Cara Promosi Melalui Facebook Ads

Mempromosikan fan page bisnis jauh lebih mudah dengan cara promosi dengan facebok ads. Anda harus coba!

Bisnis online shop akhir-akhir ini semakin berkembang pesat. Hanya dengan mengandalkan android atau laptop saja, seeorang bisa memasarkan dagangannya dan meraup keuntungan jutaan rupiah. Tidak heran jika kemudian para founder-nya melakukan banyak promosi diberbagai media sosial, salah satunya dengan cara promosi di Facebook Ads untuk mearik perhatian pelanggan.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan bisnis iklan usungan Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook  untuk mempromosikan dan mengiklankan fan page bisnis atau usaha pengguna tersebut.

Baca Juga: Fanpage Facebook Kini Bisa Hasilkan Uang

Cara Membuat Facebook Ads

Sebelum melakukan promosi melalui Facebook Ads, Anda terlebih dahulu harus mengetahui cara membuat Facebook Ads berikut:

1. Login ke Facebook Ads

Agar bisa login ke Facebook Ads, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke akun Facebook Anda
  • Anda bisa menuju ke menu sebelah kanan di atas profil facebook
  • Pilih navigasi pada bagian pojok kanan paling atas
  • Klik ‘buat iklan’

2. Melakukan Pengaturan Akun Facebook Ads

Setelah berhasil login ke Facebook Ads Anda bisa mulai membuat nama akun sesuai keinginan Anda.  Kemudian, isilah formulir data-data yang tersedia secara lengkap.

3. Mengatur Tagihan Facebook Ads

Setelah semua formulir di pengaturan lengkap, masuklah ke menu tagihan Facebook ads. Anda bisa memilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti menggunakan kartu kredit.

4. Melakukan Promosi Facebook Page dengan Facebook Ads

Jika 3 langkah di atas sudah dilengkapi, Anda bisa langsung memulai promosi.

Cara Promosi dengan Facebook Ads

Hal paling penting untuk melakukan promosi dengan Facebook Ads yaitu memiliki akun Facebook Ads. Jika akun sudah ada, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar promosi iklan berhasil.

1. Memahami Karakter Target Audience

Sebelum melakukan promosi iklan, Anda harus menentukan target audience yang ingin Anda bidik. Misalnya, Anda ingin membuat iklan tentang fashion wanita. Maka, Anda harus membuat deskripsi usia berapa saja yang ingin Anda bidik, mode fashion seperti apa yang sedang Mereka sukai dan lain-lain.

Dengan begitu, Anda dapat membidik target dengan lebih spesifik. Iklan yang dipromosikan juga akan lebih terarah serta menghemat biaya iklan.

2. Membuat Iklan yang Menarik

Umumnya, format iklan pada facebook terdiri dari dua komponen; teks dan gambar. Dua komponen itulah yang akan terlihat ketika iklan Anda tayang di facebook. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat iklan semenarik mungkin menggunakan teks dan gambar. Dengan begitu iklan akan banyak dilihat dan diklik. Semakin banyak orang yang mengunjungi iklan tersebut, maka iklan Anda akan semakin viral.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Jangan lupa untuk tingkatkan traffic. Traffic tinggi dapat menyasar calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.

3. Memanfaatkan Fitur-Fitur Canggih Facebook Ads

Salah satu sumber pendapatan terbesar facebook sampai saat ini yaitu melalui Facebook Advertising-nya. Hal tersebut membuat Facebook terus-menerus melakukan pengembangan pada fitur advertising-nya. Adapun fitur – fitur advertising terbaru dari facebook, adalah:

  • Custom Audience

Apabila Anda memiliki database seperti email dari customer Anda sebelumnya, maka manfaatkanlah custom audience. Caranya, masukkan list email tersebut ke dalam Facebook, dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook.

Baca Juga: Monetisasi Video Fanpage Facebook Lebih Menguntungkan dari Youtube?

  • Retargeting

Anda sebagai advertiser atau pemasang iklan dapat membidik ulang orang-orang yang telah mengunjungi website Anda, sehingga setelah mereka mengunjungi website Anda dan masuk ke Facebook maka mereka akan melihat iklan Anda di Facebook.

  • Conversion Tracking

Dengan fitur conversion tracking, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah orang yang membeli produk Anda dengan cara memasukannya ke keranjang belanja di website  Anda.

  • Lookalike Audience

Fitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama Anda. Jadi, Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audience baru secara otomatis dan menggunakannya sebagai target audience di iklan baru Anda.

Itulah beberapa cara promosi dengan Facebook Ads. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One thought on “Cara Promosi Melalui Facebook Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *