Bikin Blog Bule atau Lokal?

Ingin membangun blog dan menghasilkan dollar dari internet? Ingin tahu keunggulan blog bule vs lokal? Coba simak perbandingannya berikut ini.

Blog adalah tempat para Blogger memposkan content agar tampil di internet. Secara garis besar, blog terbagi menjadi dua, yaitu blog luar negeri dan blog Indonesia. Pertanyaannya adalah pilih mana blog bule vs lokal?

Blog bule serta blog lokal sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Bahkan keduanya juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah dari internet. Namun saran kami, pilihlah blog yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Karena itu yang menentukan keberhasilan Anda sebagai Blogger.

Berikut ini akan kami list beberapa keunggulan dan kelemahan blog bule vs blog lokal. Silakan disimak semoga menjadi panduan Anda untuk menentukan pilihan.

Keunggulan Blog Bule Vs Blog Lokal

  1. Target Pengunjung Lebih Besar

Keunggulan blog bule vs blog lokal pertama adalah target pengunjung. Dengan membuat blog luar, peluang orang melihat isi blog Anda lebih besar dibandingkan blog lokal. Karena yang melihat bukan hanya dari Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Itu artinya, dengan situs tersebut, peluang Anda mendapatkan comment, like and share cukup besar. Sehingga rating Anda di search engine juga tinggi.

  1. Pengiklan Lebih Banyak

Blog luar negeri merupakan blog dengan sasaran pengiklan tertinggi dibandingkan blog lokal. Apa lagi perusahaan periklanan internasional memiliki dana berlimpah. Jika Anda membuat blog luar, tentu pengiklan bisa menjadi target Anda. Jika satu saja tertarik memasangkan iklan di situs, tentu komisi Anda sangat besar.

  1. Komisi Iklan Lebih Besar

Jika Anda sukses menarik pengiklan ke situs, itu artinya, fee besar bisa Anda dapatkan. Bayaran ini lebih mahal dibandingkan komisi iklan dari situs lokal. Karena mata uang yang digunakan adalah us dollar.

Jadi bukan mustahil, kalau ada Blogger yang menjadi jutawan dalam sekejap hanya dengan berbisnis iklan. Apalagi di masa ini, ketika 1 USD mencapai Rp14.000. Atas dasar itulah, membuat blog internasional lebih menjanjikan dibandingkan lokal.

  1. Peluang Popularitas Menanjak

Menjadi Blogger, popularitas adalah hal penting. Namun, popularitas tidak terjadi, jika blog yang dibuat sepi pengunjung. Padahal popularitas situs adalah kunci laman tersebut bertahan di kolom pencarian. Artinya, sang pengelola harus mencari cara agar situs-nya dikenal orang. Salah satunya adalah membuat blog internasional.

Pasang Iklan Google Adsense untuk Mendapat Penghasilan
Pasang Iklan Google Adsense ke Blog untuk Mendapat Penghasilan

Kelemahan Blog Bule vs Lokal

  1. Content Harus Berbahasa Inggris

Content artikel untuk blog internasional harus menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa inilah yang dimengerti seluruh masyarakat dunia. Sekalipun pengunjung situs dari benua yang berbeda beda.

Jika Anda tidak mahir berbahasa Inggris, dan tidak menguasai gramatical, tentu membuat blog internasional adalah bumerang. Karena tidak akan ada orang yang mengerti tulisan Anda. Jadi lebih baik buat blog lokal saja.

  1. Konten Tidak Unik

Google search tidak semata menganalisis artikel lolos plagiat, tetapi juga artikel yang unik. Artikel unik adalah artikel yang kalimat kalimatnya jelas dan tidak ambigu serta sesuai kaidah kebahasaan.

Nah, jika Anda tidak menguasai bahasa Inggris, tetapi masih membuat artikel berbahasa Inggris karena terpaksa, tentu standar ini tidak akan tercapai. Sehingga postingan Anda akan kesulitan menempati posisi tertinggi di mesin pencari.

  1. Khusus Blogger Berpengalaman

Kelemahan blog bule vs blog lokal selanjutnya adalah blog hanya khusus untuk Anda yang berpengalaman. Sebab, semua fitur SEO yang ada pada blog menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda salah memasukkan kata atau kalimat, bisa bisa postingan Anda tidak lulus SEO. Itu artinya, situs Anda gagal di tahap pertama untuk dideteksi mesin pencari Google.

Itulah beberapa hal penting terkait keunggulan dan kelemahan blog bule vs lokal yang semakin hangat. Silakan tentukan pilihan Anda, blog mana yang paling baik untuk dibuat dan dikembangkan.

One thought on “Bikin Blog Bule atau Lokal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *