Pentingnya Sitemap Blog Untuk Search Engine

Ingin eksis di tangga teratas Search Engine Google? Sebaiknya Anda memasang sitemap di website Anda. Apa saja fungsi sitemap? Ini ulasannya.

Tahukah Anda pentingnya memasang sitemap di blog? Apakah Anda juga paham kalau sebagian fungsi sitemap adalah untuk mempermudah proses pencarian di Search Engine? Jika belum, mari kita bahas secara mendalam.

Sitemap adalah cara mudah blogger untuk mengenalkan halaman-halaman situs aktif ke Search Engine. Biasanya, fitur ini berisi data-data yang content-nya berupa link dan URL. Nantinya Search Engine akan menjelajahi semua data dan menganalisisnya dengan bantuan fitur metadata.

Jika sebuah blog tidak memasang sitemap, tentu Search Engine akan kesulitan mengakses halaman URL terkini yang ada di blog. Sehingga, situs tersebut tidak akan ditemukan di laman pencarian Google. Bahkan pengunjung akan kesulitan untuk mengakses URL lama yang ada di website Anda. Sehingga, postingan terdahulu bisa hilang dari peredaran.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Secara Efektif

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan fungsi sitemap pada blog sebagai persyaratan kemudahan akses oleh Search Engine.

  1. Mempermudah Spider Search Engine

Spider Search Engine adalah sebuah program yang bekerja dalam tiga hal yaitu, mengunjungi, membaca dan menulis catatan tentang sebuah situs. Nantinya, catatan tersebut akan diidentifikasi oleh Search Engine.

Fungsi dari Spider Search Engine adalah meringankan mesin pencari dalam mengakses informasi lama maupun update dari sebuah web. Itu artinya, semakin lancar kerja Spider Search Engine, deteksi mesin pencari pada situs Anda juga semakin cepat.

Untuk melancarkan kerja Spider Search Engine, Anda harus memasang sitemap di blog. Sehingga fungsi sitemap sebagai pembaca dan analisis informasi menjadi lebih cepat.

  1. Update Website Menjadi Lebih Mudah

Fungsi sitemap yang kedua adalah update website menjadi lebih mudah. Content website harus di-update setiap saat. Supaya informasi yang diberikan selalu fresh dan kekinian.  Jika blog Anda terpasang sitemap, proses update menjadi lebih mudah. Karena program akan menampilkan halaman-halaman situs Anda secara berurutan.

Fungsi dari sitemap selanjutnya adalah pengunjung masih bisa mengakses postingan terdahulu.  Karena blogger bisa menyisipkan URL terdahulu pada postingan terbaru dengan memanfaatkan fitur internal link.

  1. Mempermudah Pembuatan Eksternal Iink

Eksternal link adalah data yang berisi URL situs milik blogger lain. Program ini bisa disisipkan pada postingan Anda demi tujuan untuk memperkuat informasi. Fungsi eksternal link adalah meningkatkan bobot informasi sehingga pengunjung benar – benar memahami informasi secara utuh dan lengkap.

Program eksternal link hanya bisa dijalankan oleh blog yang sudah terpasang sitemap. Karena program inilah, yang mencari URL luar sesuai dengan metadata yang mengikuti URL tersebut.

  1. Situs Teridentifikasi Google dengan Cepat

Semua situs pasti berafiliasi dengan Google. Karena Search Engine inilah yang diakses oleh ratusan juta netizen dari seluruh dunia. Jika situs Anda ingin dibaca oleh orang, tentu situs itu harus berhasil diidentifikasi dengan oleh Google. Bahkan kalau perlu, web Anda harus nangkring di urutan teratas pencarian.

Fungsi Sitemap pada website ialah membantu identifikasi situs menjadi lebih cepat. Karena didalamnya sudah berisi sekumpulan URL dari laman Anda yang siap dianalisis oleh mesin pencari. Itu artinya, peluang situs mendatangkan banyak pengunjung sangat besar. Bahkan kans postingan Anda menempati posisi teratas di pencarian Google juga cukup tinggi.

Baca Juga: Bikin Blog Bule atau Blog Lokal?

Nah, dengan adanya list diatas, tentu Anda semakin paham, kalau pemasangan sitemap blog sangat penting. Utamanya untuk meningkatkan peluang navigasi website di Google. Sekaligus untuk memenuhi SEO Artikel yang digadang gadang sebagai persyaratan artikel menempati tangga teratas di Search Engine.

Ternyata fungsi sitemap untuk Search Engine dan situs sangat penting ya. Semoga artikel ini bisa meningkatkan kualitas website yang Anda kelola. Sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat lebih berkualitas, komunikatif dan mencerdaskan.

4 thoughts on “Pentingnya Sitemap Blog Untuk Search Engine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *