9 Software Keren untuk Membuat Aplikasi Android

9 software membuat aplikasi Android yakni Eclipse, Andromo, AppsGeyser, Appypie,MIT App Inventor. Mau tahu selengkapnya?

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai software membuat aplikasi Android, ada baiknya untuk mengetahui sejarah singkat sistem operasi ini. Meskipun pada awalnya Android diperuntukkan bagi kamera digital, namun karena pasar perangkat kamera tersebut tidak terlalu ramai. Maka, Android pun dialih fungsikan penggunaannya untuk smartphone. Hingga kini telah tercatat 15 model sistem operasi milik Android, yang paling terakhir adalah Oreo yang rilis pada tahun 2017.

Tips Membuat Aplikasi Android

Sebelum membahas daftar software membuat aplikasi Android, berikut beberapa syarat untuk membuat aplikasi Android yang bagus:

  • Menggunakan Alpha Beta Testing

Sebelum aplikasi diluncurkan, ada baiknya untuk menguji aplikasi kepada pengguna khusus. Jika aplikasi mendapatkan tanggapan yang bagus, maka dapat dipastikan aplikasi tersebut akan laris di pasaran.

  • Memakai Material Design

Material Design merupakan acuan sebuah desain aplikasi mobile yang baik. Bahkan, penggunaan Material Design akan meningkatkan jumlah pengguna aplikasi di atas tiga kali lipat.

  • Melakukan Penyesuaian dengan Karakter Pengguna

Developer haruslah menciptakan aplikasi yang disesuaikan dengan karakteristik penggunanya. Misalnya, para pengguna ponsel di Indonesia kebanyakan memakai smartphone dengan ruang penyimpanan yang kecil. Maka, para developer haruslah menyiapkan aplikasi yang tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

  • Memanfaatkan Google Sign In

Google Sign In dapat dipergunakan untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi. Anda cukup memakai layanan yang tersedia pada Google untuk menawarkan aplikasi mobile yang dimiliki. Dengan menggunakan cara ini jumlah pengunduhan aplikasi dapat meningkat hingga mencapai 40%.

  • Memasang Tarif Murah

Untuk memperoleh penghasilan yang melimpah dari berbagai aplikasi Android yang dibuat, ada baiknya Anda mematok tarif murah. Dengan tarif yang murah akan menjadi salah satu langkah promosi agar aplikasi yang diciptakan dapat dipergunakan oleh banyak user.

Berbagai rekomendasi game online terbaik 2018 berikut dapat Anda mainkan di smartphone android ataupun PC.
Membuat aplikasi android tingkat tinggi seperti game dengan grafik yang bagus dan kompleks membutuhkan keahlian dan kerja sama tim.

Baca Juga: Tips Belajar Admob dari Nol dengan Mudah dan Cepat

Daftar Software Membuat Aplikasi Android

  1. Eclipse

Ketika menggunakan software membuat aplikasi Android ini, Anda tidak akan dikenai biaya alias gratis. Eclipse merupakan piranti lunak Integrated Development Environment yang dapat digunakan di banyak platform-independent. Sebut saja Microsoft Windows, Linux, AIX, HP-UK, Mac OS X, dan Solaris.

Meskipun perangkat lunak ini dikembangkan dengan menggunakan Java sebagai Bahasa pemrogramannya, Eclipse juga dapat digunakan pada aplikasi dengan model bahasa pemograman lainnya. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas siklus pengembangan pada piranti lunak seperti tes perangkat lunak atau pengembangan web.

Keunggulan Eclipse selain aplikasinya yang tidak berbayar adalah software-nya yang termasuk kategori open source. Artinya bahwa siapapun dapat melihat kode pemrograman pada software ini dan dapat pula melakukan pengembangan aplikasi dengan komponen plug-in.

  1. Andromo.com

Andromo adalah aplikasi yang mengizinkan untuk membuat aplikasi tanpa harus menggunakan coding. Dengan menggunakan software ini, akan sangat mudah sekali untuk membuat aplikasi Android yang bisa ditawarkan di GooglePlay. Keunggulan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara gratis.

Jika Anda ingin membuat aplikasi yang berhubungan dengan kontak informasi, HTML 5 javascript, map navigasi, PDF, podcas, dan lainnya sebagainya. Dengan menggunaka Andromo, segaka macam template telah tersedia secara lengkap. Anda hanya perlu untuk melakukan perubahan di beberapa bagian saja. Dengan menggunakan Andromo, membuat berbagai tampilan Android yang sesuai dengan keinginan sangatlah mudah, karena tidak memerlukan skill penunjang khusus.

  1. AppsGeyser.com

Untuk menggunakan software pembuat aplikasi Android ini, Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Dengan menggunakan AppsGeyser membuat aplikasi Android, showcase, dan game Android juga tidak memerlukan keahlian coding secara khusus. Hal ini dikarenakan pada software ini telah tersedia berbagai macam template yang dapat digunakan membuat aplikasi web, messenger atau browser. Anda hanya perlu untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu, sebelum dapat menggunakan software ini.

  1. Appypie

Sebelum menggunakan software ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Jika proses mendaftar selesai selanjutnya adalah memilih aplikasi yang hendak dibuat. Dengan memakai Appypie, Anda dapat membuat aplikasi untuk iPhone, Android, window, dam fire OS. Cukup dengan melakukan tahapan membuat aplikasi melalui proses selection, design, dan build.

Software satu ini dapat digolongkan sebagai software terkomplit dengan berbagai macam pilihan fitur yang telah disediakan. Selain itu memakai Appypie, dapat pula memilih market place yang akan menjadi target.

Baca Juga: Android vs iOS

  1. MIT App Inventor

Pada awalnya aplikasi MIT App Inventor adalah software gratis yang dikembangkan oleh Google berbasis web. Ketika menggunakan software membuat aplikasi Android  tidak memerlukan keahlian coding atau bahasa pemrograman.

Ada 4 kemudahan yang diberikan oleh software ini yakni tersedianya menu yang berisikan tutorial penggunaan MIT App Inventor. Kemudahan berikutnya adalah adanya fitur ‘Teach’. Fitur ini digunakan saat Anda hendak menjadi pengajar ketika sudah mahir menggunakan software ini. Menu forum diskusi secara langsung dan dapat segera memulai membuat aplikasi adalah kemudahan lainnya yang dimiliki oleh MIT App Inventor.

Agar tidak hanya penuh dengan game, berikut apk android populer yang berguna bagi Anda.
Aplikasi Android dapat dibuat dengan berbagai software pembuat apk atau aplikasi web based yang bisa digunakan dengan mudah melalui browser.
  1. GoodBarber

Software satu ini hanya dapat digunakan secara gratis selama 30 hari, setelah itu Anda harus membayar ketika ingin memakainya. Membuat aplikasi Android dengen menggunakan GoodBarber hanya membutuhkan 4 langkah saja, yakni:

  1. Memilih desain
  2. Melakukan penambahan content
  3. Melakukan pengecekan result
  4. Publish aplikasi

Di dalam software ini disediakan berbagai jenis tema yang menarik dan modern yang didasarkan pada beberapa kategori yang dikehendaki. Bahkan software  ini juga dapat dikoneksikan dengan bebagai platform media sosial.

  1. Shoutem.com

Anda tidak membutuhkan kemampuan coding yang rumit ketika membuat aplikasi Andorid dengan menggunakan software online satu ini. Dengan fitur CMS yang tersedia dapat menghasilkan tampilan aplikasi yang sangat indah. Membuat aplikasi dengan Shoutem juga dapat menambahkan berbagai tampilan lainnya. Di antaranya adalah iklan, konten, event, info tentang bisnis, katalog, e-commerce, dan push.

Keunggulan software satu ini dibandingkan dengan software lainnya adalah adanya fitur re-publish untuk mempublikasikan ulang aplikasi yang telah di-launching. Anda juga dapat melakukan update untuk aplikasi yang telah di-publish.

  1. AppMachine

Perlu diketahui bahwa software satu ini hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi iOS dan Android saja. Menariknya, pada tampilan, fitur, serta desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari para pengguna software ini. Ada berbagai macam pilihan untuk mulai membuat aplikasi yakni Plus App, Pro App, reseller bundle, dan reseller bundle XL. Setelah melakukan publish, Anda dapat melakukan promosi melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

  1. Appclay

Untuk menjalankan software ini tidah diperlukan keahlian coding atau kemampuan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk Anda yang menginginkan membuat aplikasi bisnis, maka dapat membuat fitur keranjang belanja.

Jika ingin memberikan tambahan fasilitas musik dan video pada aplikasi, dengan menggunakan software ini pun sangat mudah. Selain itu juga dapat dihubungkan dengan berbagai platform media sosial yang dimiliki.

Baca Juga: Apk Android Kekinian yang Wajib Diinstall di Smartphone

Demikian 9 software membuat aplikasi Android yang dapat dipakai secara gratis ataupun berbayar. Pemilihan software tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Pastikan untuk melakukan langkah promosi yang tepat, agar aplikasi yang di-publish dapat mendatangkan keuntungan yang memuaskan.

3 thoughts on “9 Software Keren untuk Membuat Aplikasi Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *