Memulai Usaha Online dari Nol

Anda punya rencana untuk merintis usaha di internet? Sebaiknya simak dulu tips memulai usaha online dari nol berikut ini.

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami krisis ekonomi bulanan? Entah itu karena gaji pokok dari pekerjaan Anda tidak mencukupi ataupun karena terlalu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Apapun alasannya, yang penting Anda mendapatkan solusi dari masalah ekonomi tersebut. Langkah petama yang harus Anda lakukan, yaitu mencari tahu tips memulai usaha bagi pemula.

Pekerjaan seperti apa yang sekiranya ideal untuk dijadikan usaha sampingan saat ini? Sebenarnya, ada banyak ide-ide usaha bagi pemula yang bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal besar. Salah satu usaha tersebut yang paling mudah menurut kami, yaitu usaha online. Kenapa kami mengklaim usaha online itu mudah? Karen bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Jadi, tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Baca Juga: Tips Aman Bertransaksi Online

Untuk itu, simak secara tuntas tips memulai usaha di internet dari nol berkut ini:

1. Minta saran kepada keluarga atau teman terdekat

Mengambil keputusan untuk memulai usaha, perlu adanya dukungan moril dari keluarga dan teman terdekat Anda, termasuk memulai usaha online. Mintalah saran dan masukan positif yang nantinya akan membuat Anda lebih semangat dan semakin percaya diri dalam memulai usaha online ini.

2. Pahami kebutuhan publik

Setelah Anda mendapat dukungan penuh dari keluarga dan teman terdekat, saatnya memulai langkah awal untuk usaha online ini. Yang harus Anda lakukan, yaitu pahami terlebih dahulu kebutuhkan publik. Apakah yang paling dibutuhkan adalah produk yang sifatnya sementara, seperti produk kecantikan dan kuliner, atau yang sifatnya permanen, seperti furniture rumah tangga dan peralatan kerja lainnya?

Cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu kebutuhan publik, yaitu dengan melakukan riset secara online. Melalui mesin pencarian Google, Anda bisa menemukan produk apa saja paling banyak dicari oleh publik. Cara ini bisa disebut dengan istilah riset keyword. Setelah itu, barulah Anda menetapkan produk yang akan dijual.

3. Tetapkan produk yang akan dijual

Setelah sebelumnya Anda mengetahui dan memahami produk yang paling banyak dicari publik, kini saatnya menetapkan produk yang akan dijual. Untuk memastikan produk Anda laris manis, pilihlah dua tipe produk.

Pertama, pilih sesuatu yang memang tengah ngetren dan sedang viral. Seperti halnya dunia kuliner yang setiap waktu selalu ada saja inovasi baru. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan agar jualannya laris manis. Kedua, pilih sesuatu yang sifatnya long time, tidak pernah bosan, basi, dan selalu dibutuhkan publik. Seperti halnya dunia fahsion dan furniture.

4. Pilih sistem penjualan

Dari sekian market place di Indonesia, saat ini sangat mencolok persaingan antara Tokopedia vs Shopee. Seperti apa adu kekuatannya?
Tokopedia dan Shopee merupakan online marketplace yang dapat diandalkan baik sebagai pembeli maupun penjual

Salah satu sistem penjualan yang sering digunakan para pelaku usaha online, yaitu menjadi reseller atau dropshiper. Menjalakan sistem reseller itu cukup praktis, Anda hanya perlu membeli satu atau dua produk untuk dijual kembali sesuai dengan permintaan konsumen.

Sedangkan sistem dropshiper, Anda tidak harus membeli produk terlebih dahulu bahkan menyimpan stok barang di gudang. Melainkan, yang perlu Anda lakukan, yaitu cukup mencari pembeli dan urusan pengiriman barang menjadi tanggung jawab distributor. Perihal keuntungannya bisa Anda tentukan sendiri sesuai keinginan.

Untuk menemukan distributor yang memang mempunyai kredibilitas tinggi, Anda bisa mencarinya di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

5. Manfaatkan media sosial

Agar bisa menghasilkan uang, fanpage perlu dimonetisasi. Bagaimana monetize fanpage Facebook dapat dilakukan? Simak ulasannya berikut.
Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak.

Untuk mencakup pemasaran yang lebih luas dan memungkinkan produk yang jual laris manis, manfaatkan media sosial semaksimal mungkin, sebelum membuat website untuk meningkatkan prospek penjualan Anda. Teman facebook dan instagram tentunya lebih mengenal siapa Anda. Jadi, tidak menutup kemungkinan mereka akan membeli produk yang Anda jual.

Baca Juga: Tokopedia vs Shopee

Demikian tips memulai usaha online dari nol. Pastikan Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dengan usaha sampingan ini.

3 thoughts on “Memulai Usaha Online dari Nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *