Ini, Cara Ikut Lelang DJKN Dengan Mudah dan Tepat

Ada 12 langkah cara ikut lelang DJKN. Sign up, melakukan pendaftaran, username, kode aktivasi. Simak  kelanjutannya di artikel ini

Bagi Anda yang belum mengetahui cara ikut lelang DJKN yang mudah, ada baiknya untuk terus menyimak artikel ini. Di sini akan dibahas mengenai cara yang tepat, mudah, dan gampang untuk ikut lelang yang diadakan oleh DJKN. Seperti diketahui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merupakan salah satu eselon yang ada pada Kementerian Keuangan. Salah satu kegiatan yang dilakukan  eselon ini adalah melaksanakan lelang yang sesuai dengan kebijakan Menteri Keuangan. Bahkan, DJKN juga bekerja sama dengan beberapa bank.

Cara ikut lelang DJKN  bisa dilakukan via online. Artinya  tidak perlu hadir di lokasi, cukup  melakukan penawaran di internet. Di bawah ini beberapa syarat untuk dapat mengikuti lelang  online di portal resmi DJKN dengan domain http://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id/ :

  1. Jika Anda belum terdaftar pada domain tersebut di atas, maka lakukanlah pendaftaran terlebih dahulu. Isi beberapa kolom yang tersedia di alamat tersebut dengan informasi yang benar, dan pastikan untuk menggunakan email yang masih aktif.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan kode aktivasi yang akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya. Kode aktivasi itu berfungsi untuk mengaktifkan username.
  3. Setelah username yang didaftarkan aktif, Anda dapat memilih objek yang dilelang pada katalog yang telah tersedia di laman resmi.
  4. Jika telah memilih objek lelang yang dinginkan, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor identitas/KTP dan NPWP yang masih berlaku. Setelah itu lanjutkan dengan mengunggah foto KTP dan NPWP.
  5. Kemudian daftarkan nomor rekening yang dimiliki dan harus sesuai dengan nama peserta lelang. Rekening bank ini akan dipergunakan jika perlu untuk dilakukan pengembalian uang jaminan yang tidak ditetapkan sebagai pemenang lelang.
  6. Setelah melakukan langkah tersebut di atas, Anda akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA). Nomor Virtual ini dapat ditemukan pada menu STATUS LELANG sesuai dengan username masing-masing.
  7. Jika uang jaminan telah diterima, dan peserta tidak termasuk dalam daftar BLACKLIST, maka akan diberikan kode token melalui email. Kode token ini berfungsi untuk melakukan penawaran terhadap objek lelang yang diinginkan. Uang jaminan yang disetorkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), diterima paling lambat satu hari sebelum lelang dilaksanakan.

Untuk metode pembayaran uang jaminan, dapat dilakukan melalui ATM, sms-banking, i-banking, atau teller. Pastikan Anda mengirim uang jaminan ke nomor Virtual Account yang telah diberikan.

  1. Anda dapat melakukan penawaran atau bid pada menu STATUS LELANG. Sebelum mengikuti lelang, peserta wajib menyetujui syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  2. Seperti diketahui pemenang lelang adalah peserta yang berhasil menawar sebuah objek lelang dengan penawaran tertinggi. Penawaran ini dapat dilakukan sebelum lelang dinyatakan ditutup atau berakhir (closing time)
  3. Jika batas waktu yang ditentukan telah berakhir, maka penawaran lelang dari peserta akan direkapitulasi. Hasil rekapitulasi ini akan dikirim ke setiap email peserta lelang.
  4. Peserta lelang yang telah memenangkan lelang akan menerima pemberitahuan melalui email yang berisi hak dan kewajiban. Hal ini juga berlaku bagi para peserta lelang yang kalah.
  5. Jika ada hal-hal yang memerlukan respon langsung, maka akan diproses pada hari kerja KPKNL.

Demikian cara ikut lelang DNJK yang dapat Anda lakukan secara online, tanpa harus disulitkan dengan hadir langsung ke tempat pelelangan. Pastikan untuk mengikuti langkah tersebut di atas dengan tepat dan runut, untuk mempermudah mengikuti lelang dan mendapatkan properti yang diinginkan.

One thought on “Ini, Cara Ikut Lelang DJKN Dengan Mudah dan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *