Apa Itu Internet marketing?

Internet marketing adalah metode pemasaran produk dan jasa secara online dengan menggunakan teknologi berbasis jaringan internet.

Sejak tahun 1990, perkembangan perdagangan dunia semakin pesat.  Hal ini ditandai dengan hadirnya new teknologi bernama Interconnection Networking yang disingkat Internet. Dengan sarana ini, aktivitas niaga masyarakat dunia semakin cepat sehingga lahirlah istilah internet marketing. Model transaksi jual beli produk dan jasa melalui perangkat online.

Perkembangan niaga online ditandai dengan munculnya berbagai macam situs ecommerce. Laman penyedia produk dan jasa online yang mempunyai fungsi serupa toko atau pasar konvensional. Di sini, Anda bisa membeli dan menjual produk atau jasa dengan berbagai kategori. Sedangkan metode pembayarannya menggunakan sistem online.

Pengertian Internet marketing

Definisi Internet marketing

Internet marketing adalah kegiatan pemasaran yang disebut dengan pemasaran elektronik. Pemasaran produk dan jasa secara online dengan menggunakan teknologi internet. Istilah ini muncul manakala ribuan produsen beralih dari niaga konvensional ke perdagangan dunia maya. Yang salah satu tujuannya adalah ketercapaian target profit yang lebih besar.

Menjajal internet marketing, diharuskan pedagang dan pembeli memiliki perangkat teknologi tertentu seperti smartphone dan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jika sarana ini dipenuhi, aktivitas bisa dilakukan dari rumah tanpa harus membangun toko dan gerai. Anda cukup membangun website atau situs Ecommerce, kegiatan transaksi sudah bisa dilakukan.

Layanan Internet marketing

Internet marketing adalah aktivitas jual beli yang dilakukan secara online. Di sini Anda bisa menemukan berbagai kategori produk terbaik dan berkualitas tinggi. Model pembayaran yang diterapkan biasanya non tunai dan tunai serta beberapa penggunaan uang virtual. Bahkan ada beberapa situs niaga yang menjual produknya dengan sistem lelang.

Selain berupa pemasaran produk, internet marketing juga identik dengan bisnis periklanan. Karena situs-situs niaga biasanya memperbolehkan pengiklan meletakkan iklan di situsnya dengan biaya beragam. Selain itu, internet marketing juga disematkan pada bisnis penawaran jasa dan keterampilan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Keuntungan Internet marketing

Berbisnis dengan sistem internet marketing sangat menguntungkan. Selain pelanggan lebih banyak, proses pendirian bisnis juga irit modal karena tidak perlu membangun toko dan lapak. Berbisnis semacam ini juga bisa meningkatkan penghasilan (profit) karena produk yang Anda tawarkan akan diketahui oleh jutaan masyarakat di dunia.

Sedangkan bagi pembeli keberadaan internet marketing mempermudah mereka dalam berbelanja. Bahkan mereka tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pemesanan.  Selain itu, produk yang akan dibeli beragam sehingga pembeli bisa memilih secara bebas. Keuntungan selanjutnya adalah harga yang ditawarkan lebih murah dan beberapa situs berani memberikan garansi dan diskon.

Fungsi Internet marketing

Internet marketing muncul semata untuk mempermudah proses pemasaran serta meningkatkan omzet. Hal ini demi mengikuti perkembangan jaman dengan internet-nya yang begitu diminati oleh masyarakat. Selain itu, internet marketing muncul akibat permintaan masyarakat terhadap transaksi jual beli yang aman.

Fungsi internet marketing selanjutnya adalah memberi kebebasan pembeli untuk melakukan perbandingan produk dan harga produk. Diharapkan dengan platform ini, pembeli tidak tertipu serta bisa membeli produk sesuai uang yang dimiliki. Selain itu, Internet marketing muncul akibat permintaan masyarakat untuk melihat review dan desain produk dalam satu waktu sehingga mereka bisa memilih produk terbaik pada saat itu juga.

Bisnis Internet marketing mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari munculnya situs internet marketing Indonesia seperti Bukalapak, Shoppie, Lazada serta Tokopedia. Toko online di atas tergolong populer dan memiliki banyak pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Peer to Peer Lending

Internet marketing di dunia mengalami persaingan cukup ketat. Bahkan perusahaan marketer terkemuka pun beralih pada sistem ini. Situs toko online dunia yang terkenal adalah EBay.com, Amazon.com, serta Shop.com.

Itulah pengertian internet marketing lengkap dengan fungsi dan keuntungannya. Semoga bisa menjadi pedoman Anda ketika ingin berkecimpung di dalamnya. Silakan kelola mulai sekarang semoga pemasaran yang Anda lakukan membawa kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *