Pilih Processor AMD atau Intel?

Mau pilih processor AMD atau Intel sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda, selain itu sesuaikan budget jika akan membeli

Anda mau pilih processor AMD atau Intel? Inilah pertanyaan umum ketika seseorang berencana membeli sebuah laptop ataupun komputer. Kualitas kedua processor sama baiknya, namun masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan serta tujuan penggunaannya. Sehingga, tidak jarang beberapa orang terlibat perdebatan mengenai kedua processor tersebut.

Processor otak dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya ada banyak produsen processor di dunia diantaranya ARM, Transmeta, dan Via. Namun hanya ada dua yang terkenal khususnya di Indonesia yaitu AMD vs Intel. Bagi orang awam, hal semacam ini mungkin biasa saja karena dianggapnya semua komputer sama.

Padahal komputer dengan kualitas baik sangat ditentukan oleh processor yang tertanam didalamnya. Bagi yang sudah terbiasa dengan komputer ataupun laptop akan sangat mudah mengetahui karakteristik dan keunggulan kedua processor tersebut.

Pilih Processor AMD atau Intel

Pilih processor AMD atau Intel? Anda tidak akan bisa menjawabnya sampai tahu karakteristik masing-masing. Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Asus ROG vs Lenovo Legion, Pilih Mana?

Kelebihan Processor AMD

  1. Segi grafis lebih bagus

Kelebihan yang jadi favorit bagi gamers adalah grafis processor AMD sangat baik dan sangat sesuai untuk bermain game.

  1. Harga lebih murah

Processor AMD lebih murah dibandingkan Intel, ini bisa menjadi solusi bagi gamers yang ingin melakukan upgrade processor ke level yang lebih tinggi. Jadi, sekarang mau pilih processor AMD atau Intel? AMD lebih ekonomis dari segi harga.

  1. Dapat mendeteksi malware

Pada AMD ditambahkan fitur untuk mendeteksi virus dan fitur tersebut bernama Enchanced Virus Protection. Jadi pada saat Anda mengerjakan program, maka saat itu pula fitur ini ikut bekerja memastikan adakah virus yang menempel.

Kekurangan Processor AMD

  1. Lebih mudah panas ketika digunakan

Kelemahan processor AMD satu diantaranya adalah sering panas. Hal ini dikarenakan processor tetap mempertahankan kecepatan transfer data, meskipun processor mengalami penurunan kinerja.

  1. Kurang bagus untuk multimedia

Bagi Anda yang bekerja di bidang multimedia lebih baik menggunakan Intel saja dari AMD. Meskipun AMD vs Intel selalu bersaing merebut hati pelanggan, keduanya dapat saling mengisi kekurangan.

Kelebihan Processor Intel

  1. Tidak bising saat digunakan

Kelebihan dari menggunakan processor Intel adalah tidak bising saat digunakan. Hal ini dikarenakan produsen Intel mengutamakan kepuasan pelanggan dan pengalaman pengguna.

  1. Multimedianya lebih bagus

Bagi para youtuber atau para pekerja multimedia akan sangat baik jika menggunakan komputer dengan processor Intel. Karena kualitas dari render lebih bagus daripada AMD.

  1. Tidak mudah panas

Kelebihan ini banyak jadi incaran pengguna, karena laptop tidak mudah panas meskipun digunakan cukup lama. Hal tersebut dapat terjadi karena processor sudah dirancang agar bisa mengatur suhu pada saat laptop bekerja. Mau pilih processor AMD atau Intel?

Baca Juga: Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Kekurangan Processor Intel

  1. Harga lebih mahal

Popularitas Intel sebagai processor, justru membuat processor tersebut menjadi lebih mahal dibandingkan AMD.

  1. Segi grafisnya kurang bagus

Grafis yang dimiliki oleh Intel kurang bagus bagi para gamers, sehingga ada baiknya Anda menggunakan AMD. Mau pilih processor AMD atau Intel?

  1. Biaya penggantian spare part mahal

Apabila processor laptop yang Anda gunakan rusak, maka biaya untuk perbaikan akan lebih mahal. Sehingga jangan melakukan sesuatu yang tidak perlu yang berakibat kerusakan pada processor Intel Anda.

Setelah membaca rincian di atas, Anda mau pilih processor AMD atau Intel? Semoga dapat menjadi pertimbangan untuk membeli laptop dengan salah satu merk processor tersebut.

3 thoughts on “Pilih Processor AMD atau Intel?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *