Tips Berkompetisi dalam Online Shop Internasional

Online shop internasional merupakan bisnis jual beli produk antar negara dengan menggunakan layanan-layanan internet atau online.

Fenomena berniaga online benar-benar menggemparkan. Bahkan, gaungnya tidak hanya nyaring di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Efeknya adalah berbagai macam produk dalam dan luar negeri siap diperjualbelikan secara cepat dan mudah. Maka dari itu, tips bersaing cerdas di online shop internasional harus dikuasai pedagang dengan baik.

Akibat progres online yang luar biasa, situs-situs niaga online, baik nasional maupun internasional bermunculan. Bahkan, lapak Indonesia pun tidak takut bersaing di pasaran dunia demi mendapat profit yang lebih besar. Pengelola seakan tidak gentar berkompetisi dengan website sekelas EBay dan Amazon yang mendunia. Akan tetapi, jika pola bisnis yang dilakukan salah, produk sulit untuk laku. Maka dari itu, berikut ini kami list tips berkompetisi untuk menjadi online shop internasional terbaik.

Tips Bersaing di Online Shop Internasional Demi Mendapat Keuntungan Besar

1. Melayani Pengiriman dengan Worldwide Shipping

Worldwide Shipping adalah layanan pengiriman produk skala internasional yang jaringannya tersebar di seluruh dunia. Perusahaan yang populer di bidang ini adalah DHL dan FedEx. Untuk bersaing di pasar online dunia, Anda harus mengenal cara kerja dua perusahaan diatas, sehingga, jika ada pembeli, proses pengiriman produk antar negara menjadi lancar.

Dengan menggunakan jasa pengiriman kategori Worldwide Shipping, aktivitas pengiriman produk semakin cepat. Tentunya, pelanggan merasa dilayani dengan baik sehingga ada kemungkinan di lain waktu dia kembali melakukan pemesanan.

2. Review Produk Menggunakan Bahasa Inggris

Jika ingin bersaing di online shop internasional, review produk yang ditulis harus menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa inilah yang dimengerti masyarakat seluruh bangsa sehingga pelanggan lebih paham detil produk yang ditawarkan.

Jika piawai membuat review berbahasa Inggris, harmonisasi hubungan antara Anda dengan pembeli akan semakin baik. Pihak pelanggan memiliki kesempatan untuk mengomentari produk atau membagikannya kepada teman-teman mereka.  Selain itu, dengan adanya review berbahasa Inggris menunjukkan kalau Anda menguasai bahasa tersebut, sehingga pelanggan dari Amerika dan Eropa tidak ragu untuk mengajukan tawaran.

Baca Juga: Program Afiliasi, Antara Amazon vs e-Bay vs Clickbank

3. Gunakan Metode Pembayaran Internasional

Untuk bersaing di pasar online internasional, metode pembayaran yang diberlakukan tidak hanya aman, cepat dan bebas penipuan. Lebih dari itu harus sesuai dengan metode pembayaran dunia supaya transfer serta tukar mata uang menjadi lancar.

Metode pembayaran internasional yang dilakukan dalam transaksi pembayaran online ada tiga. Ada PayPal, Western Union dan yang populer adalah bitcoin. PayPal semacam dompet online yang bisa dijadikan tempat aman untuk menyimpan dolar.  Sedangkan bitcoin adalah mata uang virtual (Crypto Currency) yang bisa dijadikan alat pembayaran produk secara online.

4. Buat Akun di Ebay

Tips yang keempat agar unggul di online shop internasional adalah membuat akun di eBay. EBay sendiri merupakan website online shop internasional termurah yang berfungsi sebagai penghubung pembeli dengan penjual. Di sini, ribuan penjual mem-posting produk andalannya disertai draf harga, review dan testimoni. Mengingat eBay merupakan situs niaga online dunia yang cukup besar, tidak ada salahnya Anda juga memasarkan produk di sana.

5. Share Produk di Media Sosial

Jika Anda memiliki produk yang ingin ditawarkan di seluruh dunia, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan media sosial FB dan Twitter.  Caranya adalah bergabung dengan grup-grup luar negeri dan senantiasa berkomunikasi secara intensif. Selain itu, jangan pelit untuk memuji dengan santun atau menekan “like” produk orang lain agar mereka bersimpati kepada Anda.

Itulah tips berkompetisi cerdas di online shop internasional. Cara yang cocok diterapkan oleh penjual pemula, semata agar peluang produk laris semakin besar tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dari mancanegara. Semoga produk Anda laku keras, omzet semakin menanjak.

One thought on “Tips Berkompetisi dalam Online Shop Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *