Gaming VGA: NVIDIA GeForce vs ATI Radeon

Pertarungan sengit antar NVIDIA GeForce dan ATI Radeon memang tidak ada habisnya. Gamers harus tahu kelebihan dan kekurangan kedua kartu grafis ini!

Salah satu persaingan perangkat gamer di komputer adalah dua kartu grafis ternama: NVIDIA vs ATI. Dengan segala kelebihan dari masing-masing kartu grafis ini, mungkin sulit bagi Anda untuk memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda sendiri. Menggunakan kartu grafis memang penting bagi para gamer. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai NVIDIA GeForce vs ATI Radeon.

Baca Juga: AMD vs Intel Processor?

Pentingnya Kartu Grafis Pada Komputer

Kartu grafis adalah sebuah perangkat yang dipasang dalam komputer untuk menampilkan data grafis dengan kejernihan, warna serta tampilan keseluruhan yang berkualitas tinggi. Untuk menampilkan visual berkualitas tinggi, kartu grafis ini memproses dan mengeksekusi data grafis melalui teknik dan fitur canggihnya.

Bagi para gamers VGA sangatlah penting. Lain halnya dalam keseharian, kartu grafis tidak begitu penting untuk tugas produktivitas sehari-hari, seperti untuk keperluan kantor maupun lingkungan bisnis. Dengan kartu grafis, Anda dapat meningkatkan visualisasi komputer Anda serta melakukan hal-hal lainnya seperti memodifikasi gambar, mengedit video, dan memutar video beresolusi tinggi.

Para gamers memang sering memodifikasi prangkat komputernya agar semakin memuaskan untuk bermain. Maka tak heran jika pemilihan VGA juga masuk dalam komponen yang sering diutak-atik. Semakin bagus kualitas VGA, jalannya permainan pun akan semakin menyenangkan.

NVIDIA GeForce vs ATI Radeon

ATI terkenal karena harganya yang terjangkau tetapi bersaing dengan NVIDIA yang dikhususkan untuk kinerja kelas atas dengan harganya yang tinggi. Jika Anda bingung ingin memilih yang mana, bandingkan dalam harga dan daya serta harga diskon yang diberikan.

Kinerja terbaik dengan biaya rendah adalah faktor yang penting. ATI dengan harga yang lebih terjangkau dapat memberikan kinerja yang dapat bersaing dengan NVIDIA. Namun, apabila Anda tidak mempermasalahkan harga, maka NVIDIA memiliki performa yang lebih kuat namu dengan harga yang lebih tinggi.

Permainan yang dapat Anda coba dengan NVIDIA adalah Odyssesy 4K dan 1080p Overwatch. Kartu grafis ini telah diperbaharui sehingga dapat memberikan usaha yang optimal untuk Anda menayangkan game yang dimainkan, menyimpan tampilan layer serta interface yang mudah digunakan.

Sementara itu, ATI Radeon yang baru saja diumumkan ini sedang direncanakan untuk melampaui apa yang sudah disediakan oleh NVIDIA. Fitur terbaru yang dimasukkan di ATI adalah automatic overclocking yang dapat digunakan untuk menyiarkan permainan yang sedang dimainkan di komputer ke ponsel Anda. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan virtual reality dengan fitur ini.

Banyak pemain game yang telah membandingkan kedua kartu grafis ini berdasarkan performa  masing-masing. Dari perbandingan tersebut, memang beberapa permainan tertentu berjalan lebih baik menggunakan NVIDIA, dan beberapa permainan lainnya tampil dengan baik menggunakan ATI. Jadi, penggunaan NVIDIA dan ATI juga dapat disesuaikan dengan game yang Anda mainkan.

NVIDIA pada umumya memiliki perangkat yang lebih baik. Tetapi karena ATI dapat memberikan performa yang hampir serupa dengan harga yang terjangkau, sebenarnya nilai yang diberikan oleh ATI juga dapat dianggap unggul.

Kesimpulan

Di antara NVIDIA GeForce dan ATI Radeon memang terjadi persaingan sengit. Ini dikarenakan kedua merk tersebut kerap memperbaharui fiturnya. Pada akhirnya, kedua perusahaan ini mengandalkan persaingan untuk berkembang.

Baca Juga: Andoid vs iOS

NVIDIA GeForce vs ATI Radeon memang sulit untuk diperdebatkan, namun keduanya memang patut dibeli sesuai dengan kebutuhan dan harga yang cocok. Kualitas dari kedua produk ini memang bisa mengalahkan satu sama lain dengan keunggulan-keunggulan unik yang mereka miliki. Jadi, tergantung kemampuan Anda untuk beli yang mana di antara keduanya. Begitu saja sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *