Ojek Online: GOJEK vs GRAB

Sebagai layanan transportasi online yang sedang digandrungi, gojek vs grab memiliki perbedaan berikut!

Gojek dan grab merupakan startup jasa trasportasi online yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Jasa transportasi online ini menawarkan kenyamanan dengan menggunakan teknologi yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun. Selain itu, layanan yang ditawarkan pun sangat beragam, mudah dan praktis. Meski begitu antara gojek vs grab memiliki beberapa perbedaan khusus.

1. Tarif Perjalanan

Perbedaan tarif antara kedua jasa transportasi ini memang tidak terlalu signifikan. Namun, sebagai pengguna setia ojol berikut ini perbedaan gojek vs grab berdasarkan tarifnya:

· Tarif Gojek

Pada jam biasa gojek mematok tarif dasar Rp12.000 untuk perjalanan sejauh 1-10 km, Rp.15.000 untuk perjalanan 11-15 km. Nah, jika Anda ingin melakukan perjalanan lebih dari 15 km, Anda akan dikenakan tarif tambahan Rp2.000 tiap kilonya. Sementara untuk jam-jam sibuk (rush hour) akan dikenai tarif tambahan sebesar 5.000 rupiah.

Meski begitu, Anda bisa mendapatkan potongan harga dengan melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik Go-Pay. Umumnya, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan Go-Pay, Anda akan memperoleh potongan 5% atau setara dengan 2.000 rupiah dari tarif tunai.

· Tarif Grab Bike

Berbeda degan gojek, grab bike mematok harga berdasarkan jarak tempuh. Selain itu jasa transportasi ini juga mematok batas minimal tarif yang harus dibayar oleh customer. Per kilonya grab bike memasang tarif Rp1.500 dengan batas minimal tarif sebesar Rp10.000.

Misalnya, jika Anda melakukan perjalanan dengan jarak tempuh 4 km, berarti 4 x 1.500 = 6.000 rupiah, tetapi tarif yang harus Anda bayar yaitu Rp10.000 rupiah. Sedangkan untuk jam-jam sibuk, grab mengenakan tarif tambahan sebesar 5000 rupiah.

· Tarif Go-Car

Selain ojek online, baik gojek maupun grab juga menyediakan jasa taksi online. Untuk layanan Go-Car, pihak gojek memasang tarif minimal sebesar 10.000 rupiah untuk perjalanan sejauh 1-2.85 km. Nah, jika Anda melakukan perjalanan lebih dari 2.85 km, maka Anda akan dikenakan tarif Rp3.500 per kilo untuk jam biasa dan Rp4.250 untuk jam-jam sibuk.

· Tarif Grab Car

Hampir sama dengan gojek, grab mematok tarif minimal sebesar 10.000 rupiah untuk jasa taksi online-nya. Sementara untuk tarif per kilometernya, grab memasang tari Rp4.000 untuk jam-jam biasa. Sedangkan untuk jam-jam sibuk, pihak grab akan menentukan tarif berdasarkan lokasi, kondisi cuaca dan persediaan armadanya.

2. Jenis Layanan

Perbedaan gojek vs grab lainnya bisa dilihat dari jenis layanan yang ditawarkan. Bagi Anda yang merupakan pengguna aktif kedua jasa transportasi ini pasti sudah dapat membedakaannya.

Baca Juga: Antara Tokopedia VS Shopee

· Layanan Gojek

Startup jasa transportasi online asal Indonesia ini memiliki setidaknya 20 jenis layanan. Apa sajakah itu?

  1. Go-Ride, merupakan jenis layanan ojek online
  2. Go-Car, taksi onlie
  3. Go-Bluebird, tidak jauh berbeda dengan go-car, go-bluebird juga termasuk layanan taksi online yang bekerjasama dengan taksi
  4. Go-Food, jasa pesan antar makanan.
  5. Go-Send, jasa pengantar paket.
  6. Go-Deals, layanan pembelian voucher gojek.
  7. Go-Pulsa, isi pulsa.
  8. Go-Points, layaan untuk menukarkan poin yang sudah terkumpul dengan hadiah menarik.
  9. Go-Nearby, layanan direktori yang menghubungkan merchant go-food dengan pengguna gojek.
  10. Go-Bills, layanan untuk membayar tagihan
  11. Go-Shop, layanan belanja.
  12. Go-Mart, layanan pesan antar belanja kebutuhan sehari-hari.
  13. Go-Box, layanan antar jemput barang untuk ukuran lebih besar.
  14. Go-Massage, layanan pijat tubuh.
  15. Go-Daily, jasa layanan gaya hidup, seperti antar galon, LPG dan lain-lain.
  16. Go-Clean, layanan bersih-bersih.
  17. Go-Glam, jasa perawatan kecantikan.
  18. Go-Tix, layanan pembelian tiket nonton.
  19. Go-Auto, layanan perawatan mobil.
  20. Go-Med, layanan pengantaran obat.

· Layanan Grab

Jasa transportasi asal Malaysia ini memiliki jenis layanan lebih sedikit jika dibandingkan dengan gojek. Ada 7 jenis layanan yang ditawarkan grab; Mobil, Motor, Makanan, Pengantaran, Pulsa, Belanjaan, Tagihan.

Itulah beberapa perbedaan umum gojek vs grab. Jadi, mana yang lebih Anda suka?

2 thoughts on “Ojek Online: GOJEK vs GRAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *