Tips Aman Bertransaksi Online

Usaha berbelanja lebih aman dengan menerapkan tips bertransaksi online paling teliti dan cermat. Cek selengkapnya di sini.

Berbisnis dagang secara online memang menggiurkan dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan berniaga secara offline. Salah satunya adalah transaksi bisa dilakukan dari dalam rumah sehingga irit biaya transportasi dan lain sebagainya. Sedangkan kelemahan transaksi online, keamanannya tidak terjamin 100 % sehingga Anda harus menguasai tips bertransaksi online yang bebas curang dan scam.

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis online secara aman, berikut ini kami jelaskan secara rinci tentang tips transaksi online yang paling aman.

  1. Pelajari Situs-nya Sebelum Mulai Transaksi

Sebelum memulai transaksi, Anda harus tahu dulu kalau situs penyedia barang yang hendak Anda beli adalah situs terpercaya. Salah satu ciri ciri situs yang trusted adalah didalamnya berisi testimoni dari pelanggan serta beberapa bukti struk pengiriman yang valid.

Baca Juga: Belanja Online, Siapa Takut?

  1. Mengorek Informasi dari Pelanggan

Jika Anda bergabung dengan sebuah situs niaga online, pastikan hubungan Anda dengan anggota atau pelanggan yang lain di dalamnya berjalan intensif.

Hubungan ini bisa Anda manfaatkan sebagai tips bertransaksi online demi tujuan untuk mencari informasi seputar situs niaga tersebut. Baik dari segi kejujuran admin, proses pengiriman hingga sistem pembayaran yang diberlakukan.

  1. 3. Cek Saldo ATM atau Tagihan Kartu Kredit Sebelum dan Sesudah Pembayaran

Sebelum dan Setelah Anda melakukan transfer pembayaran, rajin-rajinlah melakukan pengecekan pada saldo Anda. Jika saldo berkurang lebih dari yang Anda transfer, berarti ada transaksi mencurigakan yang harus segera Anda laporkan ke pihak Bank.

Anda juga wajib berhati hati ketika berbelanja menggunakan cara bertransaksi online dengan kartu kredit. Karena sistem inilah yang sering dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ketika transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit. Segera cek ke pihak bank pembuat kartu kredit Anda untuk memastikan saldonya aman dan terkendali.

  1. Manfaatkan Fitur Bayar Di Tempat

Saat ini, sudah banyak situs niaga online yang memiliki fitur Bayar di Tempat. Fitur ini dibuat semata untuk meyakinkan kepada pembeli kalau situs tersebut bisa dipercaya.

Selain itu, fitur tersebut juga berfungsi untuk menghilangkan keraguan pembeli akan adanya situs yang scam, curang, bohong dan lain lain. Maka dari itu, tips bertransaksi online yang ketiga ini layak menjadi rekomendasi bagi Anda.

  1. Jangan Save Password pada Situs

Tips aman bertransaksi online yang selanjutnya adalah jangan save password log in Anda pada situs niaga online. Sebagian besar situs niaga memang mengharuskan pelanggannya untuk log in terlebih dahulu. Itu artinya Anda diwajibkan untuk membuat username dan password saat mendaftar.

Terkadang, admin-nya meminta password Anda untuk disimpan di situs tersebut. Tujuannya adalah supaya Anda tidak perlu ketik password lagi ketika mau log in. Namun, hindarilah cara ini untuk mengantisipasi password Anda jebol dan digunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Tolak Informasi yang Berisi Permintaan Data Perbankan

Jika ada situs yang meminta Anda memasukkan data perbankan yang berstatus rahasia seperti Sandi ATM, Email dan Password untuk E-bank, scan KTP dan kartu pengenal lain, maka jangan diberikan.

Sekalipun alasannya untuk persyaratan pengiriman barang yang Anda beli. Karena itu bukan bagian dari cara bertransaksi online yang aman malah bisa menjadi bumerang buat Anda.  Bisa jadi, data tersebut akan digunakan untuk menguras saldo Anda. Jika Anda temukan situs niaga menggunakan persyaratan seperti ini, lebih baik jauhi atau melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

  1. Pilih Situs Dagang Online Berpengalaman dan Banyak Pelanggan

Jika Anda ingin bertransaksi secara online, carilah situs yang paling banyak memiliki pelanggan dan berdirinya sudah cukup lama. Anda bisa mencarinya di Google Search, lalu pelajari secara seksama tentang situs tersebut.

Baca Juga: e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

Itulah tips bertransaksi online yang bisa Anda terapkan ketika ingin membeli produk produk secara online. Dengan cara ini, uang Anda lebih aman serta produk yang Anda beli bisa sampai ke tangan dengan selamat.

One thought on “Tips Aman Bertransaksi Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *