Perbedaan HTTP vs HTTPS, dan Mengapa HTTPS Penting Bagi Website Anda

Mana yang lebih baik antara HTTPS vs HTTP ? HTTPS memiliki keunggulan bagi website. Tidak ada ruginya mengubah HTTP menjadi HTTPS.

Pada saat menggunakan internet dan membuka sebuah website, pasti Anda sering menemukan HTTPS atau HTTP yang terdapat pada alamat web. Sebenarnya, apa itu HTTPS dan HTTP? Mana yang lebih baik antara HTTPS vs HTTP? Untuk itu, mari kita kenali dahulu lebih dalam mengenai HTTP dan HTTPS.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol yang bertugas untuk mengatur jalannya komunikasi antara client dan server. Client dapat melakukan perintah dengan mengetikkan kata kunci ataupun alamat website pada address bar.

Sedangkan server itu bertugas untuk mengolah permintaan dari client. Dalam hal ini, web browser merupakan client yang memiliki akses untuk mendapatkan data pada website. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi aman dari protokol HTTP. HTTPS ini dikembangkan sekitar tahun 1993 oleh Netscape Communication.

Perbedaan Serta Manfaat HTTP dan HTTPS

Secara sekilas, mungkin perbedaannya hanya terletak pada penamaannya saja. Tetapi, perbedaan antara HTTPS vs HTTP cukup penting bagi Anda yang memiliki sebuah website untuk tujuan komersial.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Fitur Auto Ads pada Google Adsense

  1. Penggunaan Port Hingga SSL

Penggunaan Port dan SSL pada HTTPS dan HTTP tentunya berbeda. Jika pada HTTP menggunakan port 80, maka HTTPS menggunakan port 443. Sebenarnya, protokol antara HTTP dan HTTPS itu sama. Tetapi, terdapat sertifikat SSL pada HTTPS sehingga menjadi berbeda.

  1. Keamanan Data

Penggunaan HTTPS ini sangat berkaitan dengan keamanan sebuah data. Salah satu celah pada HTTP adalah data yang tersimpan masih rentan dan tidak aman. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS supaya data yang tersimpan bisa lebih terjaga. Terutama data yang berkaitan dengan keuangan, pastinya sangat penting bagi setiap orang.

Bagi Anda yang memiliki website yang berkaitan dengan data-data penting dan belum memiliki HTTPS, sebaiknya Anda mengubahnya sekarang juga. Karena itu sangat penting bagi website Anda.

  1. SEO

Algoritma mesin pencari Google semakin hari semakin diperbarui untuk menjadi lebih baik. Salah satu algoritma terbarunya yaitu berkaitan dengan SSL (HTTPS). Jadi, cara kerja algoritma tersebut adalah dengan memprioritaskan sebuah website yang memiliki SSL (HTTPS) dibandingkan dengan website yang tidak memiliki SSL (HTTP).

Dengan demikian, peringkat suatu website yang ber-SSL akan lebih tinggi daripada website tidak ber-SSL. Saat ini mungkin masih ada beberapa website tanpa SSL yang posisinya masih lebih tinggi daripada website ber-SSL. Tetapi, semakin hari website tersebut akan turun peringkatnya dan dikalahkan oleh website ber-SSL. Untuk itulah tidak ada ruginya mengubah HTTP menjadi HTTPS pada website Anda.

Cara Mendapatkan SSL

Ketika Anda menyewa hosting sendiri, maka otomatis Anda sudah mendapatkan SSL. Biasanya ini sudah jadi fitur tambahan, namun ada juga penyedia hosting yang tidak memberikan fitur SSL gratis. Jika tersedia, website Anda bisa mendapatkan HTTPS secara gratis namun belum diaktifkan. Anda bisa mengaktifkannya pada bagian menu Let’s Encrypt di Cpanel.

Ada juga SSL yang berbayar, seperti Comodo SSL yang cukup terkenal di kalangan pemilik website. Fungsinya tentu lebih lengkap lagi karena memang tingkatan SSL berbeda-beda. Tetapi, dengan menggunakan SSL yang gratis juga sudah lebih dari cukup bagi website Anda.

Anda juga bisa mendapatkan SSL gratis seperti pada Cloudflare. Selain itu, untuk yang  hanya memiliki blogspot tidak perlu khawatir. Anda juga masih bisa mendapatkan SSL gratis pada blogspot custom domain. Dengan demikian, website Anda akan lebih aman dari ancaman.

Baca Juga: Tips aman Bertransaksi Online

Nah, itulah perbedaan antara HTTPS vs HTTP yang sangat berpengaruh pada website. SSL(HTTPS) itu sangat penting bagi keamanan suatu website. SSL mampu membuat sebuah website menjadi lebih terpercaya. Jika website Anda belum memiliki HTTPS, segera ubah sekarang juga.

Related Post

Kekurangan Smart TV Yang Banyak Dikeluhkan Mau beli smart TV tapi bingung pilih merk dan tipe apa? Jangan burur-buru, simak dulu kekurangan smart TV ini sebelum membeli. Smart TV tentu sudah t...
Tips Sukses Mendapat Penghasilan Dari Afiliasi Cli... Clickbank adalah pasar produk digital terbesar. Mau penghasilan dari Clickbank? Ikuti tips mendapat penghasilan dari afiliasi Clickbank berikut ini. ...
Beli Rumah atau Apartemen? Butuh pertimbangan memilih rumah vs apartemen? Keduanya memang merupakan produk properti, biasanya akan ditempati dalam waktu yang lama. Ada kalanya,...
Manfaat URL Shortener dan Kekurangannya URL Shortener bertujuan untuk mempersingkat URL blog/website yang panjang menjadi lebih sederhana. Selain untuk menyederhanakan sebuah URL yang rumit,...
Tips Sukses mendapatkan Penghasilan Dari Afiliasi ... Ini dia tips mendapat penghasilan dari affiliasi Amazon secara lengkap, detail dan mudah dipraktekkan sendiri. Saat ini sangat marak muncul situs jua...
Ketahui Alasan Memblokir Kontak Whatsapp Dan Cara ... Blokir kontak di aplikasi whatsapp sudah sering dilakukan oleh berbagai orang. Hal ini dikarenakan tidak ingin diganggu oleh nomor yang tidak dikenal ...
Pakai Photoshop atau Coreldraw? Photoshop vs Coreldraw. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Bingung mau mencoba yang mana? Baca ulasan berikut. Baik Adobe Photoshop mau...
Cara Pasang Adsense Di Blog Pribadi Dan Tips Blog ... Belum banyak orang yang tahu bagaimana cara pasang adsense di blog. Terutama bagi seorang blogger pemula. Masih ada banyak orang yang belum tahu menge...

One thought on “Perbedaan HTTP vs HTTPS, dan Mengapa HTTPS Penting Bagi Website Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *