Cara Mudah Monetize Video di Fanpage Facebook

Gagal terus daftar YouTube adsense untuk cari penghasilan? Coba deh ad break! Monetize video fanspage Facebook yang lebih gampang.

Mendapatkan uang dari internet saat ini sudah menjadi hal yang sangat biasa. Salah satu yang menjadi begitu populer saat ini adalah monetize video di YouTube. Namun, ternyata tidak hanya YouTube saja yang bisa menghasilkan uang lho. Kini, Anda juga bisa monetize video fanpage Facebook dan mendapatkan banyak keuntungan.

Kalau berbicara mengenai hasil, mungkin memang tidak sebanyak YouTube. Meski demikian, mengingat caranya yang cukup mudah, simpel dan tidak ribet, tentu hal ini cukup menjanjikan untuk digeluti. Lalu, bagaimana cara monetize yang dimaksud? Nah, untuk mengenal langkah-langkah dan tipsnya lebih jauh lagi, langsung saja simak ulasannya di bawah ini…

Mengenal Ad Breaks, Cara Baru Menghasilkan Uang dari Facebook

Sebelum membahas lebih jauh tentang monetisasi dan proses pendaftarannya, terlebih dahulu Anda perlu mengenal apa itu ad breaks? Ad breaks ini mudahnya bisa dipahami sebagai jeda iklan. Secara lebih jelas bisa dikatakan sebagai waktu yang diberikan dalam video untuk penayangan iklan pendek. Tentu saja sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika Anda sering nonton YouTube, sistemnya hampir sama namun kali ini sudah tersedia di Facebook. Adanya Ad breaks ini memungkinkan para creator dan publisher video di FB untuk bisa mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan pada video yang dimonetize. Hal inilah yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan uang dari FB yang semakin hari terus bertambah.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Monetize Video Fanpage

Sebelum Anda mulai melakukan monetize video di fanpage Facebook, jangan lupa jika di sini Facebook memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari syarat yang ringan terkait pengikut hingga jumlah jam tayang video Anda. Berikut beberapa syarat sebelum monetize video fanpage Facebook.

1. Memiliki 10.000 Pengikut

Dibukanya monetize oleh Facebook ini memiliki satu tujuan pasti, yakni untuk iklan. Berkaitan dengan itu tidak heran jika di sana menerapkan minimal pengikut untuk halaman yang akan dimonetize. Minimal pengikut sesuai kebijakan dari Facebook ini adalah 10.000. Jadi, untuk bisa melakukan monetize Anda perlu mengumpulkan 10.000 pengikut ini secara berkala.

2. Memenuhi Standart Kelayakan Monetize

Tidak hanya masalah pengikut, di sini juga ada peraturan tersendiri terkait konten  yang dimuat. Jadi, pastikan Anda memperhatikan dengan baik bagaimana isi video yang akan ditayangkan. Diantaranya seperti tidak melanggar standar komunitas, mematuhi aturan halaman maupun aturan pembayaran.

Agar bisa menghasilkan uang, fanpage perlu dimonetisasi. Bagaimana monetize fanpage Facebook dapat dilakukan? Simak ulasannya berikut.
Untuk saat ini, me-monetize video di fan page facebook memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan Youtube. Namun, seiring semakin banyaknya para pelanggar ketentuan atau pencari celah akan membuat Facebook terus meng-update kebijakannya.

3. Memiliki 30.000 Tayangan 1 Menit Untuk Video 3 Menit

Syarat lain yang juga harus dipenuhi di sini adalah minimal jam tayang. Dalam hal ini setidaknya untuk video Anda yang akan dimonetize dan berdurasi 3 menit harus ditonton sebanyak 30.000 orang. Sedangkan durasi penayangannya minimal per orang adalah satu menit. Karena minimal jam tayang inilah Anda perlu membuat konten yang bagus untuk fanpage Facebook tersebut.

Baca Juga: Monetisasi Video Fanpage Facebook Lebih Menguntungkan dari Youtube?

Mendaftar Di Ad Breaks (Publisher Facebook)

Sebelumnya sudah dibahas sekilas mengenai apa itu Ad Breaks dan fungsinya. Nah, untuk bisa menjadi publisher iklan di Facebook dan mendapatkan uang, maka Anda pun harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Langkah pendaftaran sebelum melakukan monetize video fanpage Facebook ini sangat mudah dengan alur sebagai berikut.

1. Cek Kelayakan Terlebih Dahulu

Sudah dijelaskan masing-masing poin syarat monetize video di Facebook. Nah, sebelum melakukan pendaftaran, maka jangan lupa untuk mengecek apakah fanpage Anda sudah memenuhi syarat atau belum. Pengecekan ini juga bisa dilakukan secara lebih cepat melalui laman ad breaks dan informasi terkait kelayakan akun Anda akan segera muncul setelah proses loading selesai.

2. Buka Creator Studio Facebook

Selanjutnya, ketika kelayakan sudah lolos kini saatnya memasang iklan. Anda bisa memasang melalui lamam creator studio Facebook. Lalu mengapa harus membuka creator studio Facebook? Perlu diketahui bahwa salah satu tools yang paling berguna nantinya dalam pengelolaan video Anda adalah tools ini dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan mudah dipahami.

3. Lihat Video yang Banyak Diminati di Facebook

Untuk bisa mendapatkan banyak penonton, pastinya Anda harus mengenali video yang bagaimana disukai oleh pengguna FB. Caranya pun sangat mudah, Anda tinggal klik insight di dashboard Facebook for creator. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait video yang sedang populer dan mempermudah proses monetize video fanpage Facebook Anda.

4. Aktifkan Monetisasi Videonya

Terakhir, kini saatnya Anda melakukan monetisasinya. Caranya adalah dengan aktifkan fitur Ad Breaks pada editor video. Pastikan bahwa fanpage yang diaktifkan ini sudah layak sesuai persyaratan yang diberikan. Perlu diketahui juga bahwa Anda memang harus mengaktifkan satu per satu untuk masing-masing video dan tidak semua video akan menampilkan iklan.

Baca Juga: Alternatif Youtube untuk Mendapatkan Penghasilan

Trik Mempercepat Monetize Fanpage

Sampai di sini tentu Anda sudah tidak sabar ingin cepat sukses dan menghasilkan uang. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal lebih jauh bagaimana trik agar monetize video tersebut prosesnya bisa lebih cepat. Nah, beberapa trik yang akan dibahas di bawah ini bisa menjadi acuan Anda dalam monetisasi fanspage…

1. Tingkatkan followers dan like

Sebagaimana disebutkan dalam syaratnya, untuk bisa melakukan monetisasi, Anda harus memiliki 10.000 pengikut di Facebook. Oleh karenanya, pastikan Anda terus berjuang meningkatkan pengikut dengan berbagai cara. Usahakan juga untuk berhasil mendapatkan banyak like sehingga lebih meyakinkan dan monetize video fanpage Facebook pun lebih cepat prosesnya.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Teruslah meningkatkan like dan follower serta update video secara konsisten agar tayangan semakin meroket agar dapat mengajukan monetize lebih cepat dan menghasilkan pendapatan lebih banyak dari iklan facebook.

2. Terus berkreasi untuk meningkatkan tayangan

Salah satu kunci untuk sukses di dunia internet termasuk Facebook dengan monetisasi video ini adalah tidak mudah menyerah. Untuk mempertahankan penonton sekaligus menambah pengikut, maka Anda harus terus berkreasi dengan video-video baru yang memungkinkan untuk mendapatkan banyak like dan jam tayang.

3. Patuhi semua aturannya

Yang satu ini mungkin saja terkesan cukup sepele, padahal sebenarnya aturan adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Ketika Anda tidak mengikuti standar persyaratan sesuai kebijakan Facebook, bukan hanya akan memperlambat monetisasi tapi bisa-bisa hal tersebut akan gagal. Jadi, sebisa mungkin Anda harus mematuhi semua aturan yang berlaku.

4. Terus update secara rutin

Masih ada lagi trik yang perlu menjadi perhatian Anda, yakni melakukan update secara rutin. Langkah yang satu ini juga terkesan sepele, padahal inilah yang paling berat. Melakukan update video berkala membutuhkan kerja keras dan kemauan yang tinggi. Sedangkan demi mempercepat monetize, maka Anda perlu memperjuangkannya.

Bagaimana, sudah mulai mendapatkan ide untuk monetize video fanpage Facebook? Segera buat video karya Anda sendiri dan dapatkan penghasilan dari ad breaks. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kelebihan melakukan monetize video fanspage. Mulai dari prosesnya yang mudah, syarat yang tidak ribet dan Anda bisa menghasilkan uang hanya melalui monetize video saja. Selamat mencoba…

10 thoughts on “Cara Mudah Monetize Video di Fanpage Facebook

  • Pingback:Penghasilan Monetize Facebook Lebih Banyak Dari Youtube - Digital Station

  • June 22, 2019 at 11:15 am
    Permalink

    cukup lengkap juga informasi tentang mencari uang online lewat facebook mas…
    salam dari penggemar anda

    Reply
    • June 22, 2019 at 1:19 pm
      Permalink

      Terima Kasih

      Reply
  • July 2, 2019 at 11:13 am
    Permalink

    Mau nanya mas…
    Klo video yang diupload difacebook itu dari video di youtube, gimana ? Karena saya punya konten juga diyoutube, selain saya share diyoutube saya upload juga di facebook. Apakah itu melanggar kebijakan dari facebook.. mohon pencerahannya gan…🙏🙏🙏

    Reply
    • July 2, 2019 at 1:00 pm
      Permalink

      Setahu kami sih tidak masalah untuk saat ini, selama konten tersebut adalah konten asli milik anda sendiri dan dapat dibuktikan secara ojektif sesuai ketentuan facebook. Saat ini banyak juga konten kreator yang mengupload karyanya di youtube sekaligus di fanpage facebook mereka.

      Semoga membantu

      Reply
    • November 14, 2019 at 6:32 pm
      Permalink

      Untuk saat ini, menurut kami malah lebih mudah daripada monetize Youtube

      Reply
  • February 15, 2020 at 4:49 am
    Permalink

    Mau tanya fan page saya sudah mendapatkan 10K folowers dan 30K tayan video 1 menit dan saya sudah daftar akun pembayarnya,, tetapi video saya belum bisa di aktifkan inklan in streamnya… kalo seperti ini bagaimna solusinya..

    Reply
    • February 17, 2020 at 4:32 pm
      Permalink

      Sebelumnya, pastikan dulu kalau fanpage sudah lolos melewati uji kelayakan dan sudah approved

      Reply
  • June 22, 2020 at 10:39 am
    Permalink

    Susah juga untuk bisa mencapai persyaratan adbreaks ya.
    Tetep harus terus berkarya dengan semangat juang yang tinggi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *