Tips Membangun Blog Berbahasa Inggris

Tips membuat blog berbahasa Inggris antar lain membeli domain dan memilih platform. Jangan sampai ketinggalan. Simak 7 tips lainnya!

Blog yang menyajikan tulisan berbahasa Inggris, mampu menarik pengunjung lebih banyak. Jika Anda berminat membuat blog dalam bahasa ini, tentu memerlukan tips membuat blog berbasa Inggris. Di dalam artikel ini akan disajikan beberapa tips-tips keren yang sayang untuk dilewatkan. Tentu saja, ketika memutuskan untuk membuat blog dengan bahasa satu ini, harus memahami struktur atau tata bahasa dengan benar.

Barangkali Anda sudah mengetahui bahwa membuat blog dalam bahasa Inggris akan mendatangkan penghasilan yang cukup fantastis. Hal ini disebabkan oleh jangkauan blog yang lebih luas, yakni tidak terbatas di wilayah Indonesia saja. Namun sayangnya, membangun sebuah blog dengan menggunakan bahasa asing, tidaklah mudah. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena di sini akan dibahas secara lengkap tips membuat blog berbasa Inggris bagi pemula.

Simak beberapa tips membuat blog berbasa Inggris, berikut ini:

1. Tentukan Tema Blog

Langkah awal untuk membuat blog adalah menentukan tema yang akan diusung. Menentukan tema juga erat kaitannya dengan peruntukan blog tersebut. Misal, Anda akan menggunakannya sebagai catatan harian online, untuk kepentingan bisnis,  membuat komunitas, traveling, dan berbagai peruntukan lainnya.

Jika untuk tujuan traveling,  bisa memasukkan kegiatan selama berkunjung di sebuah daerah atau negara. Tidak lupa pula, untuk menuliskan tips atau informasi penting lainnya bagi pembaca blog. Jika blog yang dibuat memiliki kualitas yang bagus, viewer pun akan membludak.

Dengan memiliki tujuan atau tema, tulisan di dalam blog akan lebih sistematis dan tertata dengan baik. Apalagi jika tampilan blog juga sangat menarik, akan menjadi sebuah poin plus untuk menaikkan traffic.

Baca Juga: Tips Memilih Template Blog/Website

2. Tentukan Target Pembaca

Ketika mengetahui dengan jelas siapa target pembaca dan pengunjung blog. Anda kemudian dapat membuat blog dengan tampilan dan konten yang sesuai dengan preferensi calon pengunjung.

Hal ini menunjukkan bahwa, blog dikelola dengan sungguh-sungguh dan tidak asal-asalan. Dengan memiliki kekhususan terhadap target pembaca, mengembangkan blog berkualitas menjadi sangat mudah. Selain itu, sangat memudahkan untuk membuat list artikel apa saja yang hendak ditulis.

3. Pilih Platform

Setelah menentukan tema dan tujuan dibuatnya blog, selanjutnya adalah memilih platform. Jika Anda adalah blogger pemula, memakai blog tidak berbayar seperti blogspot atau wordpress, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi, jika bertujuan untuk bisnis atau menyasar kepada komunitas tertentu, mempergunakan platform berbayar jauh lebih bermanfaat. Apalagi jika ditambah dengan domain pada blog tersebut.

Selain platform blog/website, platform dari hardware visitor juga perlu menjadi pertimbangan. Jika target pengunjung kebanyakan adalah pembaca dari smartphone, gunakan platform dan template yang mobile-friendly agar tampilan lebih optimal di layar smartphone.

Template yang tepat sangat penting untuk eksistensi blog dan website di search engine Google. Karena itu ikuti tips memilih template blog berikut ini.
Gunakan platform dan template yang sesuai dengan target pembaca. Platform dan template yang mobile-friendly sangat disarankan untuk visitor yang mengunjungi blog anda melalui smartphone.

4. Membeli Domain

Tujuan dari membeli domain ini adalah agar traffic pengunjung dapat meningkat secara signifikan. Anda bisa membelinya langsung di penyedia domain atau dapat menggunakan domain lama.

Aged domain/domain lama adalah domain yang pernah dipergunakan namun tidak dilakukan perpanjangan. Biasanya domain ini sudah memiliki traffic yang cukup padan serta berkualitas. Dengan lebih memanfaatkan domain model ini, blog Anda lebih cepat dikenal oleh penbaca.

Untuk mendapatkan domain, bisa membelinya di domcop.com. Di sini Anda bisa memilah domain didasarkan pada Moz Rank dan lain sebagainya.  Di bawah ini patut menjadi perhatian Anda ketika membeli domain lama:

  1. Pastikan domain telah berusia minimal di atas dua tahun
  2. Domain Authority bernilai di atas 15.
  3. Belum pernah mengalami drop atau maksimal pernah drop sebanyak dua kali.
  4. Belum pernah terkena banned
  5. Bukan merupakan bekas situs judi, porno dan lain sebagainya, sesuai dengan aturan Google.

5. Penentuan Kata Kunci

Tips membuat blog berbasa Inggris lainnya adalah mengenai penentuan kata kunci atau keyword. Pemilihan kata kunci yang tepat akan membantu agar blog Anda dapat terletak di halaman pertama situs pencarian. Dengan berada di page one, kemungkinan blog dibaca oleh banyak pengunjung cukup besar.

Bahkan, untuk Anda yang menggunakan blog sebagai tempat usaha atau bisnis, produk yang ditawarkan menjadi lebih sering dilihat oleh pembaca. Kemungkinan produk untuk dibeli, mempunyai peluang besar.

Keyword (kata kunci) sangat penting untuk SEO, namun tetap perlu diperhatikan frekuensi penggunaan keyword agar artikel tetap nyaman dibaca.
Keyword (kata kunci) memang sangat penting untuk SEO, namun tetap perlu diperhatikan frekuensi penggunaan keyword agar artikel tetap nyaman dibaca.

Baca Juga: Search Engine Optimization (SEO), Seberapa Pentingkah?

6. Mempelajari Dasar Berbahasa Inggris

Karena Anda membuat blog dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, mempelajari mengenai grammar sangat penting. Jangan sampai ketika menulis artikel, tulisan  menjadi aneh dan  maksud yang ingin disampaikan tidak dapat dicerna dengan tepat.

Jika Anda termasuk dalam kategori standar untuk urusan berbahasa Inggris ada baiknya untuk menulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Tujuan menuliskan artikel ke dalam bahasa Indonesia adalah agar informasi yang hendak disampaikan, dapat tertulis dengan rapi dan bagus. Kemudian jika artikel telah ditulis dalam bahasa Indonesia, lanjutkan dengan menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Proses penerjemahan bisa menggunakan tools translate bisa menjadi solusinya. Adapun tools translate yang bisa dipakai adalah

  1. Google Translate

Aplikasi ini termasuk yang paling sering digunakan untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Di-support lebih dari 50 bahasa di dalamnya Anda dapat menuliskan artikel dengan mudah.

  1. Bing Translator

Bing Translator juga aplikasi yang bisa membantu untuk menerjemahkan tulisan Anda ke dalam Bahasa Inggris. Tingkat akurasi aplikasi ini cukup tinggi. Jadi, tidak perlu khawatir akan terjadi kesalahan dalam proses menerjemahkan.

Akan tetapi, jika dirasa terlalu membuang waktu untuk mempelajari dasar-dasar berbahasa Inggris. Menggunakan jasa penulis lepas, bisa menjadi salah satu alternatif solusi. Tidak perlu khawatir, artikel yang ditulis oleh para penulis konten pun cukup berkualitas.

7. Cek Grammar

Setelah tulisan selesai dialih bahasan ke dalam Bahasa Inggris. Langkah selanjutnya dalam tips membuat blog bahasa Inggris adalah dengan memeriksa grammar. Artikel bahasa Inggris yang memiliki tata bahasa yang benar, akan membuat tulisan menjadi mudah untuk dibaca. Selain itu maksud dari artikel tersebut akan lebih mudah ditangkap oleh pembaca.

8. Menggunakan Aplikasi Cek Plagiat

Ketika dalam proses menulis artikel, Anda harus memastikan bahwa tulisan tersebut tidak terindikasi meniru tulisan di blog atau website lainnya. Namun, jangan dipusingkan dengan aturan harus menulis ide yang baru. Menggunakan teknis menulis ulang kembali sebuah artikel lama bisa menjadi sebagai salah satu alternatifnya. Anda hanya perlu menulis kembali artikel tersebut dengan menggunakan bahasa dan gaya yang sesuai dengan karakteristik.

Setelah selesai, periksa tulisan Anda ke smallseotools.com untuk memastikan bahwa artikel terbebas dari unsur plagiarisme. Untuk menggunakan tools ini, tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

9. Membangun Backlink Untuk Blog

Ketika membangun blog menggunakan bahasa apa saja, jangan lupa untuk memastikan blacklink yang digunakan berkualitas. Jika tidak, blog akan dianggap sebagai spam. Namun demikian harus berimbang antara backlink dan konten blog. sebab hanya dengan perpaduan keduanya, maka blog akan benar-benar maksimal.

Baca Juga: Kiat Sukses, Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger

Dengan mengetahui tips membuat blog berbasa Inggris dengan benar, membangun blog bukanlah hal yang rumit lagi. Lakukan tips-tips tersebut di atas dengan benar dan sistematis, agar tidak ada langkah yang tertinggal. Dan, ucapkan selamat datang untuk blog dengan kualitas konten yang berkualitas dan bukan abal-abal.

One thought on “Tips Membangun Blog Berbahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *