Tips Aman Belanja Online (Online Shopping)

Mau tahu, tips belanja online yang aman agar terhindar dari penipuan? Daripada penasaran, sebaiknya simak artikel kami berikut ini.

Sekarang ini, Anda bisa melakukan berbagai hal dengan memanfaatkan akses internet. Belanja online, adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak menyita waktu di sela-sela kesibukan Anda bekerja. Sebelum belanja, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa tips belanja online agar tidak tertipu.

Memang online shopping itu tidak aman ya? Tergantung! Jika Anda baru pertama kali belanja melalui internet, memang sedikit berisiko, itupun jika Anda tidak mengetahui tips menghindari penipuan belanja online. Oleh sebab itu, tips belanja online terlebih bagi pemula harus benar-benar dipahami, agar bisa terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Belanja Online, Siapa Takut?

Berikut tips penting yang patut Anda perhatikan.

1. Pastikan Keamanan Situs Dari SSL-nya

Tips belanja online aman ini khususnya bagi pemula sangat penting. Pertama, pastikan situs jual-beli online yang dikunjungi terdapat ikon gembok kecil di sebelah pojok kanan atas URL bar. Itu artinya, toko online tersebut termasuk laman aman.

Kedua, situs jual-beli online bisa dikatakan aman, yaitu terdapat tambahan huruf “s” pada alamat URL. Misalkan, “https://”. Sementara laman yang belum bisa dikategorkan aman biasanya hanya berawalan “http://”. (Baca: http vs https)

2. Teliti Lebih Jauh Laman Tersebut Sebelum Membeli Produknya

Alternatif belanja online aman, yaitu dengan melakukan transaksi pada toko online yang sudah Anda kenali. Tetapi, apabila diperlukan untuk membeli produk dari situs yang baru Anda kenal, sebaiknya teliti lebih jauh perihal latar belakang dan berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan berbelanja online.

Salah satunya, sebagai situs jual-beli online terpercaya selalu melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi dan tentunya aktif. Kemudian, perhatikan dengan teliti cara mereka melayani Anda dan tanyakan beberapa hal tentang layanan komplain maupun pengambilan barang. Sekiranya benar-benar sesuai prosedur dan dapat dipercaya, berarti toko online tersebut aman.

Dari sekian market place di Indonesia, saat ini sangat mencolok persaingan antara Tokopedia vs Shopee. Seperti apa adu kekuatannya?
Tokopedia dan Shopee merupakan marketplace yang terpercaya

3. Kredit Atau Debit

Ini sebenarnya adalah pilihan, tidak bisa kami memaksa Anda harus menggunakan salah satu di antara keduanya. Akan tetapi, tips belanja online biar tidak tertipu kali ini, justru memberikan saran yang lebih komparatif tentang penggunakan kartu berbayar yang aman secara online.

Lantas, harus menggunakan kartu yang mana kalau begitu, kredit atau debit? Sebaiknya Anda gunakan kartu kredit saja dibandingkan kartu debit. Mengapa demikian? Karena kartu kredit itu merupakan eksistensi dari debit, sedangkan kartu debit langsung berhubungan dengan akun bank Anda.

Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika informasi akun bank Anda bocor? Bisa jadi, hacker dapat dengan leluasa mengacaukan keuangan Anda.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

Ketika Anda belanja online, kemudian diminta melakukan transaksi, biasanya harus mengisi data yang diperlukan, seperti nama dan alamat. Jika hanya data itu yang yang harus diisi, maka laman tersebut kemungkinan besar aman.

Tetapi, jika Anda menemukan situs jual-beli online yang berusaha menggali informasi lebih, seperti harus mengisi hobi, gaya hidup, hingga pemasukan tahunan. Hal tersebut patut dicurigai dan sebaiknya Anda cari toko online lain yang lebih aman.

5. Simpan Password Dengan Baik

Kebanyakan situs jual-beli online selalu mengharuskan setiap konsumen agar log-in terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir jika Anda hanya diminta log-in dengan username dan password. Yang penting, Anda membuat password dengan tingkatan yang sulit. Kemudian simpan dengan baik dan tidak ditunjukan pada orang lain.

Baca Juga: Tokopedia Vs Shopee

Demikianlah tips belanja online yang aman. Jika dirasa Informasi ini bermanfaat, silahkan share  ke teman-teman sosial media Anda. Online shopping? Siapa takut!

2 thoughts on “Tips Aman Belanja Online (Online Shopping)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *