Photo Editor: Adobe Photoshop vs Corel Photopaint

Photoshop VS Photopaint, manakah yang lebih baik? Kenali dulu persamaan dan perbedaan keduanya. Dengan begitu Anda lebih mantap memilih salah satunya.

Ingin mendapatkan foto yang tampak luar biasa, tak cukup dengan hasil jepretan dari kamera apa adanya. Ada kalanya di dalam foto yang diperoleh dari kamera atau ponsel terdapat bagian yang rusak, warna yang kurang tajam, atau objek yang mengganggu. Sehingga Anda harus memperbaiki foto dengan software khusus seperti Adobe Photoshop dan Corel Photopaint. Sebelum Anda memasang software tersebut pada komputer, tidak ada salahnya menyimak perbandingan Photoshop vs Photopaint berikut.

Baca Juga: Software Video Editor Terbaik

Perbedaan Photoshop VS Photopaint

Dalam pengolahan gambar, Photoshop bersifat manual. Artinya, software ini tidak menyediakan fitur pengeditan instan. Anda harus melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Photoshop dilengkapi dengan berbagai tools dan perintah yang dapat membantu Anda mengedit foto dengan rapi.

Dalam dunia editing foto, Photoshop dapat dikatakan sebagai perangkat lunak standar. Software besutan Adobe ini telah mengalami beberapa peningkatan versi sejak diperkenalkan pada tahun 1988. Software ini pun seakan wajib dimiliki oleh fotografer profesional agar hasil fotonya memuaskan pelanggan.

Sementara Photopaint dari Corel adalah alternatif dari Photoshop yang menawarkan sedikit perbedaan dengan kompetitornya. Photopaint dirancang untuk pengolahan foto, termasuk menambahkan elemen grafis dan teks yang dapat dimanipulasi. Software Photopaint juga memiliki navigator untuk mengatur dan memilih font yang tersimpan dalam sistem operasi komputer Anda.

Di samping berfungsi sebagai pengolah gambar, Corel Photopaint memiliki beberapa fitur tambahan antara lain:

  • Kuas artistik yang dapat digunakan untuk melukis ulang sebuah objek dengan berbagai pilihan efek yang imajinatif.
  • Layer efek yang berfungsi memanipulasi dan menambahkan elemen grafis, seperti bayangan pada objek.
  • Photopaint mendukung untuk file yang dibuat pada software lain seperti Photoshop dan Meta Creations Paint.
  • Gambar yang dihasilkan dapat disimpan dalam format PDF untuk web atau dicetak.

Perbandingan Photoshop VS Photopaint

Photoshop mampu memberikan efek dan bentuk tulisan menjadi lebih bagus dengan beragam tool effect yang tersedia. Sofware ini juga mampu memberikan efek tekstur berbeda, efek yang disediakan antara lain permukaan air, logam, daun, dan batu.

Photoshop merupakan alat yang tepat untuk memroses dokumen untuk web karena memiliki fitur kompresi dokumen, memotong gambar, dan membuat galeri foto untuk web. Digabungkan dengan software Adobe Image Ready, gambar yang sudah jadi dapat diubah menjadi animasi GIF dan rollover.

Photopaint sebenarnya tak jauh berbeda dengan Photoshop. Keduanya sama-sama berfungsi untuk mengolah gambar berbasis pixel agar tampak lebih bagus. Satu fitur yang paling menonjol dari Photopaint yaitu brush yang dapat diseleksi dengan mudah, karena pilihannya begitu beragam. Sedangkan di Photoshop, membuat berbagai variasi brush lebih sulit karena Anda harus melakukan beberapa langkah sampai mendapatkan yang sesuai.

Baik Photoshop maupun Photopaint, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, kebanyakan orang sepakat bahwa software yang lebih baik ialah yang benar-benar dikuasai. Artinya, jika Anda biasa menggunakan Photopaint, akan kesulitan ketika bekerja menggunakan Photoshop. Begitu pula sebaliknya.

Pada akhirnya, semua kembali kepada Anda sendiri. Apakah lebih nyaman menggunakan Photoshop atau Photopaint, asalkan mampu menghasilkan karya yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Baca Juga: Kegunaan Photoshop dan CorelDraw

Itulah sedikit ulasan mengenai Photoshop VS Photopaint. Semoga Anda tidak bingung lagi memilih salah satunya. Asalkan semua tools dimaksimalkan dengan baik, hasil olah gambar Anda tentu bisa sekelas editor foto profesional. Tidak ada salahnya juga, bila Anda mempelajari keduanya.

4 thoughts on “Photo Editor: Adobe Photoshop vs Corel Photopaint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *