

Baca Juga: Bikin Blog Bule atau Blog Lokal?

Nah, itu dia seputar niche dan tips memilih niche terbaik untuk blog Anda. Ikuti tips tersebut untuk semakin memaksimalkan pendapatan Adsense Anda. Pastikan untuk mengikuti setiap aturan dan kebijakan yang dimiliki oleh platform yang digunakan, agar tidak berpotensi mengalami banned.

3 thoughts on “Tips Memilih Niche Blog untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *