Tips Belajar Admob dari Nol dengan Mudah dan Cepat

Tips belajar Admob membuat akun & kode. Buat aplikasi Android bentuk E-Book. Maksimalkan penghasilan yakni pilih dan aktifkan iklan.

Untuk Anda yang ingin menghasilkan dollar secara online, haruslah mengetahui tips belajar Admob yang tepat. Seperti diketahui Admob adalah sebuah perusahaan iklan secara mobile yang telah diakuisisi oleh Google dengan nilai $750 juta. Admob juga merupakan sebuah situs platform yang terbesar di bidang dunia periklanan mobile. Perusahaan ini juga melayani klaim lebih dari 40 milliar banner mobile dan iklan teks di setiap bulannya.

Melalui platform ini Anda dapat menghasilkan uang dengan cara memunculkan iklan di samping konten aplikasi yang dimiliki. Bahkan, pada platform ini tampilan dan style iklan dapat disesuaikan dengan aplikasi yang dimiliki. Sebelum membahas tentang tips belajar Admob, ada baikknya untuk mengetahui mekanisme platform satu ini.

Baca Juga: Youtube vs Blog, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Adsense vs Admob

Mekanisme platform ini berbeda dengan Adsense. Adsense adalah platform yang diperuntukkan bagi situs-situs web yang terdaftar sebagai mitra Google. Nantinya, iklan-iklan yang telah dibuat akan ditampilkan pada situs yang telah memakai script adsense. Biasanya jika iklan tersebut berasal dari Google Adsense, maka akan tertulis “Iklan By Google”.

Dengan menampilkan iklan YouTube, maka Anda akan mendapatkan pembagian penghasilan dari setiap iklan yang ditayangkan di website ataupun YouTube. Mekanisme kerja Google Adsense ini adalah pada saat seseorang mengklik iklan. Jika iklan diklik, maka Anda akan mendapatkan pembayaran yang diterima Google dengan pembagian 68% untuk developer dan 32% untuk Google.

Sementara untuk Google Admob, setiap pengembang atau publisher, ikut serta dalam memunculkan iklan Google di setiap aplikasi mobile yang dibuat. Maka akan memperoleh bayaran yang didasarkan pada setiap iklan yang diklik. Hanya saja pada membutuhkan skill pemograman yang cukup rumit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di sini akan dibahas secara tuntas mengenai tips belajar Admob yang cepat dan tepat

Buat Akun Admob

Lantas, bagaimana cara memulai menghasilkan dollar melalui Admob? Simak langkah berikut ini:

  • Mendaftar Google Admob. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di Admob yakni di alamat website https://admob.google.com/.
  • Langkah kedua adalah Sigh In pada website Anda dapat menemukan tombol sign in di sisi kanan bawah ketika membuka web tersebut.
  • Setelah sign in diklik, kemudian pilih opsi sign in with my google account. Kemudian masukan email yang Anda miliki.
  • Setelah itu masukan data pribadi ke dalam kolom yang kosong. Adapun data pribadi yang diminta adalah negara, nama dan alamat lengkap yang sesuai denganKTP, dan nomor telepon yang masih aktif. Untuk kolom Account Type, isi dengan pilihan Individual.
  • Pilih opsi Customized help and performance, etc.
  • Setelah itu klik Continue
  • Kemudian pilih Waktu dan Billing Curency, lalu tekan
  • Centang opsi I have read and agree to abide by the Program Policies and Term Condition, etc.
  • Lalu klik create Admob account lalu klik Start Using Admob.
  • Dan terakhir klik Get Started, dan akun Admob Anda telah selesai dibuat.
Agar tidak hanya penuh dengan game, berikut apk android populer yang berguna bagi Anda.
Dengan memasukkan kode admob pada aplikasi android yang kita buat, iklan dari Google Adsense akan muncul pada aplikasi tersebut.

Kode Admob

Langkah selanjutnya setelah membuat akun Admob adalah membuat kode Admob. Kode ini nantinya akan diletakkan ke dalam aplikasi Android yang hendak dibuat.  Berikut langkah-langkah membuat kode Admob:

  • Log in ke akun Admob, lalu pilih Monetize
  • Kemudian pilih Add Your App Manually. Kemudian masukkan nama aplikasi sesuai dengan yang Anda inginkan, lalu ganti platform-nya ke Android, kemudian klik Add App.
  • Langkah berikutnya adalah Select ad Format and Name ad Unit. Perlu untuk diketahui ada dua jenis pilihan iklan yang bisa ditampilkan yaitu Banner dan Interstitial. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, dan klik opsi Kode Admob telah jadi.
  • Setelah itu copy kode ke dalam notepad, lalu simpan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Langkah Membuat Aplikasi Android Dalam Bentuk E-Book

Tips belajar Admob berikutnya adalah membuat aplikasi Android dalam bentuk E-Book. Perlu untuk diketahui bahwa untuk membuat aplikasi dalam bentuk E-Book, harus memiliki software Android Magazine App Maker. Anda dapat mengunduh software pada website tersebut, kemudian lanjukan dengan meng-install ke komputer. Setelah aplikasi terinstal, langkah berikutnya adalah:

  • Buka aplikasi, kemudian pilih jenis aplikasi yang hendak dibuat apakah menggunakan wallpaper atau E-Book. Jika memilih wallpaper, tekan opsi image, dan untuk E-book tekan opsi Pdf.
  • Klik opsi Configuration untuk melakukan perubahan pada cover E-Book. Dapat pula Anda tambahkan nama blog, author ataupun contact sesuai dengan yang Anda inginkan. Ketika mengganti tampilan Cover pastikan untuk mengubah file ke png. Kemudian samakan ukurannya dengan default cover yang telah dipilih.
  • Pilih Build Magazine, kemudian pilih default Klik Next.
  • Kemudian buat Keystore, lalu centang bagian atas.
  • Isi kolom Magazine Name, Package Prefix, kemudian masukkan kode Admob yang telah disimpan di notepad sebelumnya, lalu klik
  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa file apk telah selesai dibuat, lalu klik
  • Setelah itu copy file apk yang telah jadi lalu masukkan ke dalam penyimpanan Andoid dan Aplikasi yang Anda buat telah siap untuk diedarkan ke market Android seperti Google Play.

Mengoptimalkan Admob

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan Admob:

  • Pilih dan gunakan format iklan yang tepat

Ada 3 format iklan yang bisa dipilih, yakni Banner, Interstisial, dan Video Reward. Untuk format iklan Banner, bekerja dengan sangat baik pada berbagai aplikasi dan tidak membutuhkan space yang luas dan banyak. Mayoritas pengguna biasanya menghabiskan waktu pada halaman menu, kontak, dan pengiriman pesan. Sehingga interaksi pengguna dengan iklan cukup tinggi.

Untuk format iklan Interstisial adalah format iklan penuh dan muncul pada masa transisi atau jeda. Model iklan ini juga mendukung penggunaan konten video sehingga sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi pengiriman pesan atau game.

Format berikutnya adalah Video Rerward yang bagus untuk memonetisasi pengguna yang tidak dipungut biaya, karena memberikan hadiah/reward kepada penonton iklan. Format iklan ini sangat bagus untuk ditempatkan pada game.

  • Aktifkan semua jenis iklan

Dengan mengaktifkan semua jenis iklan berupa teks, gambar, atau video akan meningkatkan penghasilan Anda. Sementara membatasi jenis iklan yang tayang justru akan menyebabkan penuruan penghasilan.

  • Minimalisir Kategori Pemblokiran

Pada saat Anda menginzinkan semua jenis/kategori iklan untuk ditayangkan maka penghasilan akan berpotensi mengalami peningkatan. Selain itu juga membantu meningkatkan RPM rata-rata. Anda juga dapat menonaktifkan subkategori tertentu tanpa harus melakukan pemblokiran secara berlebihan.

Baca Juga: Apk Android Kekinian yang Wajib Diinstal di Smartphone

Demikian langkah-langkah dan tips belajar Admob secara detail dan tepat. Mengetahui langkah yang tepat dapat membuat Anda meraup dollar dalam jumlah yang banyak, tanpa harus bersusah-payah. Selamat mencoba!

6 thoughts on “Tips Belajar Admob dari Nol dengan Mudah dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *