Kesalahan yang Menghambat Kesuksesan Online Shop

Ada 6 kesalahan dalam online shop; gampang menyerah, respon lambat, tidak belajar. Simak  artikel ini untuk mengetahui kesalahan lainnya.

Kesalahan dalam online shop tak jarang dilakukan oleh para pebisnis pemula yang minim ilmu. Sayangnya, ketika seseorang melakukan bisnis online tanpa ilmu yang tepat maka dapat menyebabkan usaha yang dirintis mengalami kerugian. Efek terburuknya adalah usaha akan bangkrut.

Memang, menjalankan usaha bisnis secara online dikategorikan ke dalam usaha yang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti jalan menuju kesuksesan tidak dapat diraih. Anda harus belajar dari setiap pengalaman, sehingga kesalahan dalam online shop tidak akan terulang kembali.

Baca Juga: Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop

Berikut beberapa kesalahan dalam online shop, yang paling sering dilakukan oleh pebisnis pemula ketika sedang merintis usaha:

Penggunaan Media Sosial yang Tidak Maksimal

Kesalahan dalam berjualan online yang pertama adalah ketidakmampuan memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu cara menawarkan produk. Media sosial pada masa kini, tidak hanya diperuntukkan untuk menjalin tali silaturahmi saja. Pergeseran penggunaan media sosial juga berlaku untuk memperluas market atau target penjualan produk yang Anda tawarkan.

Agar bisa menghasilkan uang, fanpage perlu dimonetisasi. Bagaimana monetize fanpage Facebook dapat dilakukan? Simak ulasannya berikut.
Memaksimalkan penggunaan social media bukan berarti berlebihan. Hindari posting yang bersifat spam agar tidak membuat calon konsumen kabur.

Keuntungan menggunakan media sosial sebagai salah satu tempat untuk menjual produk adalah kemudahan akses. Kehadiran internet berhasil memangkas jarak antara penjual dan calon pembeli. Dengan jarak yang berhasil diperpendek, maka target pasar Anda tidak terbatas pada lingkup yang sempit. Melainkan mampu merambah ke seluruh wilayah, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kebanyakan pebisnis online malas untuk mengelola akun media sosial dengan baik. Misalnya, jarang melakukan update produk atau sangat jarang berinteraksi dengan calon pembeli. Ketika Anda rajin melakukan update produk terbaru di akun bisnis pada media sosial yang dimiliki, akan membuat para calon pembeli memiliki pilihan produk yang beragam. Apalagi jika Anda mampu menuliskan caption yang menarik, sehingga siapa pun yang membaca atau melihatnya akan tertarik untuk membeli.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jasa  selebgram atau para influencer lainnya yang memiliki banyak pengikut. Selebgram atau influencer ini akan membantu Anda untuk mengiklankan produk. Tentunya dengan tarif yang beragam, dan dapat dipilih sesuai dengan dana yang dimiliki.

Namun, patut untuk Anda ketahui bahwa memilih selebgram atau influencer juga harus memperhatikan image-nya. Image yang baik, akan menghasilkan citra produk yang positif di mata para target marketing. Dengan terbangunnya citra yang baik, produk memiliki kesempatan besar untuk terjual dalam jumlah yang banyak.

Tidak Mampu Memprediksi Trend

Kesalahan dalam online shop selanjutnya adalah tidak mampu meprediksi trend. Ketidakmampuan memprediksi sebuah trend yang berkembang di dalam masyarakat, dapat membuat online shop tidak mampu bertahan dalam persaingan. Dalam dunia bisnis, terutama yang berhubungan dengan penawaran produk, dapat dikategorikan ke dalam dua jenis. Yakni, produk yang hanya bersifat sementara (booming hanya dalam kurun waktu tertentu) dan produk yang bersifat abadi, misal makanan.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Beberapa barang dagangan seperti fashion dan teknologi harus mengikuti trend. Usahakan selalu meng-update lapak online sesuai dengan trend agar traffic tetap terjaga.

Itu sebabnya, Anda perlu untuk mempelajari trend yang tengah berkembang di masyarakat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan target pasar. Salah satu cara untuk memprediksi trend adalah dengan menggunakan Google Trend. Dengan aplikasi ini, Anda cukup mengetikkan nama produk yang ingin dijual, lalu akan ditampilkan grafik permintaan terhadap produk tersebut. Di bawah ini beberapa tools lainnya dari Google yang bisa dipergunakan untuk produk yang tengah laris di pasaran:

  • Google Keyword Planner Tool

Tool satu ini dapat membantu Anda untuk mengeliminasi kesalahan dalam bisnis online yang berkaitan dengan ide produk yang hendak ditawarkan. Google keyword planner tool akan membantu menemukan ide-ide menarik yang didasarkan pada kata kunci terbanyak yang dicari oleh pelanggan.

Dengan mengetahui kata kunci terbanyak yang paling sering dicari, Anda dapat menemukan produk yang dapat memenuhi keinginan para target penjualan. Sehingga peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online bisa didapatkan dengan mudah.

  • Google Insight

Tool berikutnya yang dapat dimanfaatkan adalah Google Insight. Melalui tool ini, Anda dapat memperoleh informasi secara tepat yang berkaitan dengan trend yang ada di pasaran. Tidak hanya trend pada hari ini saja, melainkan juga trend pada seminggu terakhir atau bahkan sebulan yang lalu. Dengan melakukan teknik optimasi SEO yang tepat, produk yang dijual akan semakin laris di pasaran.

Baca Juga: Memulai Usaha Online dari Nol

Respon yang Diberikan Lambat

Ada beragam karakteristik pembeli di dunia bisnis, salah satunya adalah pembeli yang memiliki sifat ingin segera dilayani. Terkadang dengan respon yang lambat, mereka bisa saja batal melakukan pemesanan. Hal ini juga dapat berimbas kepada kesuksesan online shop yang Anda miliki. Sebenarnya, ini adalah faktor eksternal yang menghambat usaha, namun bukan berarti tidak ada jalan keluarnya.

Untuk mengatasi pelanggan yang ingin dilayani dengan cepat, padahal Anda tengah istirahat atau melakukan hal penting lainnya. Anda dapat memperkerjakan seorang admin yang akan membantu untuk meng-handle pemesanan. Jika kelak online shop berkembang menjadi lebih besar lagi, Anda dapat menggunakan beberapa admin yang dibagi berdasarkan wilayah target market.

Tidak didukung Tim yang Baik

Menangani bisnis online sendirian pada awalnya memang mudah. Namun, jika Anda tidak benar-benar memiliki komitmen tinggi ketika mengurus usaha, maka akan banyak terbengkalai. Dibutuhkan tim yang solid dan memahami pekerjaan dengan baik. Pembagian kerja yang jelas di dalam tim, akan membantu usaha online shop menjadi lebih sukses.

Manajemen tim yang tidak profesional, akan berimbas pada pelayanan yang buruk, dan menghambat kesuksesan bisnis.

Malas Belajar Dari Kompetitor

Apapun jenis usaha yang digeluti, hal pertama yang akan membantu Anda terhindar dari kesalahan dalam online shop adalah tidak malas belajar. Belajar dalam hal ini, tidak hanya berkaitan dengan mempelajari produk yang dijual, namun juga belajar dari kompetitor.

Jalan terlena di zona nyaman, selalu lakukan inovasi agar tidak kalah bersaing.
Jalan terlena di zona nyaman, selalu lakukan inovasi agar tidak kalah bersaing.

Belajar dari kompetitor, bukan berarti bahwa Anda melakukan segala cara untuk menjegal lawan bisnis. Melainkan, mempelajari bagaimana kompetitor menjalankan bisnisnya, menawarkan produk, dan cara menjaring target market yang tepat. Dengan cara ini Anda dapat menemukan formula bisnis atau strategi yang sesuai untuk jenis produk dan target konsumen produk tersebut.

Gampang Menyerah

Kesalahan dalam mengelola online shop berikutnya adalah terlalu mudah menyerah jika usaha tidak berjalan sebagaimana mestinya. Patut untuk Anda tanamkan saat pertama kali memulai usaha adalah mental yang kuat. Ada banyak sekali halangan serta rintangan, ketika hendak memulai dan menjalankan usaha. Tanpa memiliki mental yang kuat, dapat dipastikan pada bukan pertama akan tumbang.

Petakan dengan tepat segala halangan dan rintangan yang Anda hadapi. Tulislah secara  dari masalah kecil hingga besar, kemudian cari solusi yang pas dengan situasi yang dihadapi. Belajar dari pengalaman kompetitor, atau dengan mereka yang telah terlebih dahulu terjun ke dunia usaha, dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan.

Baca Juga: Usaha Jasa Titip vs Online Shop

Beberapa kesalahan dalam online shop dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik dari dalam ataupun luar. Namun, dengan trik dan langkah yang tepat, segala permasalahan dapat diatasi dengan cepat, sehingga meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

2 thoughts on “Kesalahan yang Menghambat Kesuksesan Online Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *