Penghasilan Adsense Turun di Awal Tahun?

Penyebab penghasilan Adsense turun awal tahun tidak hanya tergantung pada pihak pengiklan saja. Apa saja penyebab lain itu?

Google Adsense merupakan layanan penyedia iklan dan menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para blogger. Akan tetapi, di setiap pergantian tahun terjadi penurunan harga CPC (Cost per Click) yang menyebabkan penghasilan adsense turun awal tahun. Nah, mengapa hal ini terjadi? Berikut ulasannya.

Setiap awal tahun, banyak blogger yang mengeluhkan penghasilan adsense menurun secara dratis. Awal tahun, earning adsense akan turun karena pengiklan akan melakukan pause atau stok pasang iklan sementara di Google Adsense. Hal ini dikarenakan pihak pengiklan juga sedang melakukan promo produk besar-besaran dan di akhir tahun menjadi waktu penghabisan untuk membayar jasa sewa iklan.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan Pasif dari Google Adsense

Mengapa Penghasilan Adsense Turun di Awal Tahun?

Ada beberapa hal yang menyebabkan penghasilan adsense Anda turun di awal tahun. Hal ini tidak hanya terjadi pada satu blogger saja, tetapi juga terjadi pada seluruh blogger yang menayangkan iklan di situsnya.

Penghasilan yang menurun diakibatkan pada penurunan CPC Adsense yang biasa terjadi setiap awal tahun dan selalu berulang setiap tahunnya. Pihak pengiklan akan mengurangi jatah dana iklan di bulan berikutnya, karena biasanya pihak pengiklan menggembungkan dana untuk melakukan promo besar di akhir tahun.

Pihak pengiklan bebas menentukan dana iklan yang akan dipasang. Jika biasanya pihak pengiklan akan mengeluarkan dana sebesar 1 juta setiap hari untuk jasa iklan, maka di awal tahun akan diturunkan sebesar 500 ribu dalam sehari. Meskipun jumlah visitor blog tetap banyak, tetapi jika jumlah iklan yang tampil sedikit akan mempengaruhi harga CPC dari Adsense. Hal inilah yang membuat penghasilan Adsense turun awal tahun.

Penghasilan Adsense Turun di Awal Tahun

Jika penghasilan Adsense Anda turun di awal tahun, Anda tidak perlu khawatir karena beragam faktor menjadi pencetus berkurangnya jumlah penghasilan Adsense Anda. Selain tergantung dari jumlah dana pihak pengiklan, ada juga faktor pengaturan blog yang mengurangi penghasilan Adsense.

1. Berkurangnya Jumlah Visitor

Adanya penurunan jumlah pengunjung blog menjadi salah satu sebab berkurangnya penghasilan Adsense Anda. Di awal tahun ketika traffic blog meningkat akan mengalami penurunan penghasilan karena nilai CPC turun. Apalagi jika traffic turun dan nilai CPC yang rendah akan mengurangi penghasilan Adsense di awal tahun.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memperbanyak jumlah postingan di awal tahun. Membidik kata kunci yang nilai CPC-nya tinggi akan mendongkrak penghasilan Adsense di awal tahun.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Kadang, penghasilan adsense tetap menurun meskipun traffic sedang meningkat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh turunnya CPC dan RPM akibat banyaknya pengiklan yang masih belum gencar promosi di awal tahun berjalan.

2. Salah Template Blog

Selain penurunan harga CPC, penurunan penghasilan Adsense juga dipengaruhi oleh jumlah CTR (link yang diklik). Adanya template blog yang besar akan membuat pengunjung lebih memperhatikan isi artikel dibanding dengan iklan yang ada dalam situs Anda. Sehingga pengunjung akan mengabaikan dan tidak mengklik iklan dan membuat penghasilan Adsense Anda menurun.

3. Iklan Tidak Relevan dengan Topik Blog

Beberapa iklan yang tidak relevan dengan topik yang Anda bahas di blog akan mengurangi jumlah pengunjung yag mengklik iklan tersebut. Hal ini dikarenakan tidak ada ketertarikan pengunjung terhadap iklan yang tampil di blog, sehingga menyebabkan penurunan penghasilan Adsense Anda.

4. Penggunaan Add-Ons Pemblokir Iklan (Adblock)

Adanya software pemblokir iklan dapat menyebabkan penghasilan blog Anda berkurang. Hal ini dikarenakan iklan pada blog Anda dihalangi oleh software adblock, sehingga pengunjung tidak dapat melihat iklan yang tampil.

Baca Juga: CTR Google Adsense Tinggi. Berbahayakah?

Nah, itulah beberapa penyebab penghasilan Adsense turun awal tahun. Meskipun kondisi ini akan menurunkan penghasilan Adsense, Anda dapat mengatasi beragam tersebut dengan mengetahui penyebab turunnya hasil Adsense Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *