Pertarungan Sengit Tokopedia vs Shopee

Dari sekian market place di Indonesia, saat ini sangat mencolok persaingan antara Tokopedia vs Shopee. Seperti apa adu kekuatannya?

Berbelanja di era modern ini memang sudah sangat berbeda apabila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Tidak hanya kebutuhan barang-barang rumah tangga, pakaian dan elektronik lagi yang biasa dibeli secara online. Fenomena ini membuat para online market place seperti Tokopedia dan Shopee berlomba-lomba menarik pembeli dengan fitur maupun promosi yang tidak tanggung-tanggung. Pertarungan antara Tokopedia vs Shopee pun terlihat sengit. Keduanya menghambuarkan uang besar-besaran untuk promosi. Mari kita simak kelebihan kedua tempat belanja online terfavorit ini.

Tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan berbagai kalangan juga disuguhkan oleh kedua merk ini. Setiap orang dari kalangan maupun usia apapun dapat berbelanja dengan mudah. Mereka juga tertarik untuk mempelajari teknologi ini karena tertarik dengan promosi mereka yang gila-gilaan dan membuat heboh.

Baca Juga: Belanja Online, Siapa Takut?

Jualan di Tokopedia vs Shopee

Adu kekuatan Tokopedia Vs Shopee juga tak lepas dari berapa banyak penjual yang melapak di sana. Ini karena penjual tidak perlu mengeluarkan modal sebanyak membuat toko fisik. Selain itu, banyak penjual juga menggunakan metode reseller atau dropship dimana mereka tidak perlu benar-benar memiliki barang yang dijual. Mereka hanya perlu memasarkan produk dan penyedia barang yang akan mengirimkan barang tersebut ke pembeli atas nama sang penjual.

Jika dibandingkan dengan marketplace lainnya, Tokopedia dan Shopee memang menawarkan fitur dropship ini. Mereka juga memberikan diskon yang dapat menguntungkan kedua pihak. Promosi yang tinggi untuk penjual serta murahnya produk untuk pembeli menunjukkan bahwa mereka peduli akan kedua belah pihak. Keamanan dari kedua perusahaan besar ini juga terjamin.

Ini mempermudah orang-orang yang tertarik untuk mempelajari jualan online karena dapat berjualan tanpa modal. Menanamkan hobi berdagang pada masyarakat juga penting karena kesadaran berwirausaha juga harus didukung oleh fasilitas yang mendukung. Tokopedia dan Shopee berhasil mengajak banyak orang untuk memulai bisnisnya sendiri.

Baca Juga: e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

Review Tokopedia vs Shopee

Membahas Tokopedia vs Shopee tak lepas dari mengulas persaingan fitur keduanya. Shopee mulai terkenal karena berani menawarkan fitur gratis ongkos kirim yang menguntungkan pembeli. Fitur ini memang menjadi alasan utama mengapa masyarakat Indonesia mulai beralih ke e-commerce untuk berbelanja. Hal ini dikarenakan dengan ongkos yang lebih murah dibandingkan berbelanja di supermarket.

Anda juga mendapatkan kepraktisan karena Anda bisa memesan produk hanya dengan ponsel saja. Shopee juga sangat peduli dengan brand awareness sehingga jika pembeli mendengar Shopee, otomatis akan teringat dengan promosi ini.

Tokopedia juga tidak kalah terkenal dari Shopee. Memang Tokopedia adalah online market place yang sudah berada di Indonesia cukup lama sehingga memiliki banyak pelanggan. Kepercayaan masyarakat dengan merk ini memang sudah tidak diragukan lagi. Memiliki pelanggan tersendiri memang sangat penting di dunia pemasaran, dan ini membuat Tokopedia dapat bersaing dengan Shopee sampai saat ini.

Tokopedia juga kerap mengeluarkan fitur yang membantu kemudahan penjual serta pembeli dalam melakukan transaksi. Fitur-fitur ini bersaing dengan kompetitor lainnya, tetapi mereka masih tetap unggul dalam pasarnya. Perencanaan bisnis yang baik memang mereka miliki dan sukses menjalaninya. Ini yang membuat mereka tidak gampang tergoyahkan oleh persaingan ketat di Indonesia ini.

Baca Juga: Fan Page Facebook Kini Bisa Hasilkan Uang

Jika membandingkan Tokopedia vs Shopee, memang cukup bersaing satu sama lain karena teknologi maupun fitur yang mereka suguhkan berbanding. Keduanya pun telah berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat. Kemudahan serta kepraktisan yang ditawar, serta keamanan yang tinggi telah berhasil membuat dua perusahaan ini tergolong online marketplace tertinggi di Indonesia.

One thought on “Pertarungan Sengit Tokopedia vs Shopee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *