Bertransaksi Dengan Credit Card atau Debit Card?

Perbedaan kredit card dan debit card harus dipahami oleh nasabah agar proses transaksi pembayaran menjadi lancar.

Tahukah Anda apa perbedaan kredit card dengan debit card dan masalah perbankan lainnya? Mengetahui masalah perbankan cukup penting. Karena Anda pasti akan berinteraksi dengannya. Masalah perbankan yang perlu diketahui sangat banyak. Diantaranya, cara membuka rekening serta perbedaan kartu kredit dan kartu debit.

Mungkin sebagian besar nasabah mengetahui kartu kredit dengan kartu debit adalah benda yang sama. Padahal dari segi fungsi, keduanya berbeda.

Baca Juga: Tips Aman Belanja Online

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan perbedaan credit card dan debit card. Sehingga Anda lebih paham dan tidak canggung ketika menggunakannya sebagai alat bertransaksi.

  1. Perbedaan Definisi

Kartu Kredit atau kredit card adalah alat transaksi ritel yang menggunakan sistem kredit. Alat dikeluarkan oleh Bank atau perusahaan tertentu.

Kredit card digunakan sebagai alat pembelian secara kredit. Artinya, Anda tinggal menunjukkan kartu kredit kepada penjual. Nanti, yang membayar adalah Bank. Anda tinggal melunasi angsuran kepada Bank tersebut.

Sedangkan Debit card adalah alat pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh Bank. Isi dari kartu tersebut adalah saldo tabungan Anda yang ada di rekening Bank.

Jadi, dengan adanya kartu debit, Anda tidak usah membawa uang tunai. Cukup menunjukkan kartu, Anda sudah bisa membeli sebuah produk. Tentu, saldo rekening Anda akan berkurang secara otomatis karenanya. Inilah Beda kredit card dan debit card yang banyak tidak diketahui nasabah.

  1. Perbedaan Fungsi

Kredit card berfungsi sebagai alat pembayaran sah yang dikeluarkan Bank dan perusahaan terkait. Dengan alat pembayaran ini, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan tanpa menabung. Karena yang menyediakan limit adalah pihak Bank dan perusahaan. Tugas nasabah hanya mengangsur kepada yang bersangkutan sesuai limit kartu.

Sedangkan Debit card berfungsi sebagai alat pembayaran tunai yang limit-nya diambil dari saldo tabungan. Jadi, selama saldo rekening tersedia, kartu masih bisa difungsikan untuk membayar produk yang Anda beli.

 

  1. Perbedaan Tehnik Pembuatan

Perbedaan kredit card dan debit card selanjutnya adalah perbedaan tehnik pembuatan. Untuk membuat kredit card Anda bisa mengunjungi Bank penyedia atau marketing perusahaan penyedia jasa kredit.

Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi formulir biodata yang lengkap. Di dalam formulir tersebut, Anda harus menyertakan penghasilan perbulan jika Anda bukan PNS. Kartu kredit bisa Anda dapatkan setelah lulus survey serta Anda sudah memberikan jaminan pada Bank atau perusahaan.

Sedangkan Cara membuat debit card lebih mudah. Anda tinggal membuka tabungan di Simpedes minimal Rp100.000. Jika sukses, Anda akan mendapatkan buku tabungan sekaligus kartu debit.

  1. Perbedaan Keuntungan Layanan

Perbedaan kartu kredit dengan debit card adalah keuntungan keduanya. Keuntungan menggunakan kartu kredit adalah menghemat waktu. Anda tidak usah mencari ATM jika kehabisan uang di tempat perbelanjaan. Tinggal gesek masalah selesai.

Selain itu, kartu kredit bisa membantu pengaturan anggaran disaat Anda kehabisan uang. Karena inti dari credit card adalah sistem kredit atau angsuran.

Sedangkan Keuntungan memakai kartu debit adalah Anda tidak dibebani dengan hutang. Karena limit yang ada didalamnya merupakan tabungan Anda sendiri sesuai saldo di buku tabungan.

  1. Kekurangan Kredit Card dengan Debit Card

Kekurangan dari kartu kredit adalah proses pembuatannya sangat sulit. Selain legalitas dokumen dan kearsipan detail, Anda juga harus lulus survey. Selain itu, nasabah akan dibebani biaya tahunan.

Sedangkan Kekurangan kartu debit adalah Anda tidak bisa menggunakannya di semua tempat. Bahkan, transaksi terbesar digunakan untuk jual beli online saja.

Baca Juga: Jenius dari Bank BTPN, Ini Baru Namanya Bank

Itulah 5 perbedaan kartu kredit dan kartu kredit yang harus diketahui. Selanjutnya silahkan pilih kartu mana yang akan Anda jadikan sarana pembayaran termudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *