Tips Overclock CPU yang Efektif dan Aman

Tips overclock CPU adalah cara meningkatkan kinerja komputer yang paling mudah dan aman. Sangat penting bagi Anda yang suka main game.

Jika ingin performa PC untuk game Anda lebih kuat, lebih cepat dan tahan lama, melakukan proses overclock adalah tindakan yang wajib dilakukan. Akan tetapi, akibat ketidaktahuan akan tips overclock CPU yang aman, Anda tentu takut untuk melakukannya.

Padahal, tips overclocking CPU model terkini lebih mudah, murah dan tidak berbahaya sekalipun diterapkan oleh para pemula. Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja komputer game, berikut ini kami jelaskan beberapa tips overclock CPU komputer yang tidak akan merusak komponen perangkat PC Anda.

Dengan tips ini Anda akan memiliki komputer super power yang akan memanja Anda dengan kualitas kinerja dan visual komputer yang lebih tinggi sehingga pekerjaan dengan komputer dan aktifitas Anda sebagai gamers menjadi tidak terganggu.

  1. Lakukan Back Up Data

Sebelum melakukan proses overclock menggunakan aplikasi overclock CPU terbaik, pastikan semua data dan file Anda di komputer aman. Caranya ialah, lakukan back up data atau memindahkan data Anda ke folder penyimpanan lain. Bisa juga dengan mengalihkan seluruh data penting Anda ke hardisk eksternal yang banyak dijual di gerai-gerai PC dan komputer.

Baca Juga: Processor AMD vs Intel, Pilih Mana?

  1. Angkat Volume Pengaturan Dengan Pelan

Tujuan dilakukannya overclock CPU adalah meningkatkan kinerja komputer. Salah satu bentuk proses kerjanya adalah menaikkan atau meningkatkan setting komponen vital CPU seperti multipliers prosesor, tegangan prosesor dan FSB. Jika ingin proses overclock aman, peningkatan pengaturan atau setting ketiganya tidak boleh sembarangan.

Ada trik trik dan tutorial tertentu yang tidak boleh Anda tinggalkan.

  1. Untuk meningkatkan pengaturan FSB, posisikan di angka 1-2 saja. Karena jika terlalu tinggi, proses overclock akan terganggu.
  2. Untuk mengangkat tegangan prosesor, pastikan range yang digunakan berkisar di angka nol koma saja. Karena jika lebih, tegangan bisa over confidence dan CPU prosesor Anda bisa terbakar.

Nah, dari dua tutorial diatas bisa disimpulkan bahwa cara meningkatkan pengaturan atau setting di dalam proses overclock harus dilakukan secara pelan dan batas volumenya harus tepat.

  1. Pasang Pendingin yang Bagus

Tips overclock CPU yang selanjutnya ialah pasang pendingin CPU yang bagus bukan yang abal abal dan murah. Satu efek proses overclock yang pasti terjadi adalah peningkatan suhu cpu. Namun, Anda tidak usah khawatir. Selama di dalam CPU terdapat komponen pendingin yang bagus, peningkatan suhu ekstrem ini tidak akan memengaruhi proses overclock.

Saran kami, agar prosesor Anda lebih awet ketika dilakukan tips overclock CPU, bukan hanya posisi kipas prosesor dan heatsink yang harus tepat. Namun jumlahnya juga perlu diperbanyak agar proses pendinginannya menjadi maksimal.

  1. Gunakan Power Supply Terbaik

Power supply bukan termasuk prosesor dan multiplier. Sehingga komponen ini bukan bagian dari perangkat CPU yang dilakukan proses overclock. Akan tetapi, komponen ini sangat penting bagi kelancaran proses overclock. Karena tanpanya, arus listrik yang masuk bisa terhambat dan tidak balance.

  1. Mencatat Perubahan Setting akibat Overclock

Tips overclock CPU tanpa root dan tips yang selanjutnya yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah catat semua setting yang telah berubah. Tujuannya adalah supaya Anda bisa mengembalikan pengaturan ke setting-an awal manakala sewaktu waktu Anda membutuhkannya.

Komputer yang sudah di overclock akan meningkatkan beban listrik. Sehingga bisa jadi, sewaktu waktu Anda ingin menurunkannya kembali pada kinerja komputer yang normal, tips overclock CPU yang kelima ini bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Bagaimana, cukup sederhana dan mudah bukan? Silahkan dicoba beberapa tips overclock CPU yang paling aman tersebut. Biarpun sederhana namun sangat efektif bahkan tidak memerlukan biaya yang mahal.

2 thoughts on “Tips Overclock CPU yang Efektif dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *