Tips dan Trik Membeli Rumah Cash Maupun Kredit

Memiliki rumah merupakan impian banyak orang, dan akan menjadi kebanggan tersendiri untuk setiap orang yang telah memilikinya. Desain rumah yang indah, tempat berkumpulnya keluarga setelah berlama-lama bekerja ataupun hanya sekedar beritirahat sejenak.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki. Terbukti banyak orang yang belum bisa memiliki rumah yang akhirnya hidup luntang-lantung dijalanan atau harus mengontrak, yang setiap bulan harga sewa bisa semakin melonjak tinggi.

Dengan harga rumah yang dipatok sekarang ini, rasanya banyak yang berfikir bahwa tidak mungkin bisa memiliki rumah idaman tanpa harus mencicil atau kredit. Bahkan bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap pun harus mencicil rumah yang mereka inginkan.

Sayangnya perkataan ini tak selamanya benar. Terbukti ada beberapa orang diluar sana yang bahkan dengan pekerjaannya yang biasa bisa memiliki rumah yang setidaknya tidak jauh dari apa yang mereka idam-idamkan.

Baca Juga: Cara Mudah Ikut Lelang DJKN

Berikut ini ada beberapa tips membeli rumah cash/kredit untuk kamu yang masih memiliki mimpi membeli tempat tinggal untukmu dan keluargamu kelak.

  1. Persiapkan Dirimu

Untuk bisa membeli rumah dengan tanpa hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri kamu terlebih dahulu. Sebelum anda mulai bergerak untuk usaha anda anda harus mempersiapkan mental anda terlebih dahulu.

Karena dengan mental yang kuat anda bisa menerjang semua rintangan yang akan menghalangi anda. selain mental anda juga harus memiliki tekat yang kuat. Memiliki tekat yang kuat memang terkadang sulit karena tekat bisa berubah kapanpun ketika keadaan mulai mendesak anda.

Untuk itu anda harus benar-benar tancapkan tekat anda untuk membeli rumah dengan cash atau kredit dengan pertimbangan yang matang seperti jumlah pinjaman, jangka waktu, dan bunga. Selanjutnya hal penting yang idak boleh terlupakan oleh seluruh umat beragama adalah berdoa. Karena dengan berdoa semua rintangan segala godaan yang akan merayu kita bisa kita taklukkan dengan mudah.

  1. Tentukan Rumah Impian Anda

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan rumah dengan kriteria yang anda inginkan. Supaya mimpi anda menjadi pasti. Setelah anda menentukan rumah yang anda impikan selanjutnya anda harus cari rumah dengan model tersebut untuk kemudian mencari info mengenai berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah tersebut dan masih banyak lagi.

  1. Menjadi Makelar Properti atau Sering Mengunjungi Situs/Forum Jual-Beli

Dengan menjadi makelar rumah anda bisa mengetahui berapa pasaran harga rumah yang anda impikan setiap tahunnya. Dan bukan rahasia lagi bisnis jual beli rumah atau yang biasa dikenal dengan mark-up ini sudah sangat popular.

Contohnya dalam dunia properti, ada begitu banyak rumah yang ditawarkan untuk dijual dan masih banyak juga para pemilik rumah yang mencari makelar rumah supaya bisa mendapatkan pembeli dengan mudah dan terpercaya.

Jika anda berperan sebagai makelar property tak hanya info aja yang bisa anda peroleh tapi juga keuntungan lainnya. Karena perlu anda ketahui bahwa harga rumah untuk setiap tipe, jenis dan lokasinya memiliki harga yang berbeda-beda.

Dengan begitu anda bisa berkoordinasi dengan pemilik rumah mengenai berapa harga rumah yang ingin dijual dan berapa harga yang ingin anda tawarkan pada pembeli.

Baca Juga: Ajukan Pinjaman, Untung atau Rugi?

  1. Berbagi Komisi dengan Developer Rumah

Untuk anda yang mau menjadi makelar rumah anda harus jujur kepada pemilik rumah agar tidak terjadi kesalah pahaman kedepannya yang akhirnya akan membuat rumah yang kamu tawarkan malah tidak jadi dibeli.

Anda harus memberi tahu berapa besar harga yang anda tawarkan sebagai makelar kepada pemilik tanah agar memperoleh kesepakatan. Ini untuk meringankan anda saat bernegosiasi dengan pembeli rumah. Supaya ketika pembeli dan pemilik rumah bertemu untuk menentukan harga bisa sesuai dengan yang anda harapkan.

  1. Mengetahui Secara Detail Informasi Sekitar Rumah

Tips membeli rumah cash/kredit kelima ini bisa dibilang merupakan kunci sukses para pemain propertI. Sebagai makelar anda harus menguasai mengenai seluk beluk wilayah dan lokai rumah tersebut. Upaya anda bisa mendapatkan informasi ecara detail mengenai rumah yang ingin dijual.

Mulai dari berapa harga standarnya, dan lain-lainnya. Ketika anda mengetahui ada harga rumah yang sedanng dibawah pasaran anda bisa langsung menerapkan strategi flip transaction.

Yakni anda hanya langsung menawarkan diri sebagai pembeli rumah yang ingin dijual dengan harga dibawah pasaran tersebut untuk selanjutnya, kemudian mencari penangguhan pembayaran, disitu anda bisa menawarkan rumah tersebut kepada orang lain tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Manfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah produk perbankan yang sangat popular dengan bentk pemberian yang bisa dikatakan Cuma-Cuma oleh pihak bank. Anda bisa memanfaatkan fasilitas perbankan yang satu ini untuk menjadi salah satu trategi dalam membeli rumah tanpa agunan/jaminan.

Proses untuk bisa mendapatkan kredit tanpa agunan ini juga bisa dibilang relative cepat dan mudah jika dibandingkan dengan bentuk kredit yang lainnya. Dana yang bisa anda dapatkan dari KTA ni bahkan bisa mencapai hingga Rp. 200 juta lebih.

Dengan dana yang anda dapatkan dari kredit tanpa agunan ini anda bisa membeli rumah yang sesuai dengan budget anda.

Bingung Mencari Kerja? Silakan pelajari cara menghasilkan uang dari internet yang termudah. Berikut ini beberapa di antaranya.
Selalu berhati-hati dalam mengajukan pinjaman. Pertimbangkan kemampuan finansial termasuk kebutuhan sekunder dan dana cadangan. Sekarang banyak juga aplikasi yang menyediakan pinjaman dengan mudah tanpa jaminan, namun tetap harus memperhatikan klausus perjanjian pinjaman, termasuk besaran bunga pinjaman.
  1. Memanfaatkan Cash Back

Untuk anda yang ragu menggunakan dana KTA anda juga bisa menggunakan dana bank lainnya yang disebut dengan biaya investasi property. Cara untuk mendapatkan dana ini adalah anda harus bisa mencari rumah yang ingin dijual dengan harga dibawah pasaran atau bahkan dibawah likuidasi.

Jika anda bisa mendapatkannya selanjutnya bank akan mengucurkan kredit yang diperoleh dari appraisal. Dan ketika ada selisih dari pinjaman saat transaksi dilakukan atau adanya dana lebih itulah keuntungan yang anda dapatkan. jadi selain mendapatkan rumah anda juga bisa mendapatkan uang.

  1. Menggunan Agunan

Strategi berikutnya  ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki sertifikat tanah yang sah seperti sertifikat tanah, yang bisa anda manfaatkan jika cara-cara sebelumnya tidak bisa membuat anda untuk mendapatkan rumah yang anda inginkan.

Anda bisa menggunakan agunan untuk mengajukan KPR pada pihak bank yang tentunya anda juga akan mendapatkan kredit sesuai dengan nilai sertifikat yang anda miliki tersebut.

  1. Bernegoisasi dengan Penjual Rumah

Setelah anda berhasil mendapatkan dana kredit dari bank, namun jumlah yang dibutuhkan untuk mendapatkan rumah tersebut masih kurang, anda harus pintar bernegoisasi dengan penjual rumah. Untuk bisa membayar kekurangan dana dengan cara bertahap atau bahkan untuk bisa mengurangi harga yang ditawarkan oleh penjual rumah.

Baca Juga: Untuk Apa Menabung Jika Mampu Memutar Uang?

Itulah beberapa tips membeli rumah cash/kredit yang mungkin bisa sedikit membantu anda untuk bisa mendapatkan rumah dengan kredit atau membeli dengan cara cash. Tentunya untuk mendapatkan rumah yang sudah kita  impi-impikan ada begitu banyak cara.

One thought on “Tips dan Trik Membeli Rumah Cash Maupun Kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *