Kekurangan Smart TV Yang Banyak Dikeluhkan

Mau beli smart TV tapi bingung pilih merk dan tipe apa? Jangan burur-buru, simak dulu kekurangan smart TV ini sebelum membeli.

Smart TV tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat saat ini. Smart TV sendiri memiliki daya tarik sebagai TV yang bisa terkoneksi internet dengan beragam pilihan dan fitur yang tersedia didalamnya. Teknologi canggih ini memiliki banyak kelebihan. Meski demikian, hingga saat ini ternyata ada beberapa kekurangan smart TV yang dijumpai secara umum.

Kekurangan Smart TV

Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa yang disebut smart TV adalah sebuah televise yang bisa mengakses internet dengan sistem operasi canggih yang sudah disematkan. Smart TV menjadikan pengguna bisa bermain internet dengan layar yang lebih lebar. Sedangkan untuk kekurangannya, Anda bisa simak pembahasannya di bawah ini…

1. Wajib memiliki WiFi di Rumah

Sejauh ini sepertinya banyak yang menganggap bahwa smart TV ini bisa terkoneksi internet dengan sendirinya. Padahal presepsi tersebut salah karena untuk bisa menyambungkannya ke internet Anda membutuhkan jaringan tersendiri. Hal ini menjadi salah satu kelemahannya karena sangat berbeda dengan laptop maupun smartphone.

Mengingat akan hal tersebut, maka perlu dicatat bahwa untuk menggunakan fitur internet pada smart TV Anda perlu memiliki WiFi di rumah. Selain itu, kecepatan koneksi internet yang ada akan berpengaruh pada bagaimana kelancaran akses di smart TV  ini.

Memang, tanpa koneksi internet pun, smart TV masih bisa digunakan. Namun, tidak semua fitur dapat dimanfaatkan dengan optimal tanpa koneksi internet sehingga smart TV pun menjadi tidak berbeda dari TV konvensional biasa tanpa adanya internet.

Baca Juga: Perbedaan Utama antara Smart TV dengan TV LED Konvensional

2. Kecepatan Smart TV Tergantung pada Prosesornya

Telah disebutkan di atas bahwa smart TV ini menggunakan sistem operasi canggih dengan menyematkan prosessor. Dengan banyaknya jenis prosesor, tentu tidak semua smart TV menggunakan tipe yang sama tergantung kelas dan tipenya. Padahal jenis prosesor yang digunakan akan sangat berpengaruh pada tingkat kecepatannya. Nah, smart TV dengan spesifikasi yang kurang mumpuni akan menyebabkan lemot yang tentunya mengurangi kenyamanan secara signifikan.

Kekurangan smart TV pada sektor ini berhubungan dengan harga. Ketika Anda tertarik membeli TV dengan prosesor kelas tinggi yang kencang, tentu harga yang ditawarkan pun akan cukup mahal. Jadi, ini akan mempengaruhi keputusan untuk membeli. Sedangkan, untuk smart TV dengan prosesor biasa kecepatannya pun juga standar. Intinya, untuk sebuah smart TV, jangan tergoda dengan harga yang terlalu murah. Selalu perhatikan spesifikasi teknis yang tertera agar tidak salah beli.

3. Mengakses Internet Lebih Mudah Melalui Smartphone dan Laptop

Sejauh ini banyak yang memiliki presepsi bahwa akan sangat menarik mengakses internet menggunakan smart TV. Bagi Anda yang ingin nonton bareng keluarga dengan layar yang lebar, memang hal ini berlaku. Akan tetapi, untuk akses internet sehari-hari secara umum akan berbeda. Apalagi jika sudah terbiasa menggunakan smartphone dan laptop.

Akses internet dari smartphone dan laptop jelas lebih simpel. Mengingat perangkat ini bisa langsung terhubung internet. Selain itu, keduanya bisa dibawa kemana-mana. Sedangkan smart TV sendiri meskipun bisa terhubung dengan jaringan internet hanya bisa dimanfaatkan di rumah. Untuk kebutuhan browsing dan sebagainya hp dan laptop juga lebih memadai.

4. Smart TV tidak Menyediakan Keyboard

Perlu diketahui juga bahwa sejauh ini sebagian besar smart TV yang Anda temui di pasaran tidak menyediakan keyboard. Hal ini menjadikan aktifitas akses internet Anda lebih rumit. Apalagi mengingat mayoritas smart TV ini juga tidak dilengkapi dengan layar sentuh, khususnya yang dijual dengan harga murah. Tentu ini menjadi salah satu kelemahan dari smart TV yang perlu menjadi pertimbangan.

Untuk mempermudah pengoperasian smart TV, sebuah wireless keyboard atau portable keyboard dapat dibeli secara terpisah. Remote dengan fitur air mouse juga dapat memudahkan penggunaan smart TV melalui sebuah cursor yang dapat digerakkan dengan mengarahkan remote.

Baca Juga: Dengan TV Box, Sulap TV Konvensional Menjadi Smart TV!

Sedikit kekurangan smart TV di atas perlu menjadi perhatian Anda sebelum membelinya. Sebagian besar poin kelemahan tersebut ada hubungannya dengan aksesnya terhadap internet. Meski memiliki beberapa kekurangan, namun tetap perlu diingat bahwa kecanggihan smart TV juga memiliki banyak kelebihan tersendiri. Jadi, lebih pilih smart TV atau TV kabel biasa? Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda saat ini. Semoga bermanfaat….

One thought on “Kekurangan Smart TV Yang Banyak Dikeluhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *