Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop

Dengan terus berkembangnya era digital membuat semakin banyak orang yang terjun dalam bisnis online. Kebanyakan dari mereka tergiur dengan keuntungan yang bisa dengan mudah didapatkan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Dengan banyaknya pebinis yang terjun di dunia online ini membuat para penguaha tersebut harus memiliki strategi dan ide-ide jitu agar toko online yang dimilikinya bisa terus dikunjungi oleh para konsumen. Baik untuk membeli atau pun hanya untuk melihat-lihat.

Meski hal ini belum diketahui secara sadar namun tak membutuhkan waktu lama lagi untuk para pemilik toko online mengembangkan ide-idenya dalam mengembangkan bisnis onlinenya hingga kemancanegara dan bisa bersaing secara sehat dengan pemilik toko online lainnya.

Baca Juga: Usaha Jasa Titip vs Online Shop

Berikut ini adalah tips marketing online shop yang bisa anda pelajari, supaya toko online anda yang sudah ramai atau yang baru akan anda buka bisa terus memiliki banyak pelanggan setia.

  1. Berikon Diskon dengan Batas Waktu

Kebanyakan orang selalu tertarik dengan yang namanya diskon, cara ini bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan omset jual online shopmu. Diskon ini sangat ampuh untuk mengundang perhatian konsumen.

Supaya bisa lebih menarik perhatian lagi kamu bisa memberi batasan waktu pada diskon yang akan kamu sediakan. Kamu bisa menggunakan beberapa strategi yang akan membuat konsumenmu terus setia menggunakan online shopmu untuk melengkapi kebutuhan atau pun keinginan mereka.

Seperti contohnya: selenggarakan diskon pada hari-hari tertentu, atau selenggarakan diskon untuk pelanggan-pelanggan tertentu, sehingga menarik pelanggan lainnya untuk bisa mendapatkan diskon yang kamu berikan.

Diskon ini tidak hanya ditujukan untuk barang-barang yang kurang berkualitas saja. Namun sebaliknya, kamu harus memberikan diskon untuk barang-barang yang berkualitas sehingga bisa menarik pasaran. Dan pastikan juga waktu pemberian diskon ini diketahui secara meluas dari berbagai kalangan.

  1. Gunakan Strategi Upsell dan Paket Penjualan

Strategi upsell yaitu menawarkan barang yang dijual dengan harga yang lebih mahal, namun berisikan produk yang lebih lengkap. Ketika anda menawarkan paket, tunjukkan bahwa jika konsumen membeli paket yang anda sediakan mereka akan mendapatkan lebih lengkap mengenai variasi produk tersebut dengan harga yang lebih murah. strategi yang satu ini juga merupakan salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan penjualan produkmu.

  1. Edukasikan Manfaat dan Kelebihan Produk Anda

Sebagai penjual yang professional  kamu harus bisa mengedukasikan calon pembeli kamu mengenai manfaat dan berbagai kelebihan produk kamu. gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh calon pelanggan kamu, sehingga mereka tertarik dengan produk yang kamu jual.

Kebanyakan kesalahan dari menjual suatu produk adalah kurangnya memberikan informasi mengenai manfaat dan kelebihan produk yang kamu jual. Sehingga konsumen tidak tahu dan kurang berminat untuk membeli atau hanya sekedar melihat produk yang kamu miliki.

  1. Kuat dalam Penawaran Sensasional

Tips marketing online shop yang satu ini adalah cara bagaimana anda bisa merayu atau mengiklankan produk kamu pada konsumen hingga mereka tidak mampu menolak apa yang kamu tawarkan. Kamu harus bisa membuat calon pelanggan merasa rugi jika tidak membeli produk yang kamu jual.

Untuk itu anda harus memiliki komunikasi yang baik dan mudah dimengerti. Konsep penawaran sensasional ini bisa berpijak pada prinsip,

  • Ultimate Advantages yakni memberikan keunggulan terhadap produk yang sejenis yang sudah beredar dipesaran
  • Sensational Offer yaitu membuat penawaran yang menarik agar para calon pembeli berebut untuk memperoleh produk yang satu ini.
  • Powerful Promise, janji yang akan meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita miliki.

Baca Juga: e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

  1. Memberi Pelayanan yang Terbaik

Para penjual atau produsen yang memberikan pelayanan terbaik ini akan memberikan kesan tersendiri untuk para calon pembeli dan konsumennya. Dengan memberikan pelayanan terbaik, kamu akan mendapatkan pembeli yang tidak hanya membeli satu produk anda tapi bisa menjadi pelanggan setia yang selalu menunggu peluncuran produk terbaru kamu.

Tentunya kamu juga akan suka ketika berbelanja ke suatu tempat, dimana penjualnya memiliki keramah tamahan yang membuat kamu menjadi betah untuk berbelanja ditempat itu.

Dan sebaliknya, jika pemilik tempat belanja memiliki pelayanan yang buruk tentu kamu ingin segera pergi dan tidak ingin berbelanja ditempat itu lagi. Untuk itu, jadilah penjual yang cepat tanggap, ramah dan menguasai segala informasi emngenai produk yang kamu jual.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Seperti yang sudah bisa kita rasakan sendiri, jaman ini adalah jaman dimana semua orang melakukan aktivitas secara online. Untuk itu dengan memanfaatkan berbagai akun sosial media yang kita miliki untuk mengiklankan produk yang kita jual maka akan efektif dalam meningkatkan omset penjualan produk yang kita miliki.

Agar bisa menghasilkan uang, fanpage perlu dimonetisasi. Bagaimana monetize fanpage Facebook dapat dilakukan? Simak ulasannya berikut.
Facebook dan Instagram merupakan social media dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Manfaatkan social media ini untuk promosi dan membuat komunitas konsumen.

Atau kamu juga bisa menggunakan strategi marketplace, memanfaatkan tokopedia, bukalapak, dan lainnya untuk menjual dan mengiklankan produk yang anda sediakan. Bisa juga menggunakan manfaat dari forum jual beli seperti FJB kaskus, FJB detik dan masih banyak lagi, supaya konsumen anda semakin meluas dan bertambah.

Dari sekian market place di Indonesia, saat ini sangat mencolok persaingan antara Tokopedia vs Shopee. Seperti apa adu kekuatannya?
e-Commerce Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia merupakan lapak online yang menjanjikan. Ini menjadi penting bagi calon konsumen baru yang masih ragu untuk berbelanja secara online.
  1. Meningkatkan Promosi

Tips marketing online shop berikutnya adalah promosi, yaitu hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh para penjual atau pemilik toko online adalah melakukan promosi.

Tak hanya untuk memperkenalkan toko yang kamu miliki tapi juga untuk memperkenalkan produk-produk anda supaya bisa diterima dengan mudah dikalangan masyarakat.

Dengan promosi kamu bisa membuat bisnismu menjadi lebih besar, dan juga terkenal. Supaya produk kamu lebih dikenal kamu harus gencar dalam melakukan promosi. Untuk meningkatkan omset penjualan kamu juga bisa meminta pertolongan kepada teman kamu agar mereka bisa mempromosikan produk yang kamu jual.

Semakin banyak yang mempromosikan produk dan toko kamu, maka semakin banyak pula calon pembeli yang tertarik dan kenal dengan tokomu. anda juga bisa meng-endorse beberapa artis ternama dan para selebgram untuk terus meningkatkan omset penjualan kamu.

  1. Pelayanan Bebas Ongkir

Sering kali konsumen tidak jadi membeli suatu produk dikarenakn ongkos kirim yang terlalu besar. Untuk itu dengan menetapkan pelayanan bebas ongkir ini kamu bisa menarik konsumen untuk membeli hanya di toko online yang kamu miliki.

Bahkan banyak dari pelanggan yang membatalkan pesanannya hanya karea ongkos ongkir yang terkadang lebih mahal dari barang yang dibelinya. Untuk itu trik pelayanan bebas ongkir ini akan menjadi salah satu trik jitu dalam menarik hati konsumen atau pelanggan.

  1. Memberikan Bonus

Tak hanya diskon saja yang membuat konsumen merajalela. Dengan adanya pemberian bonus untuk setiap pembelian produkmu ini akan membuat toko onlinemu dipenuhioleh pengunjung yang tertarik dengan bonus yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Dalam memberikan bonus sebaiknya kamu memilih bonus dengan harga yang tidak terlalu tinggi tapi unik dan memiliki daya tarik sehingga pelanggan akan tetap terpancing dan membeli produk yang kamu sediakan.

2 thoughts on “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *