Menggali Potensi Komputer dengan Overclock

Terdapat 2 cara overlock komputer yang memiliki prosesor AMD. Pertama, overlock dengan menyesuaikan setting BIOS. Butuh info selanjutnya, baca terus artikel ini

Overlock komputer biasanya dilakukan untuk mendapatkan komputer dengan performa dan kinerja yang sangat baik. Walaupun komponen yang digunakan dalam komputer tersebut tergolong komponen yang biasa saja. Dengan melakukan overlock, komputer dapat mencapai kemampuan maksimumnya. Salah satu objek pada proses overlock ini adalah prosesor. Pada dasarnya, tujuan utama dari melakukan overlock adalah agar prosesor VGA serta CPU dapat bekerja secara maksimal dan cepat

Tujuan lainnya dari overlock komputer adalah untuk mengolah aplikasi tanpa membutuhkan biaya yang besar. Sehingga  tidak perlu membeli hardware baru untuk PC atau komputer Anda.

Baca Juga: Tips Overclock CPU yang Efektif dan Aman

Berikut akan dibahas mengenai cara overlock pada komputer yang menggunakan prosesor AMD. Namun, sebelum Anda melakukan proses overlock ini, ada baiknya untuk membaca  pengaturan yang terdapat pada website resmi  AMD. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehilangan garansi yang mungkin saja sewaktu-waktu dibutuhkan. Di bawah ini terdapat dua cara untuk  overlock pada komputer dengan prosesor AMD:

  1. Overlock Dengan Menyesuaikan Pengaturan BIOS
    • Untuk melakukan overlock dengan setting pertama kali yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke BIOS. Untuk dapat masuk ke BIOS dapat dilakukan dengan cara menekan tombol F1-F2-F3 atau dapat pula menekan tombol delete (disesuaikan dengan merek laptop atau komputer yang digunakan).
    • Pilih dan klik tombol tab menu, lalu pilih opsi pengaturan.
    • Kemudian aktifkan opsi CPU Host Click Controller yang ada pada menu setting Lalu naikkan frekuensi CPU menjadi lebih tinggi 5 persen, kemudian tekan tombol SIMPAN.
    • Lakukan restart pada perangkat Anda untuk melihat kestabilan laptop atau komputer yang dimiliki.
    • Jika stabil, ulangi lagi langkah tersebut dan naikkan frekuensi CPU menjadi lebih tinggi dari sebelumnya yaitu sekitar 20 persen.
    • Apabila dalam proses tersebut terdapat crash atau layar tiba-tiba menjadi berwarna biru, lakukan shut down dengan segera. Lalu turunkan frekuensi CPU menjadi 5 persen.
Tips overclock CPU adalah cara meningkatkan kinerja komputer yang paling mudah dan aman. Sangat penting bagi Anda yang suka main game.
Overclock membuat CPU bekerja lebih keras sehingga kemampuannya meningkat. Beban kerja yang berlebihan harus diimbangi dengan sistem pendinginan yang memadai.
  1. Proses Overlock Dengan Overdrive (AMD)
    • Sebelum melakukan overlock menggunakan Overdrive, terlebih dahulu unduh dan install Jangan lupa untuk membaca secara saksama dokumentasi software yang tersedia untuk menghindari kesalahan-kesalahan.
    • Pastikan mengikuti semua instruksi yang terdapat pada buku manual petunjuknya. Sesuaikan parameter atau nilai clock speed processor yang direkomendasikan oleh AMD.
    • Kemudian lakukan testing selama +/- 12 jam dengan menjalankan software testing. Jika perlu diadakan perubahan setting overlock tersebut pastikan untuk memperhatikan kestabilan laptop atau komputer.
    • Jika laptop atau komputer tetap dalam kondisi stabil, makan proses overlock telah berhasil dilakukan.

Manfaat Overlock Pada Komputer

Berikut beberapa potensi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan proses overlock pada laptop atau PC (komputer):

  • Membantu meningkatkan proses atau kinerja laptop atau komputer
  • Membantu memaksimalkan penggunaan ruang RAM yang berhubungan dengan memori internal, VGA, dan prosessor. Selain itu juga mampu meningkatkan kemampuan pada motherboard.
  • Mencegah lag atau tampilan gambar yang patah-patah, atau memperbaiki grafik game yang sedang Anda mainkan. Dengan melakukan overlock Anda dapat merasakan pengalaman bermain game yang nyaman dan menyenangkan.
  • Kecepatan transfer pada media, baik dari PC ke PC atau ke media lainnya menjadi lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk memindahkan file atau berkas penting.

Baca Juga: Penyebab Komputer/Laptop Semakin Lemot dan Solusinya

Demikian beberapa cara overlock komputer yang menggunakan prosesor AMD. Selain memberi manfaat, overlock juga dapat menimbulkan kerugian jika tidak dilaksanakan dengan benar. Anda patut mewaspadai tingginya suhu pada PC atau Laptop yang Anda miliki, agar perangkat yang dimiliki dapat berumur panjang.

One thought on “Menggali Potensi Komputer dengan Overclock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *