Menggali Potensi Smartphone dengan Melakukan Root

8 manfaat root smartphone. Memblokir iklan, bantu back up data, menghemat baterai ponsel. Simak 5 manfaat lainnya di sini.

Root smartphone adalah proses penghilangan batasan agar pengguna ponsel dapat memiliki kendali sekaligus akses penuh pada smartphone. Untuk smartphone Android, proses penghilangan batasan ini sangat dimungkinkan lantaran sistem operasinya yang open source. Akses yang dilakukan pada perangkat ponsel Android ini memang mempunyai beberapa manfaat.

Baca Juga: Perlukah Melakukan Root pada Smartphone?

Berikut beberapa manfaat bisa digali dengan melakukan root smartphone pada ponsel Anda:

  • Ponsel Menjadi Lebih Cepat

Pada saat melakukan proses rooting pada smartphone, Anda juga dapat melakukan overlock Android yang memiliki manfaat besar untuk ponsel. Adapun manfaatnya adalah mampu mengoptimalkan kinerja pada hardware. Dengan hardware yang mampu bekerja secara optimal, maka smartphone dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan dan cepat. Beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih untuk melakukan proses overlock pada smartphone, salah satunya adalah SetCPU.

  • Dapat Meng-install Game Tertentu

Biasanya, ada beberapa jenis permainan di ponsel yang mengharuskan agar perangkat di-root terlebih dahulu. Sehingga ketika proses root telah selesai Anda lakukan, game dengan tampilan HD atau 3D dapat diunduh ke dalam smartphone.

  • Dapat Membuang Aplikasi Bawaan

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi bawaan yang terdapat pada ponsel dapat dihapus. Padahal bisa saja Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, atau justru keberadaannya malah mengurangi space memory yang diperlukan. Dengan melakukan proses rooting pada smartphone, aplikasi bawaan yang tidak dipergunakan dapat dihapus secara permanen atau dipindahkan ke SD Card.

Proses rooting ini akan berimbas kepada ketersediaan memori internal yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Sehingga Anda dapat menyimpan aplikasi yang dibutuhkan atau yang diinginkan. Selain itu ponsel juga dapat bekerja dengan lebih cepat jika memori tidak terlalu penuh.

Tips belajar Admob membuat akun & kode. Buat aplikasi Android bentuk E-Book. Maksimalkan penghasilan yakni pilih dan aktifkan iklan.
Beberapa aplikasi bawaan smartphone tidak dapat di-uninstall secara langsung. Dengan melakukan root, aplikasi yang tidak dibutuhkan dapat dihilangkan dari ROM.
  • Memilih ROM Sesuai Keinginan

Manfaat rooting smartphone berikutnya adalah opsi custom ROM yang bisa diunduh setelah ponsel melalui proses root. Tidak hanya custom ROM saja, namun ponsel yang telah di-root juga memiliki tampilan yang bervariasi dan berbeda di.bandingkan dengan smartphone lainnya.

  • Memblokir Iklan

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda dapatkan pasca rooting ponsel adalah kemudahan untuk memblokir iklan. Untuk Anda yang tidak merasa nyaman ketika tengah asyik bermain game, kenikmatan terganggu diakibatkan munculnya iklan disela-sela permainan. Dengan melakukan root pada smartphone, hal yang mengganggu tersebut dapat teratasi dengan sangat mudah.

  • Menghemat Baterai Ponsel

Salah satu cara untuk menjaga baterai ponsel agar tetap dalam kondisi prima, Anda dapat melakukan kalibrasi. Cara ini hanya bisa diterapkan pada ponsel yang telah melalui proses rooting. Biasanya baterai smartphone akan lebih hemat dua kali lipat jika dibandingkan dengan performa sebelumnya.

  • Meningkatkan Performa Prosesor

Salah satu komponen utama pada smartphone adalah prosesor. Dengan prosesor yang bekerja sangat baik proses operasi aplikasi menjadi mudah dan cepat. Terlalu banyak aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall dapat membebani prosesor.

  • Membantu Proses Back Up Data

Proses rooting juga memiliki manfaat untuk kemudahan dalam mencadangkan data dan file. Sehingga jika saja terjadi error pada smartphone atau ada aplikasi yang tidak sengaja terhapus, tidak perlu repot-repot untuk mengunduh kembali. Hal ini dimungkinkan lantaran file dan data penting telah di-backup  sebelumnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Root Android Terbaik

Manfaat root smartphone lainnya adalah untuk membuka fitur atau file tersembunyi yang sebelumnya tidak dapat Anda akses. Biasanya ini berguna bagi para gamer yang memerlukan cheat games yang sedang dimainkan. Proses rooting juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan password WiFi yang disembunyikan. Cukup banyak bukan potensi yang bisa didapatkan dari melakukan root?

2 thoughts on “Menggali Potensi Smartphone dengan Melakukan Root

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *