Investasi: Trading Saham VS Menabung Saham

Antara trading saham vs menabung saham mana yang cocok untuk Anda saat ini? Jawaban lengkapnya ada di artikel ini…

Dunia saham saat ini memang sedang naik daun. Oleh sebab itu, tidak heran jika pasar saham pun semakin ke sini juga semakin banyak yang menjadikan sebagai tempat untuk berinvestasi. Berbicara mengenai saham, di sini ada dua istilah penting, yakni trading saham dan menabung saham. Nah, masing-masing dari keduanya memiliki sistem dan kelebihan yang berbeda. Namun, trading saham vs menabung saham manakah yang lebih baik?

Berikut ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai trading sama dan menabung saham. Ini dia ulasannya…

Mengenal Saham dan Jenis Investasinya

Saham berarti kepemilikan suatu perusahaan dimana siapa pun yang membeli saham, berarti dia ikut andil dalam kepemilikan perusahaan yang dibeli sahamnya. Ketika nilai saham suatu perusahaan tumbuh dengan baik, maka keuntungan yang didapatkan pemilik saham pun juga tinggi. Sedangkan dalam investasi yang dilakukan, adakalanya orang memilih untuk trading atau menabung.

Baca Juga: Resiko dan Keuntungan Menabung Saham

Perbedaan Trading Saham dan Menabung Saham

Nah, berbicara mengenai trading saham vs menabung saham, tentu saja penting mengenal perbedaannya lebih jauh. Keduanya memang memiliki perbedaan yang sangat tipis dalam beberapa aspek. Salah satunya adalah dari sisi tujuan. Kalau trading saham tujuannya adalah mendapatkan keuntungan jangka pendek dan penghasilan berkala.

Sebaliknya, menabung saham berarti membeli saham dengan tujuan untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Kalau dalam trading, ketika harga saham naik, maka saham akan di jual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan menabung saham berarti saham dibiarkan hingga berkembang dalam tempo waktu yang cukup panjang.

Keunggulan Trading Saham dan Menabung Saham Masing-Masing

Masing-masing dari trading saham maupun menabung saham memiliki keunggulan. Nah, bagi Anda yang bingung akan memilih yang mana di antara dua investasi ini, maka perlu mengenal kelebihannya masing-masing.

Keunggulan dari trading saham ini adalah, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam tempo waktu yang relatif lebih cepat. Selain itu, terhindar dari risiko misalkan saham akan menurun drastis di beberapa waktu kedepan. Sedangkan kuntungan dari menabung saham adalah prosesnya tidak rumit, tinggal dibiarkan saja nilai saham akan terus meningkat seiring perkembangan perusahaan.

Fluktuasi harga saham menjadi salah satu faktor penentu bagi investor. Trader lebih memilih saham gorengan yang fluktuatif untuk meraup keuntungan dalam jangka waktu singkat, sedangkan investor jangka panjang lebih memilih saham blue chip yang cenderung stabil.
Fluktuasi harga saham menjadi salah satu faktor penentu bagi investor. Trader lebih memilih saham gorengan yang fluktuatif untuk meraup keuntungan dalam jangka waktu singkat, sedangkan investor jangka panjang lebih memilih menabung saham blue chip yang cenderung stabil.

Kelemahan Masing-Masing dari Menabung Saham dan Trading Saham

Selain memiliki kelebihan, masing-masing tentu juga memiliki kekurangan. Mulai dari yang trading saham, kelemahannya adalah Anda harus aktif melakukan jual beli saham agar bisa mendapatkan profit secara berkala. Selain itu, Anda juga harus aktif mengenali harga-harga saham, mana yang potensial untuk dibeli dan dijual lagi nanti.

Sedangkan kelemahan dari sistem menabung saham adalah, tidak semua perusahaan dipastikan memiliki perkembangan yang bagus. Jika perkembangannya kurang baik, maka akan cukup berisiko. Selain itu, sistem seperti ini tidak bisa menjamin untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari sekalipun ada banyak saham yang dimiliki karena dimasukkan daftar investasi jangka panjang.

Jadi, antara trading saham vs menabung saham mana yang cocok untuk Anda saat ini? Jawabannya adalah, pastikan dulu Anda ingin hasil jangka pendek atau jangka panjang? Bila Anda sudah menentukan dan memilih hasil jangka pendek, maka sangat dianjurkan untuk trading saham. Kemampuan yang harus Anda pelajari adalah analisis teknikal. Untuk mengasah skill ini bisa dengan mengikuti seminar atau kelas yang saat ini banyak di internet.

Baca Juga: Resiko dan Keuntungan Berinvestasi di Perusahaan Start-up

Nah, jika Anda memilih untuk hasil jangka panjang, maka dianjurkan mengambil opsi menabung saham. Anda harus mengasah kemampuan analisis fundamental. Pelajari dulu ilmu-ilmu analisisinya. Jangan terburu-buru langsung mencoba. Investasikan dulu uang Anda untuk mencari ilmunya. Sekarang, sudah paham mengenai tradindg saham vs menabung saham, bukan?

Related Post

Mengenal Saham LQ 45 Lebih Dalam Mengenal Istilah LQ 45 LQ 45 adalah salah satu indeks di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks tersebut dihitung dari 45 saham yang terdaftar di Bursa...
Peranan Fundamental dalam Menentukan Saham Pilihan Seberapa pentingkah memahami fundamental saham dalam menentukan pembelian saham? Jawaban lengkapnya akan Anda dapatkan di sini… Analisis fundamental ...
Dompet Elektronik: Antara GoPay vs OVO GoPay dan OVO sama-sama merupakan dompet digital yang fungsinya untuk transaksi pembayaran secara online yang aman. Lalu unggul mana GoPay Vs OVO? Pe...
Macam-macam Instrumen Investasi dan Karakteristikn... Instrumen investasi adalah macam-macam objek yang perlu dipahami oleh para investor agar dapat meminimalisir risiko kerugian. Ketika hendak berinvest...
Deretan Tips Bisnis Online di Instagram yang Bisa ... Media sosial instagram merupakan salah satu media sosial yang dikenal bisa berbagi foto dan video yang sangat digemari banyak orang. Tips bisnis oline...
Analisis Rasio Fundamental Saham Yang Perlu Dipaha... Investor harus jeli dalam berinvestasi di pasar modal. Saat berinvestasi dalam dunia saham, investor memiliki peran penting untuk memastikan perusahaa...
Cara Mendaftar di Indopremier (IPOT) Salah satu keluhan calon investor mengenai pembukaan akun di sekuritas adalah mahalnya setoran minimum. Meskipun sudah ada kelonggaran setoran awal mi...
Bisnis Franchise Cincau Station Seperti usaha kuliner minuman yang lain, bisnis franchise cincau station sangat menarik untuk dicoba dan ditekuni. Jika dilihat dari prospek di Indone...