Investasi di Saham Lokal atau Saham Asing?

Ada beberapa langkah untuk memulai bermain saham dengan tepat untuk meminimalisir kerugian. Di sini dijelaskan keuntungan saham lokal ketimbang saham asing. Simak selanjutnya pada artikel ini

Perkembangan dunia investasi memang terlihat meningkat cukup signifikan. Kebanyakan para pemilik modal sudah mulai aware terhadap berbagai jenis investasi saham. Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan seputar saham lokal vs saham asing. Di antara keduanya manakah yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi para investor?

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di kedua jenis saham tersebut. Ada baiknya untuk Anda mengetahui beberapa keuntungan antara saham lokal dan saham asing. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh gambaran tentang kedua model investasi tersebut.

Sebagai informasi awal yang patut Anda ketahui bahwa di dalam perdagangan pasar modal/saham. Tidak hanya memperjual belikan saham lokal saja. Namun, ketersediaan saham asing pun cukup mudah ditemukan. Pada dasarnya, globalisasi memberikan ruang yang besar sehingga mengaburkan batas-batas antar negara. Hal ini kemudian didukung dengan adanya kebijakan liberalisasi pasar, yang kemudian melancarkan sistem keuangan dunia.

Bahkan hal ini dapat jelas dilihat dalam kegiatan pasar modal di Indonesia, yang mengerucut kepada saham lokal vs saham asing. Pasar modal Indonesia sendiri termasuk tujuan investasi karena dianggap baik bagi investor menginvestasikan dananya.

Khusus untuk Anda yang masih awam dalam dunia investasi, serta masih bingung untuk memilih antara saham lokal atau saham asing. Di bawah ini beberapa cara tepat untuk mulai bermain saham untuk meminimalisir kerugian ke depannya.

Pilih Perusahaan Publik

Cara pertama bagi Anda yang awam masalah investasi adalah dengan memilih untuk membeli saham perusahaan publik. Hal ini bisa dimulai dengan memeriksa list perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setelah itu, lakukanlah seleksi untuk memilih perusahaan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Memeriksa kinerja perusahaan pun harus dilakukan untuk mengetahui perkembangan perusahaan.

Saham perusahaan yang sudah besar biasanya tidak terlalu banyak menyisihkan retained earning untuk ekspansi, sehingga dividend payout ratio lebih besar dan lebih menguntungkan untuk investor pemburu dividen.
Hanya perusahaan publik yang sudah listing yang dapat diperjual-belikan sahamnya di bursa efek.

Sebagai langkah awal berinvestasi, Anda sebaiknya membeli satu atau dua saham saja pada sebuah perusahaan. Anda dapat meningkatkan jumlah pembelian, jika telah memahami secara detail proses investasi.

Cari Saham yang Terbukti Untung

Bagi Anda yang tergolong pemula dalam jual beli saham adalah dengan menghindari bermain pada perusahaan yang nilai kapitalisasinya kecil. Atau dikenal juga dengan perusahaan yang harga sahamnya fluktuatif.

Sebagai informasi bagi Anda, saham jenis ini biasanya mudah dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar. Sehingga kemungkinan untuk mengalami kerugian cukup besar. Perusahaan tipe ini tergolong memiliki kinerja keuangan yang kurang baik. Perusahaan dengan nilai kapitalisasi kecil juga sangat jarang memberikan prospek yang baik ke depannya.

Baca Juga: Saham Pemberi Dividen Terbanyak

Cermati Pergerakan Perekonomian di Dunia dan Dalam Negeri

Langkah satu ini masuk ke dalam inti bermain saham baik lokal maupun saham asing. Karena pada dasarnya, jual beli saham sangat dipengaruhi oleh pergerakan perekonomian itu sendiri. Maka, sudah menjadi kewajiban bagi Anda investor pemula untuk memperhatikan trend ekonomi dunia. Kemudian berlatih untuk memprediksikan situasi atau arah pergerakan di masa depan.

Fluktuasi harga saham menjadi salah satu faktor penentu bagi investor. Trader lebih memilih saham gorengan yang fluktuatif untuk meraup keuntungan dalam jangka waktu singkat, sedangkan investor jangka panjang lebih memilih saham blue chip yang cenderung stabil.
Pergerakkan perekonomian (baik makro maupun mikro) pada suatu negara akan berdampak langsung maupun tak langsung terhadap fluktuasi harga saham. 

Seperti diketahui situasi pada pasar saham dipengaruhi oleh situasi dan kondisi perekonomian. Sebagai gambaran, jika kondisi situasi ekonomi dunia dalam keadaan normal atau booming. Itu saatnya bagian Anda untuk melakukan investasi pada perusahaan yang telah dipilih. Akan tetapi jika pasar tengah mengalami depresi, yang perlu dilakukan adalah menjual semua yang telah dimiliki. Namun, jangan melakukan pembelian saham di masa perekonomian sedang lesu atau depresi karena akan merugi.

Dalam situasi yang seperti ini (ekonomi lesu dan depresi), saham-saham lokal biasanya mampu bertahan dan tidak merugi terlalu besar. Maka, memiliki saham lokal juga sangat penting untuk berjaga-jaga, agar tidak mengalami kerugian yang cukup signifikan.

Pastikan Untuk Mencermati Sentimen Pasar

Sentimen pasar sendiri erat dikaitkan sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan naik atau turunnya harga saham. Sentimen ini sendiri sangat dipengaruhi oleh berbagai latar belakang, sebut saja trend yang berkembang dan kebijakan dalam dan luar negeri.

Pada dasarnya, faktor kebijakan di dalam negeri lebih diakibatkan oleh proses aturan mengenai suku bunga acuan. Selain itu juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi dan politik. Serta rumor mengenai sebuah perusahaan atau industri tertentu. Makan, mencermati segala pemberitaan baik dalam dan luar negeri harus dilakukan dengan teliti.

Untuk faktor luar negeri, lebih sering diakibatkan oleh naik turunnya kurs rupiah terhadap mata uang lainnya. Selain itu faktor harga saham regional yang ada di wilayah Asia pun cukup memberikan dampak. Ditambah lagi, kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral milik Amerika Serikat pun dapat menjadi penyebab perubahan sentimen pasar.

Baca Juga: Fluktuasi Harga Saham – Resiko dan Potensi Keuntungannya

Perbanyak Membaca Buku Mengenai Saham

Langkah terakhir yang wajib Anda lakukan kemudian adalah dengan sering menambah perbendaharaan informasi mengenai saham. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca dari berbagai buku yang membahas dunia investasi. Bahkan Anda juga dapat belajar langsung kepada mereka yang telah ahli di bidang investasi.

Saham Lokal vs Saham Asing

Berbicara mengenai mana yang lebih baik di antara kedua jenis saham ini sangat erat dipengaruhi oleh iklim perekonomian. Bukan berarti dengan memilih saham asing, kerugian akan selalu dapat Anda hindari. Semua kembali lagi kepada sentimen pasar dan kemampuan insting Anda dalam membeli saham perusahaan tertentu.

Sejauh ini kelebihan saham lokal adalah mampu bertahan meskipun kenaikan tidak terlalu signifikan. Kemampuan saham lokal ini bertahan ketika iklim perekonomian tengah lesu adalah lantaran masih tingginya kepercayaan pasar.

Kebanyakan saham lokal justru menjadi penopang kinerja pada pasar saham, meskipun sentimen pasar bergerak ke arah negatif. Meskipun saham asing digadang-gadang mampu bertahan dalam berbagai kondisi pasar. Nyatanya sejauh ini saham lokal-lah yang mampu menguat dalam kondisi ekonomi depresi.

Jumlah frekuensi transaksi pada pasar saham, membuktikan bahwa saham lokal dikategorikan relatif bagus.  Frekuensi itu sendiri menunjukkan bahwa pasar modal secara basic masih sangat kuat. Meskipun tidak dapat dipungkiri jika ada faktor eksternal yang membayangi dan berdampak pada iklim saham domestik. Salah satu faktor eksternal biasa’ datang dari kebijakan politik ekonomi luar negeri yang berimbas pada saham asing.

Namun, Anda yang berinvestasi pada saham lokal tidak perlu khawatir akan permasalahan ini. Karena pemerintah Indonesia sendiri cukup tanggap untuk mengantisipasi faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pasar keuangan. Untuk Anda yang memilih bermain pada saham asing, tentu saja harus bersiap jikalau saja ada hal-hal yang mengakibatkan kerugian. Sebut saja, nilai tukar atau berbagai kejadian luar biasa lainnya.

Baca Juga: Beli Saham Bluechip atau Saham Gorengan?

Jadi, bagi Anda investor pemula yang masih dibingungkan memilih antara saham lokal vs saham asing Sudah saatnya untuk menentukan pilihan. Pada dasarnya bermain di dua jenis saham tersebut sama-sama dapat mendapatkan keuntungan. Tentunya setelah Anda mampu memahaminya dengan benar mengenai trend dan sentimen pasar keuangan. Itu sebabnya mempelajari langkah bermain saham dengan benar, harus Anda lakukan sebelum terjun ke medan pasar saham.

One thought on “Investasi di Saham Lokal atau Saham Asing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *