Beli Saham Bluechip atau Saham Gorengan?

Dunia saham memang tempat berinvestasi yang baik. Tapi, apakah Anda sudah tau bedanya saham blue chip dan saham gorengan?

Apabila Anda berinvestasi di dunia saham, maka dua istilah saham bluechip dan saham gorengan tidaklah asing lagi. Namun, apakah yang benar-benar membedakan keduanya? Cocokkah jenis-jenis saham ini untuk diinvestasikan oleh pemula? Dan, apakah saham bluechip vs gorengan berbahaya bagi investor?

Baca Juga: Resiko dan Potensi dari Fluktuasi Harga Saham

Apa bedanya saham bluechip dan gorengan?

Saham gorengan adalah saham yang perusahaannya memiliki kapitalisasi serta likuiditas yang kecil. Maksudnya, perusahaan yang baru saja bertumbuh ini tidak mengedarkan jumlah saham yang banyak. Saham seperti ini dimanfaatkan oleh beberapa orang dengan mempermainkan harganya. Ciri-ciri saham yang digoreng adalah saham yang tanpa dipengaruhi faktor fundamental, harga sahamnya tiba-tiba menaik.

Saham gorengan ini memang bisa memberikan untung yang cepat. Namun, untuk bermain dengan saham ini diperlukan kewaspadaan yang tinggi. Walaupun untung yang didapatkan banyak, namun kemungkinan untuk harga saham ini turun drastis juga tinggi. Memang seperti namanya, saham gorengan tidak baik untuk dikonsumsi secara berkala.

Saham blue chip sendiri adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Jumlah saham blue chip yang beredar banyak dan harganya juga lebih tinggi. Tetapi, harga dari saham blue chip tidak mudah dipengaruhi oleh sekelompok orang. Oleh karena itu, saham ini memang lebih aman dan investor yang berinvestasi secara sehat lebih menyukai saham ini.

Dari segi keuntungan, apa perbedaannya?

Perbedaan peluang untung rugi juga jadi poin pembahasan dalam pertimbangan saham bluechip vs gorengan. Memang, faktor fundamental sangat mempengaruhi kualitas suatu saham. Apabila perusahaan memiliki fundamental yang baik, berarti kinerja dari perusahaan itu memang bagus dan dikelola secara baik. Tetapi, jika mengharapkan peningkatan harga dengan profit yang tinggi dalam beberapa hari memang sulit dan membutuhkan modal yang besar.

Harga yang murah memang menjadi salah satu faktor mengapa orang berinvestasi pada saham gorengan. Apalagi, dengan harga yang lebih murah daripada saham blue chip, fluktuasi harga juga bisa sangat tinggi dimana investor akan mengalami profit yang besar hanya dalam hitungan hari atau jangka pendek.

Tidak hanya itu, karena saham gorengan juga memiliki resiko yang tinggi. Karena untuk mempermainkan harga dari saham gorengan, sekelompok orang akan menyebarkan rumor untuk menaikkan harga saham gorengan tersebut. Apabila investor tidak cekatan dalam mengolah asetnya, maka kerugian akan menanti.

Jadi, walaupun Anda tahu bahwa harga dari saham gorengan dipengaruhi dan digerakkan oleh pasar, tetap ada keuntungan yang bisa diambil dari fenomena ini. Akan tetapi, untuk terjun dengan strategi ini memang dibutuhkan ketepatan waktu serta analisa yang baik. Ketidakstabilan yang tidak bisa dijauhkan dari saham gorengan bisa menaikkan profit maupun menghilangkan aset Anda.

Fluktuasi harga saham menjadi salah satu faktor penentu bagi investor. Trader lebih memilih saham gorengan yang fluktuatif untuk meraup keuntungan dalam jangka waktu singkat, sedangkan investor jangka panjang lebih memilih saham blue chip yang cenderung stabil.
Fluktuasi harga saham menjadi salah satu faktor penentu bagi investor. Trader lebih memilih saham gorengan yang fluktuatif untuk meraup keuntungan dalam jangka waktu singkat, sedangkan investor jangka panjang lebih memilih saham blue chip yang cenderung stabil.

Kesimpulan

Berinvestasi di saham gorengan memang bisa sangat menguntungkan, tetapi resiko yang dihadapi juga cukup tinggi. Makanya, banyak orang yang menyamakan cara investasi ini dengan judi karena tidak terkontrol oleh faktor fundamental. Terutama, proses investasi ini dilakukan dalam jangka waktu pendek.

Tidak hanya harga dan jumlah saham beredar yang besar, banyak orang memilih untuk membeli saham gorengan karena harganya yang dapat berubah secara cepat. Apalagi, dibandingkan dengan saham blue chip yang mahal, saham gorengan dapat memberikan keuntungan yang banyak dalam jangka waktu pendek dengan modal yang rendah.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang untuk Persiapan Dana Pensiun di Hari Tua

Untuk pemula yang sedang bingung untuk beli saham bluechip vs gorengan, memang sebaiknya menyesuaikan diri dengan sistem saham dengan memulai berinvestasi di blue chip. Baru, setelah itu pemula dapat belajar lebih banyak mengenai strategi-strategi di dunia saham untuk memaksimalkan profit mereka. Banyak sekali buku-buku yang telah membahas tentang hal ini dan akan sangat membantu para pemula!

3 thoughts on “Beli Saham Bluechip atau Saham Gorengan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *