Perlukah Melakukan Root Pada Smartphone?

Berhati hatilah ketika melakukan root smartphone karena bisa membuat ponsel rusak. Berikut kami ulas manfaat dan bahayanya.

Para pengguna android pasti kenal dengan yang namanya aktifitas rooting atau root smartphone. Fungsi dari root smartphone adalah untuk menghapus software atau aplikasi yang berbahaya sepeti marlware atau bloatware yang tidak bisa dihilangkan dengan cara penghapusan biasa.

Akan tetapi, melakukan rooting android sangat riskan bahkan berbahaya jika tidak paham cara melakukannya. Bisa-bisa perangkat smartphone Anda malah rusak. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan secara rinci fungsi dari root smartphone sekaligus kelemahan dan bahayanya. Diharapkan dari penjelasan tersebut, Anda bisa menarik kesimpulan, apakah cara ini perlu dilakukan atau tidak.

Fungsi Root Smartphone Android

  1. Memberikan Banyak Pilihan Aplikasi Custom ROM

Ketika Anda ingin menerapkan sistem modding untuk android, maka sistem bootloader dengan custom recovery harus Anda unclock terlebih dahulu. Sehingga pilihan aplikasi custom ROM yang tergolong ke dalam Flashing aplikasi bisa Anda terapkan. Nah fungsi Root adalah untuk membuka kunci tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Androud yang Wajib Diinstall di Smartphone

  1. Menghapus Program yang Tidak Bisa Di Uninstall

Aplikasi bawaan android sebagian besar tidak bisa dihapus dengan aplikasi uninstall bawaan maupun software uninstaller pihak ketiga. Aplikasi semacam ini disebut dengan istilah Bloatware. Akan tetapi, jika bloatware dirasa tidak berguna, bahkan hanya membebani memori saja, tindakan deleting perlu juga untuk dilakukan. Nah, disinilah peran rooting diperlukan sebagai penghapus bloatware yang pasti sukses.

  1. Meningkatkan Otorisasi Anda sebagai User

Kelebihan root smartphone yang ketiga adalah Jika android Anda sudah dilakukan proses root, tentu Anda lebih leluasa memainkan program HP. Bahkan Anda bisa mendeteksi adanya aplikasi yang aktif tanpa sepengetahuan Anda. Sehingga Anda mudah untuk menghapusnya. Akibatnya, android Anda menjadi berbeda dengan yang lain, interface-nya lebih elegan, hemat daya baterai, serta ponsel Anda menjadi ajang berkreatifitas.

Kelemahan dan Bahaya Root Smartphone

Setelah kami list fungsi dari root smartphone diatas, berikut ini, kami juga akan menjelaskan tentang bahaya dari dampak root smartphone tersebut.

  1. Android Menjadi Error Bahkan Rusak

Proses melakukan rooting tidak semudah melakukan instalasi aplikasi atau software biasa. Karena root smartphone dilakukan manakala android sedang off. Sehingga, proses ini terjadi melalui intervensi sandi atau kode kode tertentu.

Jika ada kekeliruan dalam pemasangan kode, tentu perangkat android Anda akan error bahkan corrupt. Masalah menjadi semakin pelik, karena ternyata tidak semua tipe android bisa melakukan proses unroot. Sehingga solusi terakhir untuk android Anda adalah dibawa ke service ponsel.

  1. Tidak Bisa Update OS

Kelemahan dan bahaya root smartphone yang kedua adalah Anda tidak akan bisa melakukan update Operasi Sistem atau OS android terbaru. Karena setelah proses root, OS default sudah rusak dan berubah. Sehingga, setiap Anda menyetujui permintaan notifikasi update OS, pihak penyedianya secara otomatis akan menolak.

  1. HP Menjadi Sasaran Hacker

Kerugian root smartphone yang selanjutnya adalah data anda mudah dicuri hacker atau peretas android. Manakala android Anda sudah dilakukan rooting, itu artinya, keamanan data Anda memiliki celah. Sebab, aplikasi security bawaan OS sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Terkadang HP semacam inilah yang menjadi sasaran para peretas atau hacker untuk mencuri atau membobol data penting Anda. Tentu, Anda tidak ingin itu semua terjadi.

  1. Virus Mudah Merusak Ponsel

Ponsel android yang sudah dilakukan proses rooting, hendaknya menginstal aplikasi antivirus terbaik dan berbayar. Pasalnya, keamanan android Anda sedang lemah sehingga virus spyware, malware, Trojan dan lain lain akan mudah menyerang ponsel Anda.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Root Android Terbaik

Itulah beberapa fungsi dan bahaya root smartphone. Dengan adanya penjelasan di atas, kami mengharapkan Anda sudah bisa mengambil sikap apakah melakukan root pada smartphone adalah perlu atau tidak.

2 thoughts on “Perlukah Melakukan Root Pada Smartphone?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *