Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Secara Efektif

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.

Keberadaan internet saat ini bukan hanya sekedar tempat mencari informasi saja. Namun internet bisa menjadi sarana meraup penghasilan terutama bagi Anda yang suka menulis dan memiliki blog. Hanya saja semakin banyak warganet yang memiliki blog atau website, membuat Anda wajib memahami tips meningkatkan traffic blog jika memang ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Apa Itu Traffic Blog dan Kenapa Penting?

Seperti layaknya para pengusaha kuliner yang menganggap jumlah makanan yang laku mempengaruhi omzet mereka, begitu pula peran traffic bagi seorang blogger. Sekedar informasi, traffic blog atau website bisa dijabarkan sebagai jumlah pengguna internet yang berkunjung atau durasi membaca blog Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui popularitas blog/website yang dikelola.

Baca Juga: Kiat Sukses Meningkatkan Penghasilan Blog Google Adsense

Dengan memahami tips meningkatkan traffic blog, maka Anda akan bisa memasang iklan berbayar blog yang membuat Anda meraup penghasilan. Karena semakin banyak pengunjung blog setiap hari, maka bisa berdampak positif ke bisnis yang Anda tawarkan pada blog. Apalagi jika Anda mengelola sebuah website berita, tinggi-rendahnya traffic bisa berdampak ke penghasilan.

Ketika blog atau website memiliki jumlah pengunjung sedikit, ini artinya tidak akan menjadi rujukan utama pada mesin pencari seperti Google. Jika dibiarkan, blog Anda akan tenggelam di tengah blog-blog lain yang berkualitas dan akhirnya terlupakan sampai bisnis bangkrut. Tentu tak mau mengalaminya, kan? Untuk itulah Anda wajib memahami tips meningkatkan traffic blog berikut ini.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Dengan teknik yang tepat, traffic blog dapat meroket dengan cepat

8 Tips Meningkatkan Traffic Blog Yang Layak Dicoba

Jika tampil di halaman pertama bahkan daftar teratas mesin pencari Google, peluang sebuah blog/website di-klik oleh warganet sangat besar. Semakin tinggi traffic blog, jelas membuat banyak pihak tertarik memasang iklan yang akhirnya menambah penghasilan Anda. Untuk itulah beberapa tips meningkatkan traffic blog yang dibahas beriku ini layak untuk Anda coba dan terapkan:

  1. Buatlah Konten Yang Bisa Viral

Tips meningkatkan pengunjung blog pertama yang bisa Anda coba adalah membuat artikel yang kreatif dan berpeluang jadi viral. Meskipun untuk membuat konten yang viral dibutuhkan hoki, Anda bisa kok menciptakan konten yang berpeluang viral. Bagaimana caranya? Bikin artikel yang bisa membuat orang lain bangga untuk membagikannya karena membangun citra positif.

Misalkan saja, Anda membuat artikel mengenai rahasia dan keuntungan jadi Youtuber sukses dengan penghasilan ratusan juta rupiah di usia muda. Maka bisa saja anak-anak muda yang ingin jadi Youtuber bakal membagikan artikel Anda dengan bangga di status media sosial mereka. Hal ini jelas jadi tips meningkatkan traffic blog yang sangat ampuh.

Peluang lain supaya konten Anda bisa viral adalah memanfaatkan topik yang tengah banyak dibicarakan. Misalkan saja sedang ramai topik pernikahan super mewah pasangan tajir asal Surabaya. Jangan ngotot membahas subyek yang sama, tapi Anda bisa membahas ide lokasi menggelar pernikahan mewah selain di hotel. Pembaca akan tertarik dan artikel Anda bisa dibaca kapanpun.

  1. Aktif di Media Sosial

Salah satu tips meningkatkan traffic blog yang begitu penting adalah rajin mempromosikan konten. Manfaatkan betul media sosial Anda terutama Facebook. Anda bisa membuat status di akun sendiri sambil menyertakan link artikel atau mempromosikan lewat komentar di grup Facebook. Hanya saja jangan melakukan spam dengan menulis link blog Anda terus-menerus.

Bukannya traffic yang didapat, warganet bakal sebal dan membuat aksi curang ini dilaporkan ke Facebook dan blog/website Anda malah tidak laku. Karena tips blog banyak pengunjung adalah harus membangun imej blog/website yang berkualitas dengan tidak melakukan aksi promosi ‘nyampah’. Selain Facebook, Anda juga bisa promosi di Google+ atau Twitter menggunakan hashtag.

  1. Judul Harus Menarik

Judul masih memegang peran utama dalam tips meningkatkan traffic blog. Karena warganet memilih sebuah artikel berdasarkan judul. Misalkan saja ada dua artikel di mana judul pertama adalah ‘cara mencerahkan kulit’ dan judul kedua ‘7 langkah ampuh membuat kulit putih bak bintang Korea dalam seminggu’, mana yang bakal di-klik? Sudah pasti 90% memilh yang kedua.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah SEO?

  1. Gambar Adalah Kunci

Agar artikel Anda banyak dibaca, satu tips meningkatkan pengunjung blog yang wajib dicoba adalah dengan memberikan minimal satu gambar utama. Gunakan gambar yang menarik dan gratis supaya tidak terkena isu copyright. Gambar yang unik dan berkaitan dengan isi artikel jelas membuat orang ingin membaca. Namun ingat jangan menggunakan gambar yang berbau SARA ya!

  1. Tepat Pilih Keyword

Ketika Anda hendak membuat artikel, hal paling utama adalah menentukan topik dan akhirnya memperoleh keyword yang tepat. Ada Google Keyword Planner yang bisa membantu Anda memperoleh kombinasi kata sebagai keyword utama. Nantinya keyword bisa Anda letakkan di tubuh artikel, pada bagian judul dan meta deskripsi karena ini adalah tips meningkatkan traffic blog dengan tepat.

Supaya semakin optimal, Anda wajib menambahkan keyword turunan dan ini merupakan tips blogging untuk pemula yang harus dilakukan. Jika bingung, bisa memanfaatkan Soovle karena hasil dari situs ini bisa memberikan keyword tambahan yang tepat sebagai tips meningkatkan visitor blog.

  1. Optimasi Artikel Dengan SEO

SEO adalah dasar agar artikel Anda laku dan masuk daftar teratas mesin pencarian seperti Google. Untuk itu artikel Anda harus optimal dan mengikuti kaidah-kaidah SEO. Namun wajib diingat, meskipun keyword yang banyak dalam artikel memenuhi standar SEO, Anda tidak boleh memaksakannya. Kenapa? Karena Google saat ini lebih cerdas dan cuma memilih artikel yang enak dibaca.

  1. Link Building Natural

Link building sudah lama menjadi salah satu tips meningkatkan traffic blog. Dan blogger zaman dulu melakukannya dengan membagikan link blog mereka melalui ratusan hingga ribuan komentar entah di media sosial atau bahkan di posting blog/website orang. Cara ini sudah jadul dan ketinggalan zaman karena link building seharusnya dibangun secara natural.

Hal mendasar untuk menciptakan link building natural adalah lewat konten berkualitas. Dengan konten berkualitas, bisa saja orang lain yang malah mempromosikan link blog/website Anda di artikel yang punya topik serupa. Atau mungkin Anda jalin hubungan baik dengan pemilik sebuah blog sehingga membuat orang itu bersedia memasang backlink pada artikelnya ke blog Anda.

  1. Konsisten dan Sabar

Tips meningkatkan traffic blog yang mudah diucap tapi sulit dilaksanakan adalah konsisten dan sabar. Konsisten dalam membuat konten berkualiats serta sabar memperoleh traffic merupakan tips blogger sukses yang benar-benar harus Anda pegang. Jangan tergiur menggunakan backlink bayaran lewat spam karena malah bisa membuat imej blog/website Anda memburuk.

Baca Juga: Youtube vs Blog, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Karena memang pada dasarnya tips meningkatkan traffic blog membutuhkan waktu dan proses yang tidak bisa cepat, Anda sebagai seorang blogger harus terus senantiasa belajar. Jangan segan bertanya kepada blogger lain yang lebih sukses karena bisa saja strategi mereka Anda terapkan. Intinya, selalu ciptakan konten berkualitas, rajin promosi dan pahami SEO supaya blog/website makin dikenal.

7 thoughts on “Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Secara Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *