Saham : Mencari Keuntungan dari Dividend atau Capital Gain?

Jika membuat daftar keuntungan dividend vs capital gain, kira-kira mana yang lebih recommended? Temukan jawabannya di sini…

Dunia saham memang sangat menarik bagi beberapa orang yang menyukai namanya investasi. Baik dalam bentuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam dunia tersebut ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan. Baik dalam hal trading maupun ketika Anda hanya ingin mendiamkannya sebagai tabungan. Dalam hal ini, berkaitan dengan saham ada dua jenis invetasi yang disebut dengan dividend dan capital gain. Keduanya memiliki sistem dan konsep yang berbeda dalam menawarkan keuntungan bagi Anda. Lalu, jika membuat daftar keuntungan dividend vs capital gain, kira-kira mana yang lebih recommended?

Nah, untuk mengetahui jawaban hal itu lebih jauh, kita sudah menyiapkan ulasannya di bawah ini…

Baca Juga: Resiko dan Keuntungan Menabung Saham

Mengenal Lebih Jauh Antara Dividend dan Capital Gain

Sama-sama dimulai dengan membeli saham, kedua nama ini merupakan jenis investasi sekaligus cara mendapatkan uang yang berbeda. Ketika membeli saham, maka Anda perlu mengetahui dengan cara mana akan mendapatkan keuntungan nantinya, memilih dividend kah atau capital gain. Sebelum itu Anda perlu tahu apa itu dividend dan apa itu capital gain. Berikut ini ulasan lengkapnya…

1. Dividen

Pertama, kita akan bahas dividend terlebih dahulu. Dividend adalah keuntungan yang akan diberikan oleh perusahaan pada pemilik saham dengan beberapa ketentuan. Dalam hal ini pun yang mendapatkannya ditentukan oleh perusahaan tersebut. Sedangkan untuk mendapat keuntungan dividend yang lebih, maka Anda harus pintar-pintar memilih perusahaan untuk ditanami investasi.

2. Capital gain

Selanjutnya capital gain. Ini adalah keuntungan yang didapatkan pemilik saham dari selisih harga jual dan harga beli saham sebelumnya. Atau bisa disebut dengan keuntungan modal. Jadi, keuntungan ini bisa didapatkan dengan cara membeli saham dan menjualnya kembali saat harga saham perusahaan tersebut sedang naik.

Dengan cara kedua ini Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dan risikonya pun tidak besar. Capital gain ini cenderung dekat dengan sistem trading saham. Ketika Anda ingin mendapatkannya, maka harus melakukan trading saham. Nah, dari pengertian ini tentu sudah muncul gambaran antara dividend vs capital gain lebih baik mana?

Saham perusahaan yang sudah besar biasanya tidak terlalu banyak menyisihkan retained earning untuk ekspansi, sehingga dividend payout ratio lebih besar dan lebih menguntungkan untuk investor pemburu dividen.
Perusahaan yang sudah besar dan lama berdiri biasanya tidak terlalu banyak menyisihkan retained earning untuk ekspansi, sehingga dividend payout ratio lebih besar dan lebih menguntungkan untuk investor pemburu dividen.

Dividend vs capital gain, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Berbicara lebih jauh tentang keuntungannya sebenarnya hal ini tergantung pada niat awal Anda. Ingin investasi jangka panjang atau jangka pendek? Jika yang dibutuhkan adalah mendapatkan keuntungan secara berkala, khususnya dalam waktu jangka pendek sebaiknya memilih capital gain.

Alasannya adalah karena capital gain ini lebih mudah dan lebih tinggi keuntungan untuk sehari-hari. Jadi, ketika harga saham naik, Anda langsung jual saja, maka akan mendapatkan keuntungan tinggi. Kemudian, modal awalnya digunakan lagi untuk membeli saham dengan harga yang murah, baik di perusahaan awal atau perusahaan lainnya.

Namun, bagi Anda yang memang lebih memilih dividen, usahakan memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah mencari perusahaan yang rutin membagikan dividend bagi para pemilik saham. Katakan saja seperti perusahaan BUMN. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui kapan tanggal dibagikannya dividend tersebut dan kapan tanggal berakhirnya pembagian.

Baca Juga: Saham Bluechip vs Saham Gorengan

Jadi, dividend vs capital gain lebih untung yang mana? Jawabannya adalah sesuai niat dan kebutuhan Anda. Jangan ikut investasi karena teman atau keluarga melakukannya, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Sebenarnya ketika memang berniat melakukan investasi jangka panjang, memilih dividend juga tidak ada ruginya. Hanya saja dividend tidak dibagikan sesering seperti capital gain. Namun, keuntungan tabungan saham di masa mendatang juga tidak sedikit. Selamat mencoba…

2 thoughts on “Saham : Mencari Keuntungan dari Dividend atau Capital Gain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *