Cara Meningkatkan CPC (BPK) Adsense Yang Efektif

Bagaimana cara meningkatkan CPC/BPK adsense yang ampuh dan cepat? Jawabannya ada di sini secara detail dan lengkap…

Bagi para publisher Google Adsense, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CPC/BPK. Lebih mudahnya BPK ini disebut sebagai biaya per klik dimana dengan BPK inilah besar kecilnya penghasilan Anda akan ditentukan. Oleh karena itu, maka tidak heran jika banyak yang mencari bagaimana cara meningkatkan CPC/BPK adsense yang ampuh dan cepat.

Hal ini memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Berbicara mengenai besar keciknya BPK sendiri dipengaruhi oleh berbagai aspek. Mengingat akan hal tersebut, jelas untuk meningkatkan nilainya Anda harus teliti dan lebih berhati-hati. Lalu, apa saja cara yang bisa ditempuh? Untuk mengenalinya, simak ulasan mendalamnya di bawah ini…

1. Gunakan Niche Blog dengan Nilai Adsense Tinggi

Salah satu faktor besar yang mempengaruhi harga iklan ini adalah niche blog. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua niche blog memiliki harga tinggi. Oleh karenanya, sebisa mungkin Anda perlu membuat niche blog dengan harga yang tinggi sehingga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan BPK yang juga lebih tinggi.

Diantara niche yang biasanya harganya tinggi adalah seperti niche gadget, teknologi, kesehatan dan sejenisnya. Tidak hanya sampai di sana, perlu diketahui juga bahwa iklan yang berhubungan dengan topik yang Anda bahas juga akan menentukan CPC. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa memilih niche blog yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

2. Perhatikan Lokasi Penempatan Iklannya

Tidak semua orang menyadari bahwa penempatan iklan ini akan berpengaruh pada berapa harga iklan yang akan didapatkan oleh publisher. Padahal faktanya, lokasi penempatan iklan akan mempengaruhi visibilitas iklan sehingga salah satu cara meningkatkan CPC/BPK adsense yang cukup ampuh adalah dengan memilih lokasi penempatan iklan yang tepat dan strategis.

Diantara lokasi yang mungkin bisa dipertimbangkan di sini adalah menempatkan iklan di above the fold dan beberapa spot penting di halaman artikel Anda. Melihat spot penting tersebut ditempati iklan, maka Google akan memberikan harga yang lebih tinggi sehingga pendapatan Anda pun meningkat.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads pada Google Adsense

3. Blokir Iklan yang Harganya Rendah

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, dalam adsense Anda akan menjumpai iklan yang harganya variatif. Mulai dari yang paling tinggi hingga harga yang paling rendah. Dalam hal ini, Anda pun harus pintar memilih mana yang harganya tinggi dan mana yang harganya rendah. Iklan dengan harga rendah, tentu sama saja tidak banyak memberikan keuntungan.

Oleh sebab itu, untuk bisa meningkatkan CPC adsense Anda secara lebih efektif, iklan dengan harga rendah ini bisa dicekal. Memblokir iklan dengan harga rendah ini memang sangat disarankan, namun jangan terlalu banyak juga yang diblokir. Memblokir iklan terlalu banyak bisa berdampak pada sedikitnya iklan yang ditampilkan oleh Google, atau bahkan sama sekali tidak ada.

4. Tidak Memasang Unit Iklan yang Berlebihan

Kalau sebelumnya, jumlah unit iklan oleh Google dibatasi dengan maksimal 3 unit iklan dalam setiap kontennya. Akan tetapi, baru-baru ini kebijakan tersebut sudah dihapus dan publisher bisa memasang jumlah iklan bebas sesuai keinginan mereka. Dari sini banyak yang berpikir bahwa semakin banyak pemasangan iklan, penghasilan pun juga semakin tinggi.

Padahal, faktanya hal ini perlu diwaspadai. Ketika konten Anda dipenuhi oleh iklan, atau bahkan pembaca sampai gagal mendapatkan informasi dari konten tersebut, cepat atau lambat blog Anda bisa di banned dari jaringan pengiklanan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda tidak memasang jumlah iklan berlebihan sebagai salah satu cara meningkatkan CPC /BPK adsense.

5. Buat Blog untuk Bule

Perlu Anda ketahui bahwa dalam adsense berlaku aturan berbeda negara maka hasil dan harganya akan berbeda. Sedangkan di Indonesia, jelas harga yang ditawarkan masih tergolong rendah apalagi dibandingkan blog luar negeri. Namun, jangan khawatir karena Anda sebagai blogger juga bisa menyediakan artikel yang target pembacanya adalah mereka para bule.

Ketika artikel Anda laku di kalangan para bule, maka akan memberikan hasil nilai CPC yang lebih tinggi dibandingkan artikel Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam membuat artikel untuk bule, gaya bahasa yang diberikan pun juga harus mumpuni dan sesuai dengan selera mereka. Tanpa hal tersebut akan sulit bagi Anda mendapatkan banyak pengunjung.

Baca Juga: Tips Membangun Blog Berbahasa Inggris

6. Tulis Topik yang Masih Hangat dan Trending

Tidak dapat dipungkiri jika topik hangat tentu menjadi hal yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan CPC pun Anda harus berpikir untuk terus berinovasi dengan topik baru ini. Pastikan bahwa di sini konten Anda memang membahas hal yang masih hangat maupun beberapa produk baru yang muncul sesuai niche blog yang diangkat.

Contohnya saja ketika Anda memiliki niche blog gadget, maka ketika ada salah satu produk gadget terbaru diluncurkan semakin banyak dibahas akan semakin baik. Hal ini karena akan ada banyak orang yang melakukan pencarian terhadapnya. Hal ini akan semakin meningkatkan CPC adsense Anda .

7. Pastikan Artikel Anda Kaya Informasi

Tujuan setiap orang mengunjungi blog Anda sebagian besar tentu saja karena membutuhkan informasi dari artikel-artikel yang sudah ditulis. Oleh karena itu, maka tidak salah jika salah satu cara meningkatkan CPC/BPK adsense adalah dengan menyediakan beragam konten informatif. Tentu saja dengan kualitas artikel yang tinggi dan memuaskan bagi para pembacanya. Jangan sampai membuat konten artikel yang asal, bahkan dibaca saja tidak enak.

Untuk artikel yang memiliki manfaat tinggi bagi pembaca dengan informasi jelas dan lengkap ini akan berpengaruh pada BPK. Biasanya, artikel yang kaya akan informasi ini setidaknya memiliki konten dengan jumlah kata lebih dari 600 kata masing-masing artikelnya. Selain BPK nya yang meningkat, di sini kunjungan ke blog Anda pun juga akan mengalami peningkatan.

8. Manfaatkan Fitur Optimization

Bagi yang mengikuti perkembangan fitur oleh Google tentu saja tidak asing lagi dengan yang satu ini. Pada tahun 2016 Google meluncurkan fitur opportunities dan experiments yang dapat diakses melalui tab optimization di dashboard Google Adsense. Mungkin sebagian publisher iklan Google sudah mengabaikannya, padahal fitur ini cukup penting.

Dengan fitur ini ada beberapa hal baru yang memungkinkan Anda medapatkan keuntungan lebih dari Google Adsense. Termasuk didalamnya untuk menemukan peluang baru yang bisa meningkatkan penjualan Anda. Bahkan, ketika penghasilan Anda terdeteksi Google di bawah rata-rata, maka Google akan memberikan beberapa saran untuk mengarahkan ke jalan yang lebih baik. Jadi, seperti mempunyai mentor yang mengarahkan Anda dalam menjalankan blog.

Beberapa cara meningkatkan CPC /BPK adsense di atas cukup efektif dan perlu Anda terapkan. Beberapa dari poin yang disebutkan memang berupa hal kecil, namun jika tidak diperhatikan dengan baik bisa jadi akan merugikan Anda. Jadi, mulai sekarang pastikan bahwa Anda lebih memperhatikannya dengan baik dan konsisten dalam membuat konten yang bagus.

4 thoughts on “Cara Meningkatkan CPC (BPK) Adsense Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *