Pilih iPhone X atau Samsung Galaxy S9?

Mau pilih iPhone X atau Samsung Galaxy S9 ya? Coba cermati dulu iPhone X vs Samsung Galaxy S9 berikut ini.

Dunia smartphone kini tengah berada pada masa terbaiknya. Perkembangan teknologi semakin pesat, berbagai inovasi terus dilakukan oleh para produsen ponsel pintar itu. Dua brand yang sudah memiliki nama besar dalam dunia ponsel pintar adalah iPhone dan Samsung. Kali ini, keduanya mengeluarkan seri terbaru. iPhone dengan iPhone X-nya dan Samsung dengan Samsung Galaxy S9-nya. Berikut ulasan mengenai iPhone X vs Samsung Galaxy S9.

iPhone X

Bila ingin membandingkan iPhone X dengan Samsung Galaxy S9, itu artinya Anda harus mengetahui spesifikasi, hingga kelebihan dan kekurangannya. Sebagai keluaran terbaru, iPhone X tentu dibekali spesifikasi yang mumpuni. Apa saja ya?

Bagian Spesifikasi
Warna Perak, abu-abu
Ukuran 143,6×70,9×7,7 mm
Berat 174 gram
Baterai Li-ion non removable, wireless charging, fast charging
SIM Single SIM
Jaringan 2G, 3G HSDPA, 4G LTE, VoLTE
Layar OLED Multi-Touch Super Retina HD 5,8 inci
Resolusi layar 1125×2436 pixels; 458 ppi
Fitur layar True tone and HDR Display, 3D touch, fingerprint resistant, wide color
Kapasitas memori 64/256 GB, tanpa slot kartu SD
Kapasitas RAM 3 GB
Sistem operasi IOS 11
Prosesor Hexa-core Appe A11 Bionic 64 bit
GPU 3 core Apple GPU
Kamera depan 7 MP f/2,2
Kamera belakang Dual Camera 12 MP (Wide f/1,8 dan telephoto f/2,4)
Konektivitas Wi-Fi, Hotspot, USB, Bluetooth, GPS, NFC

Lebih rinci, spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone X adalah sebagai berikut:

  • Layar

iPhone X dibekali layar Super Retina HD dengan OLED Multi-Touch menyeluruh sampai 5,8 inci. Layar ini merupakan HDR dan memiliki resolusi sebesar 2436×1125 pixel pada 458 ppi. Rasio kontrasnya sebesar 1.000.000:1, memiliki kecerahan maksimal hingga 625 cd/m2, dan dilengkapi lapisan oleophobic anti sidik jari. Layar ini sudah memiliki fitur 3D touch dan dapat menampilkan berbagai karakter dan bahasa bersamaan.

Baca Juga: Android vs iOS, Mana yang Lebih Baik?

  • Chip

Chip yang dimasukkan ke dalam iPhone X adalah Chip A11 Bionic 64 bit. Chip bermesin neural dan sudah terpasang koprosesor gerakan M11.

  • Kamera (foto)

Untuk kaum hawa, khususnya, kamera menjadi fitur utama yang disoroti sebelum membeli ponsel. Kamera iPhone X sudah dapat digunakan untuk telephoto dan wide-angle dengan resolusi sebesar 12 MP. Untuk zoom optik/zoom digital, mampu dilakukan hingga 10x dari ukuran asli. Kamera dari iPhone X sudah dibekali kemampuan untuk menstabilkan gambar optik ganda.

Terdapat enam elemen pada lensa dan Flash True Tone Quad-LED dengan Slow Sync. Lensa ditutup dengan penutup yang terbuat dari kristal safir. Di sisi belakang diberikan sensor penerangan dan telah dibekali filter IR hibrida. Anda tidak perlu repot untuk memfokuskan, karena kamera iPhone X dapat melakukan fokus otomatis dengan focus pixels.

Berbagai hal yang dapat dilakukan dengan kamera iPhone X, seperti mendeteksi tubuh dan wajah, dan mengaktifkan mode beruntun. Selain itu, Anda dapat juga mengaktifkan mode timer dan beruntun, menandai lokasi foto, mengurangi noise, hingga menyimpan dalam format HEIF.

  • Perekaman Video

iPhone X memiliki kemampuan merekam berbagai video, mulai dari 4K, HD 1080p, dan HD 720 p. Zoom optik/zoom digitalnya hingga 6x. Video slow motion 1080p dapat dibuat pada kecepatan 120 fps atau 24 fps. Ketika Anda tengah merekam video 4K, maka Anda juga dapat sambil mengambil foto 8 MP. Adapun video yang direkam akan berformat HEVC dan H.264.

Baca Juga: Perbedaan iPhone X, XR, XS, dan XS Max

  • Daya dan Baterai

Baterainya memiliki daya pakai 2 jam lebih lama dibandingkan iPhone 7. Pengisian ulang daya baterai dapat berlangsung cepat, hingga 50% dalam waktu 30 menit. Namun ketahanan daya baterai ini juga bergantung pada penggunaan.

Samsung Galaxy S9

Adapun pesaing paling berat dari iPhone X, yaitu Samsung Galaxy S9 memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Bagian Spesifikasi
Ukuran 147,7×68,7×8,5 mm
Berat 163 gram
Baterai Li-ion non removable 3000 mAh
SIM Nano SIM atau slot SD card
Jaringan GSM, HSPA, LTE
Layar Super AMOLED 5,8 inci
Resolusi layar 1440×2960 pixels; 529 ppi
Kapasitas memori 64/400 GB, dengan slot kartu SD
Kapasitas RAM 4 GB
Sistem operasi Android 8 Oreo
Prosesor Exynos 9810, Snapdragon 845 64 bit
GPU Octacore
Kamera depan 8 MP f/1,7
Kamera belakang Dual Camera 12 MP (f/1,5 dan f/1,4)
Konektivitas Wi-Fi, Hotspot, USB, Bluetooth, GPS, NFC

Secara lebih rinci, spesifikasi dari Samsung Galaxy S9 adalah sebagai berikut.

  1. Layar

Layarnya memiliki ukuran 5,8 inci dan rasio sebesar 18,5:9. Resolusi mencapai 1440×2960 pixels membuat Samsung Galaxy S9 memiliki kecerahan yang baik. Corning Gorilla Glass 5 dipercaya untuk melindungi layar Samsung Galaxy S9.

Baca Juga: Smartphone Termahal yang Layak Dibeli

  1. Kamera

Kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8 MP dan bukaan f/1,7. Berbagai fitur panorama juga disediakan dan memungkinkan untuk mengambil lebih dari satu foto sekali waktu. Kamera belakang dengan resolusi 12 MP dan dual aperture (memiliki 2 bukaan). Bukaan f/1,5 digunakan ketika mengambil foto di tempat yang tidak terang. Sedangkan bukaan f/2,4 digunakan ketika mengambil foto di tempat terang.

Kamera belakang juga memiliki berbagai fitur, seperti pendeteksi autofocus, LED flash, dual pixel PDAF, dan simultan 4K video.

  1. Perekaman Video

Samsung Galaxy S9 sudah mendukung pengambilan video 4K. Anda juga dapat menggunakan fitur slow-motion untuk pengambilan video berkecepatan 960fps.

  1. Prosesor

Untuk pasaran Indonesia, Samsung menggunakan Chipset Exynos 9810 fabrikasi 10 nm FinFET. Dalam chipset tersebut ditanam prosesor Octacore Mongoose generasi ketiga. Sedangkan untuk grafisnya, digunakan prosesor 18 Core Mali G72.

Jadi mau pilih iPhone X atau Samsung Galaxy S9?

Setelah membaca spesifikasi masing-masing, apakah Anda masih bingung untuk memilih di antara iPhone X vs Samsung Galaxy S9? Jika Anda masih bingung, mungkin perbandingan berikut bisa menjadi pertimbangan.

Spesifikasi iPhone X Samsung Galaxy S9
Ukuran layar 5,8 inci 5,8 inci
Resolusi 1125×2436 pixels 1440×2960 pixels
Prosesor Apple A11 Bionic Exynos 9810/Snapdragon 845
RAM 3 GB 4 GB
Kapasitas penyimpanan 64/256 GB 64 GB
Slot kartu SD Tidak ada Ada
Baterai 2761 mAh 3000 mAh
Kamera depan 7 MP 8 MP
Kamera belakang Dual 12 MP Dual 12 MP
Sensor fingerprint Tidak ada Ada
NFC Ada Ada
Sistem operasi iOS 11 Android 8 Oreo

Kedua ponsel ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam spesifikasinya. Selisih dari beberapa spesifikasi yang berbeda pun tidak terpaut jauh. Pada iPhone, fitur sensor fingerprint memang dihilangkan dan diganti dengan Face ID.

Desain keduanya nyaris serupa, hanya terdapat perbedaan sedikit pada ukuran. Terkait kamera, baik iPhone X maupun Samsung Galaxy S9, keduanya telah dibekali fitur slow-motion yang hasilnya tidak kalah dari hasil kamera.

Untuk keamanan, iPhone X dan Samsung Galaxy S9 sama-sama dibekali fitur untuk mengenali wajah penggunanya. Perbedaan ada pada teknologi yang digunakan. iPhone X menggunakan teknologi inframerah dengan TrueDepth Camera. Adapun Samsung Galaxy S9 memakai teknologi Intelligent Scan yang berfokus pada pengenal iris mata.

Baca Juga: Nokia 8 Dibanderol 8 Jutaan Rupiah

Di Indonesia, iPhone X akan dibanderol dengan harga Rp18 juta, sedangkan Samsung Galaxy S9 seharga Rp18 juta. Pemilihan di antara keduanya tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan cukup panjang mengenai iPhone X vs Samsung Galaxy S9 bisa membantu Anda memilih ponsel yang Anda butuhkan ya.

One thought on “Pilih iPhone X atau Samsung Galaxy S9?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *