Desain Grafis: CorelDraw vs Adobe Illustrator

Coreldraw VS Adobe Illustrator, keduanya mempunyai fitur unik tersendiri yang menjadi keunggulan masing-masing. Ini keunggulan dan kelemahannya…

Corel Draw dan Adobe Illustrator adalah dua nama besar dalam dunia perangkat lunak desain grafis. Di Indonesia, Corel Draw lebih populer sebagai perangkat lunak desain grafis daripada Adobe Illustrator. Namun, saat ini AI juga sudah mulai dilirik karena dianggap sebagai software olah grafis yang berstandar internasional. Membandingkan kedigdayaan Coreldraw vs Adobe Illustrator, berikut ulasan mengenai keduanya.

Baca Juga: Adobe Photoshop vs Corel Photopaint

Interface Coreldraw vs Adobe Illustrator

Dilihat dari tampilan muka, Adobe Illustrator tampak hampir serupa dengan saudaranya yaitu Adobe Photoshop. Bagi pengguna yang telah akrab dengan Photoshop, tentu tidak kesulitan menggunakan tools yang ada di dalamnya.

Sebaliknya, bagi yang tidak terbiasa menggunakan Photoshop, tampilan terkesan Illustrator asing dan sulit dimengerti karena tools dan menu yang cukup rumit.

Berbeda dengan AI, Corel Draw menyajikan tampilan yang ramah bagi pengguna baru. Interface yang sederhana membuat pengguna di level pemula mudah mengingatnya. Posisi toolbar yang berada di sebelah kiri dan toggle warna di sebelah kanan cukup memudahkan. Secara keseluruhan, tampilan awal Corel Draw tampak bersih dan tidak membingungkan.

Ditambah lagi dengan menu Hints yang dapat memunculkan tutorial singkat yang bermanfaat bagi pengguna yang baru belajar. Dengan fitur ini, Anda dapat belajar menggunakan Corel Draw sambil praktik membuat karya, tanpa harus membuka tutorial dari buku atau sumber lain.

Kelebihan dan Kekurangan Coreldraw VS Adobe Illustrator

Corel Draw dan Illustrator memiliki fungsi yang sama yaitu mengolah gambar berbasis vektor. Meski demikian kedua software tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menjadikan pertimbangan Coreldraw vs Adobe Illustrator, kelebihan dan kekurangan Adobe Illustrator yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Mudah dihubungkan dengan peranti buatan Adobe yang lain, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Bridge.
  • Ringan untuk pengerjaan ilustrasi termasuk mendesain logo dan melukis digital.
  • Mempunyai fitur lengkap, termasuk palet layer yang memudahkan koordinasi layer.
  • Dapat membuka file-file berukuran besar tanpa gangguan.
  • Kualitas cetak mendekati serupa dengan warna yang tampak pada monitor.
  • Tampilan antarmuka yang menarik, terutama untuk Adobe Illustrator CS 6 ke atas.

Sedangkan kekurangannya, Adobe Illustrator agak rumit bagi pemula karena tampilannya yang begitu kompleks. Karena kurang populer, tutorial Illustrator berbahasa Indonesia di internet masih jarang. Selain itu, belum banyak percetakan yang mendukung pemrosesan dokumen dengan format .ai (Illustrator) di Indonesia, karena software ini tidak sepopuler Corel Draw.

Sama seperti Illustrator, Corel Draw pun memiliki kelebihan yaitu:

  • Fitur shortcut mudah dihafal dan digunakan.
  • Kompatibel untuk pengaturan tata letak halaman.
  • Ramah bagi pemula.
  • Banyak digunakan oleh percetakan di Indonesia, sehingga mudah dalam melakukan print out.
  • Sangat mendukung untuk mengolah multi-page document.
  • Dapat membuka dokumen dengan format AI, sedangkan Illustrator tidak dapat membuka dokumen berformat CDR.

Sedangkan kekurangannya, Corel Draw mempunyai fitur terbatas, terdapat kesulitan untuk menangani dokumen berukuran besar, dan warna hasil cetak kadang tidak serupa dengan monitor. Corel Draw juga tidak dapat bekerja optimal pada Mac, tetapi sebaliknya jika di-instal pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Baca Juga: Pakai Photoshop atau CorelDraw?

Nah, setelah memahami kelebihan dan kekurangan Coreldraw vs Adobe Illustrator, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Soal hasil desain, semuanya kembali kepada keterampilan dan kreativitas desainer sendiri. Karena pada dasarnya, perangkat lunak tersebut hanya alat untuk mewujudkan rekaan yang Anda inginkan dalam bentuk digital.

2 thoughts on “Desain Grafis: CorelDraw vs Adobe Illustrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *