Tips Memulai Investasi Saham dan Reksadana Bagi Pemula

Mau terjun ke dunia investasi saham atau reksadana, tapi bingung memulainya? Baca tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula ini dulu.

Dunia investasi kini sedang naik daun karena menawarkan keuntungan tanpa Anda harus turun tangan untuk bekerja. Salah satu instrumen yang bisa memudahkan Anda dalam investasi adalah reksadana dan saham. Namun, bagi yang masih awal tentu membutuhkan beberapa tips memulai investasi saham dan reksadana agar tidak salah langkah.

Di reksadana dan saham ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari kemudahan hingga keamanan. Namun, Anda juga harus tetap waspada. Nah, jika sudah penasaran langsung saja simak di bawah ini beberapa tips investasi saham dan reksadana yang bisa Anda terapkan…

1. Pelajari Lebih Dulu Apa itu Reksadana dan Saham

Sebelumnya, yang sangat penting dan tidak boleh ketinggalan tentu saja adalah mengenal lebih dalam tentang investasi reksadana serta saham. Reksadana ini adalah sebuah wadah untuk melakukan investasi di beberapa instrumen yang dikehendaki investor. Tentu saja dengan cara kerja tersendiri yang disesuaikan pula dengan jenis yang sudah dipilih.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa sejauh ini sudah banyak yang menggunakan wadah ini sebagai pemasukan keuangan baru. Bahkan, reksadana sudah memiliki aturan dalam undang-undang pasar modal. Tepatnya nomor 8 tahun 1995, sehingga memiliki kekuatan hukum yang kuat. Bicara soal keamanan, tidak perlu diragukan lagi karena sudah terdata secara resmi di pemerintah.

Sedangkan untuk investasi saham berarti menginvestasikan sejumlah uang untuk dibelikan saham. Anda bisa memilih investasi ke perusahaan khusus sesuai yang diinginkan. Selanjutnya tinggal diamkan atau perbanyak saham Anda. Dengan begitu saham akan berkembang dengan sendirinya dan nilainya pun bertambah seiring pertumbuhan perusahaan. Namun, dalam pemilihan perusahaan yang akan Anda investasi harus dipilih yang memiliki prospek kedepan. Jangan asal pilih perusahaan.

Baca Juga: Resiko dan Keuntungan Menabung Saham

2. Pahami Bagaimana Cara Kerjanya

Untuk bisa mengenali lebih jauh tentang reksadana, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja yang ditawarkan. Dalam hal ini reksadana menawarkan cara kerja yang menarik sehingga bisa mendorong keamanan investasi Anda. Salah satunya adalah dengan menyebar investasi ke beberapa perusahaan.

Kalau pada umumnya mungkin Anda menemui investasi yang dikhususkan pada satu perusahaan saja, maka di reksadana investasi Anda akan disebar ke beberapa pihak. Dengan cara ini, maka ketika salah satu nilai saham perusahaan menurun, tidak berarti investasi Anda juga akan ikut mengalami penurunan. Karena instrumen tidak hanya satu, jadi investasi Anda tetap aman.

Untuk saham, Anda harus mendaftar dulu lewat perusahaan sekuritas atau perusahaan penyedia investasi saham, Selanjutnya tinggal pilih saja akan investasi di perusahaan apa. Jangan asal pilih perusahaan, cek sejarah dan kondisinya saat ini bagaimana.

3. Kenali Dulu Jenis-Jenis Investasi

Tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula selanjutnya adalah mengenal jenis-jenisnya. Dengan mengenal secara baik jenis-jenis ini maka akan semakin mudah bagi Anda memilih mana yang paling cocok. Pastikan juga menghubungkannya dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Setidaknya ada 4 jenis reksadana yang bisa dipilih:

  • Reksadana pasar uang (money market fund)
  • Reksadana pendapatan tetap (fixed income fund)
  • Reksadana campuran (balanced fund)
  • Reksadana saham (equity fund)

Jenis yang pertama yakni reksadana pasar uang tergolong yang cenderung lebih aman. Meski demikian, tidak dapat dimungkiri jika dengan risiko yang  kecil, maka keuntungannya pun juga demikian.

Di reksadana pasar uang berarti semua uang Anda akan ditempatkan di sertifikat Bank Indonesia, Deposito dan Obligasi. Sedangkan untuk jenis reksadana pendapatan tetap, maka minimal 80% uang akan dialokasikan ke obligasi. Sedangkan untuk keuntungan yang ditawarkannya lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 10% pertahunnya, meskipun cukup jarang dan lebih beresiko dibandingkan reksadana pasar uang.

Selanjutnya, untuk reksadana campuran, sesuai namanya tentu akan ada campuran aturan dari jenis-jenis sebelumnya. Keuntungan yang mungkin diperoleh sangat tinggi, namun risikonya juga sangat tinggi pula sehingga Anda perlu berhati-hati. Dan terakhir, untuk reksadana index, bisa dikategorikan mirip dengan saham yang diperjual belikan di bursa.

Baca Juga: Mengenal Instrumen Reksadana dan Jenis-Jenisnya

4. Dalam Investasi Saham, Pilih Sistem dan Cara yang Tepat

Ketika Anda melakukan investasi saham ada beberapa hal yang harus dipilih dan ditentukan. Nah, dalam tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula, pertama Anda perlu memilih investasi di tempat yang tepat. Pastikan pilihan perusahaan Anda memiliki potensi perkembangan yang baik dan cepat sehingga pertumbuhan saham Anda pun juga demikian.

Jika membuat daftar keuntungan dividend vs capital gain, kira-kira mana yang lebih recommended? Temukan jawabannya di sini…
Pemilihan instrumen investasi yang sesuai disertai dengan diversifikasi dana tepat mampu memberikan potensi keuntungan yang maksimal dengan resiko yang terkontrol.

Selain itu, kali ini Anda juga perlu menentukan cara yang tepat untuk dilakukan. Katakan saja terkait dengan sistemnya yang tidak hanya di salah satu perusahaan saja. Di sini tentu tidak asing juga ada yang dikenal dengan tabungan saham dan trading. Untuk memastikan keamanan yang lebih tinggi, di sini memilih investasi jangka panjang lebih aman dan lebih menguntungkan.

Baca Juga: Trading Saham vs Menabung Saham

5. Tentukan Tujuan dari Investasi Anda

Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan investasi tersebut sehingga tidak salah mengambil jalan. Baik tujuan menabung, mengembangkan modal maupun hanya sekedar mencoba berinvestasi dan mencari pengalaman saja.

Di sini Anda harus memperhatikan tujuan karena nantinya tujuan ini akan berpengaruh pada bagaimana sistem kerja setelah investasi dijalankan. Karena itulah, semakin ke sini mengenal lebih jauh tujuan dari investasi Anda memang sangat penting.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang untuk Persiapan Dana Pensiun di Hari Tua

6. Pelajari Langkah-langkah Investasinya

Kenali secara lebih rinci apa saja langkah-langkah yang perlu ditempuh ketika akan melakukan investasi tertentu. Ini adalah Tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula yang selanjutnya. Kalau untuk investasi saham sendiri, Anda tingga pilih broker, pilih perusahaan yang akan di investasi dan tentukan jumlah investasinya saja.

Saham perusahaan yang sudah besar biasanya tidak terlalu banyak menyisihkan retained earning untuk ekspansi, sehingga dividend payout ratio lebih besar dan lebih menguntungkan untuk investor pemburu dividen.
Buatlah akun pada salah satu broker online yang ternama, misalkan Indopremier atau sejenisnya dan lakukan top-up (deposit) untuk mulai membeli saham dan/atau reksadana.

Selanjutnya, kalau untuk investasi di reksadana Anda tinggal buka website, daftar, kemudian bisa langsung memilih produk reksdana apa yang sekiranya akan dibeli. Pertimbangannya sendiri bisa dilihat dari rekam jejak keuntungan produk tersebut selama 3 tahun terakhir. Mengingat adanya langkah ini, maka semakin penting untuk mengenal masing-masing produknya.

7. Belajar dari Pengalaman

Bagi yang sudah memiliki pengalaman, Anda bisa menerapkannya pada langkah investasi yang dilakukan kali ini. Belajar dari pengalaman adalah salah satu tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula yang tidak bisa tertinggal. Sedangkan bagi yang belum berpengalaman, bisa mulai belajar ke orang yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, proses belajar Anda akan semakin cepat karena terarah.

8. Pantang Menyerah dan Kerja Keras untuk Berkembang

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah kerja keras dalam pembelajaran investasi saham dan reksadana ini. Ketika Anda sudah sukses di salah satu atau bahkan keduanya, maka akan lebih mudah menghasilkan pemasukan. Dan yang pasti jangan berhenti ditengah jalan apalagi putus asa ketika belum sukses karena sebenarnya Anda pasti bisa berhasil.

Sedikit tips memulai investasi saham dan reksadana bagi pemula di atas bisa Anda jadikan rujukan saat akan memulai bermain di dunia investasi. Ketika Anda bisa menerapkannya dengan baik, maka potensi dan kesempatan untuk sukses dibidang investasi semakin tinggi lagi. Jangan lupa untuk praktek. Selamat mencoba.

2 thoughts on “Tips Memulai Investasi Saham dan Reksadana Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *