Gamer Galau: Gaming PC, PS4, atau Xbox One?

Gaming PC vs PS4 vs Xbox One memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Anda pun bisa memilihnya sesuai kemampuan dan kebutuhan

Kemajuan teknologi memang sudah mengubah banyak sekali kehidupan manusia. Bahkan konsol game saat ini begitu beragam hingga akhirnya muncul perdebatan, gaming PC vs PS4 vs Xbox One, mana yang lebih unggul?

Tentunya jika membandingkan gaming PC vs PS4 vs Xbox One, masing-masing jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan sekalipun judul game yang dimainkan sama, ketiga konsol itu memberikan pengalaman yang berbeda.

Baca Juga: Game Terbaru yang Paling Dinanti di Tahun 2019

Daripada terlalu tenggelam dalam perdebatan gaming PC vs PS4 vs Xbox One, berikut ini akan disajikan ulasannya satu persatu agar Anda bisa menilainya sendiri.

Keunggulan Main Game di PC

Dibandingkan konsol-konsol keluaran Sony, Microsoft atau Nintendo, bermain game di PC dianggap hal jadul oleh sebagian gamer. Namun hal itu tidaklah membuat PC tenggelam dalam persaingan gaming PC vs PS4 vs Xbox One
Komputer (PC) lebih fleksibel. Semua game konsol dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi tertentu yang memadai., PC tentu saja bisa digunakan untuk apa saja disamping gaming.

Dibandingkan konsol-konsol keluaran Sony, Microsoft atau Nintendo, bermain game di PC dianggap hal jadul oleh sebagian gamer. Namun hal itu tidaklah membuat PC tenggelam dalam persaingan gaming PC vs PS4 vs Xbox One. Karena masih banyak keunggulannya seperti berikut ini:

  1. Upgrade Sesuai Budget

Semakin canggih hardware yang Anda pasang dalam PC, kualitas grafis yang disajikan jauh lebih memanjakan daripada PS4 atau Xbox One. Apalagi kalau bicara mengenai spesifikasi PC gamer profesional yang mulai dari monitor, keyboard hingga mouse berharga belasan juta rupiah, jelas membuat persaingan PC gamer vs PS4 vs Xbox One, dimenangkan oleh PC.

  1. Peluang MOD

Diakui atau tidak, daya tarik PC sebagai sebuah mesin gaming jelas pada peluang para gamer PC melakukan Mod. Melalui Mod, para modder ini menyempurnakan kualitas game yang ditawarkan developer sehingga bukan tak mungkin menciptakan gamegame baru. Sebut saja DoTA (Aeon of Strife), DayZ (Arma 2), Shovel Souls (Dark Souls) hingga Counter Strike (Half-Life).

  1. Multitasking

Saat Anda main game dengan konsol, tentu harus fokus ke layar sehingga tak bisa melakukan hal lain. Namun dengan bermain game lewat PC, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan dalam satu monitor sekaligus. Terutama Anda yang sedang bekerja, bisa membagi desktop dengan main game, mendengarkan Youtube serta menulis di Word. Tapi tetap, performa PC harus mumpuni ya!

  1. Game Lebih Murah

Sekalipun ada banyak aksi curang gamer yang membajak gamegame keluaran terbaru, sebetulnya harga jual game asli di PC jauh lebih murah daripada di konsol. Apalagi jika Anda membeli di portal digital seperti Steam atau Origin, selalu akan ada momen diskon besar-besaran.

  1. Eksklusif

Para pemuja konsol game mungkin bisa begitu bangga mengakui sisi eksklusifitas mereka, tapi sebetulnya PC sudah melakukan itu jauh lebih dulu. Apalagi jika bicara mengenai game bergenre MMORPG atau MOBA, tentu dalam hal gaming PC vs PS4 vs Xbox One jelas dimenangkan oleh PC. Karena gamegame rumit sekelas Civilization V atau DOTA 2, hanya bisa dimainkan di PC saja.

Bukan cuma dua genre itu saja, ada banyak sekali gamegame action dengan visualisasi luar biasa yang cuma bisa dinikmati lewat PC. Sehingga para pemilik konsol? Silakan minggir dulu dan gigit jari!

Baca Juga: Laptop Impian Para Gamer, Lebih Mahal dari Motor

Keunggulan Main Game di PS4

Sebagai konsol paling canggih keluaran Sony, PlayStation 4 (PS4) memiliki banyak keunggulan sejak pertama kali dirilis tahun 2013 silam
PS4 sudah cukup lama diproduksi oleh Sony. PS4 memang memiliki konfigurasi grafik yang terbatas, namun harganya tergolong murah.

Nah, jika sebelumnya sudah membahas keunggulan PC sebagai alat bermain game, lantas bagaimana jika disodorkan gaming PC vs PS4? Tentu sangat menarik. Sebagai konsol paling canggih keluaran Sony, PlayStation 4 (PS4) memiliki banyak keunggulan sejak pertama kali dirilis tahun 2013 silam. Simak ulasannya:

  1. Banyak Game Eksklusif

Inilah alasan utama kenapa masih banyak gamer yang merasa memiliki konsol game jauh lebih membanggakan. Yap, ada banyak gamegame eksklusif yang dirilis khusus untuk konsol tertentu. PS4 misalnya, berbagai gamegame raksasa yang bisa dimainkan eksklusif seperti Gran Turismo Sport (2016), Gravity Rush (2016), Street Fighter V (2016) dan Resident Evil VII: Biohazard (2016).

Bahkan jika dibandingkan konsol lainnya yang sama-sama dirilis tahun 2013 yakni Xbox One milik Microsoft, perbandingan PS4 vs Xbox One untuk urusan eksklusifitas dimenangkan oleh PS4.

  1. Mudah Dimainkan

Para gamer setuju jika PS4 punya kontroller yang mudah dipahami karena memang merupakan peningkatan dari versi terdahulu. Jika DualShock milik PS3 banyak dicibir dengan tombol tak nyaman, analog lengket dan kualitas murahan, PS4 terlahir dengan peningkatan desain. Anda pun tak perlu bingung membagi tangan seperti saat bermain di PC, karena konsol PS4 begitu nyaman digenggam.

  1. VR

Bukan hanya PC saja yang menawarkan teknologi Virtual Reality, PS4 juga. Meskipun memang kualitas VR pada PS4 tidak bisa dibandingkan dengan HTC Vive atau Oculus Rift pada PC, headset VR dari PS4 sudah menyajikan pengalaman baik. Beberapa game keren yang bisa dinikmati dengan VR seperti Batman Arkham, Resident Evil VIII dan Farpoint.

Kembali lagi pada pertanyaan, gaming PC vs PS4 vs Xbox One mana yang lebih unggul dalam hal cara bermain? Tentu jelas konsol. Hal ini juga berlaku pada PS4, karena Anda bisa bersantai sambil berbaring di ruang TV untuk bermain. Berbeda dengan PC yang harus duduk tegak di atas kursi.

Keunggulan Main Game di Xbox One

Xbox One merupakan konsol kebanggaan Microsoft. Lantaran merupakan ‘anak’ Microsoft, Xbox One jelas diberkahi hardware yang istimewa. Namun jika dibandingkan PC vs Xbox graphics, tentu PC dengan kualitas gamer profesional lebih baik.
Xbox One diproduksi oleh Microsoft. Kelebihan utama dari Xbox One adalah dari sisi grafiknya yang lebih baik dan smooth berkat spesifikasinya. Namun, harus ditebus dengan harga yang lebih mahal dibandingkan PS4.

Jika PS4 adalah milik Sony, maka Xbox One merupakan konsol kebanggaan Microsoft. Lantaran merupakan ‘anak’ Microsoft, Xbox One jelas diberkahi hardware yang istimewa. Namun jika dibandingkan PC vs Xbox graphics, tentu PC dengan kualitas gamer profesional lebih baik.

Berikut ini adalah sederet keunggulan Xbox One yang bisa bikin Anda tergiur:

  1. Spesifikasi Terbaik

Meskipun punya kapasitas harddisk sama dengan PS4 yakni 1 TB, Microsoft jelas lebih memanjakan Xbox One. Hampir di segala lini, Xbox One jauh lebih unggul seperti kekuatan CPU AMD 8-core berkekuatan 2,3Ghz. Bahkan Microsoft tak segan memasang RAM sebesar 12GB dengan 3GB khusus pada kinerja operasi. Hal ini membuat PS4 vs Xbox One specs, jelas Xbox punya spesifikasi terbaik.

  1. Fitur Kekinian

Bolehlah PC bangga dengan kemampuan multi-tasking. Namun PC vs Xbox bisa dianggap setara karena Xbox One dirancang sebagai all-in-one entertainment. Di mana Anda bahkan bisa berselancar di Youtube atau menonton lewat Xbox One. Sama seperti PC juga, Xbox One bisa memainkan gamegame lawas melalui fitur Backwards Compatibility.

Melalui ulasan di atas, jelas jika membandingkan PC vs Xbox vs PS4 mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda yang lebih menikmati main game di PC, tentu tidak bisa meremehkan kualitas dari konsol. Begitu juga dengan konsol yang sekalipun canggih, jika dibandingkan dari segi harga, maka jelas PC yang sebanding dengan harga sebuah konsol bisa memperoleh kualitas lebih setara.

Baca Juga: Rekomendasi Game Online Terbaik 2018

Beruntung saat ini banyak pengembang game yang menyediakan produk mereka di berbagai platform. Hanya saja untuk pengembang Third Party, mayoritas memilih mengenalkan dulu game mereka di konsol seperti Xbox One atau PS4 sebelum akhirnya merambah di PC. Namun tetap, entah gaming PC vs PS4 vs Xbox One yang Anda pilih, tetaplah main game dengan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *