Perkembangan Teknologi dalam 10 Tahun Terakhir

Kemajuan teknologi semakin terasa 10 tahun terakhir ini. Geliat perkembangan merambah segala segi kehidupan manusia. Adakah dampak negatifnya?

Sepuluh tahun lalu, mungkin Anda sedang memegang Blackberry dan saling mengirim pesan lewat BBM terbilang keren. Tahun ini, sudah sangat jarang sekali ditemukan ponsel yang tidak memiliki fitur layar sentuh digunakan. Sadarkah Anda seberapa pesatnya kemajuan teknologi dalam 10 tahun terakhir ini?

Perubahan Tren Media Sosial

Sekitar satu dekade yang lalu, sosial media yang terkenal adalah MySpace dan Friendster. Selama sepuluh tahun terakhir ini banyak sekali beragam jenis sosial media yang datang dan pergi. Mulai dari Foursquare dan Ask.fm yang sudah jarang digunakan lagi, sampai Snapchat yang telah digantikan oleh Instagram.

Perubahan Tren Belanja Online

Hal ini bisa dirasakan juga dengan pertambahan banyak online market place yang tersedia. Apabila dulu pembelian barang di dunia maya sangat rentan dengan penipuan, sekarang Anda dapat berbelanja dengan rasa aman dan tanpa perlu mengkhawatirkan hal ini. Perantara perbelanjaan Anda ini pun telah berlomba-lomba untuk menyediakan promosi yang sangat menarik, salah satunya adalah gratis ongkos kirim.

Pembelian yang dilakukan pun beragam. Dimulai dari barang rumah tangga sampai bahan makanan sudah mudah dipesan dengan cepat. Bahkan, di kota-kota besar bukan hal aneh lagi untuk melakukan belanja bulanan secara online! Ya, Anda tidak perlu pergi ke supermarket dan mendorong troli berat penuh dengan barang belanjaan Anda. Cukup memasukkan barang tersebut ke keranjang akun belanja online.

Baca Juga: Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

Perubahan Tren Pembayaran

Fenomena ini tidak hanya dapat dilihat secara online. Apabila dahulu Anda sering diwanti-wanti untuk tidak berbicara dengan orang asing, terlihat banyak sekali pengguna transportasi online yang setiap harinya menumpang kendaraan orang yang tidak dikenal. Kepercayaan antar manusia pun meningkat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Inilah yang sering kita lihat dalam transaksi dengan ojek online.

Selain itu, di tahun 2018 sendiri kemajuan teknologi di Indonesia yang bisa kita rasakan adalah pembayaran dengan dompet virtual. Bahkan, perusahaan-perusahaan yang menyuguhkan metode ini telah menyediakan mesin EDC sendiri di toko-toko yang Anda kunjungi sehari-harinya. Berbelanja pun semakin efektif di kehidupan nyata, tidak hanya di dunia maya.

Baca Juga: Teknologi Smartphone Layar Lipat 2019

Pentingkah Kemajuan Teknologi Bagi Manusia?

Dengan kemajuan teknologi berarti manusia harus terus beradaptasi dengan hal-hal yang baru lebih cepat dari sebelumnya. Kebanyakan orang merasa terbantu dengan fenomena ini, tetapi tidak sedikit juga yang menentang pesatnya dengan alasan kemajuan teknologi akan membahayakan nilai-nilai yang telah ditanamkan dahulu.

Banyak yang menyalahkan perangkat maupun ilmu baru. Namun, harus disadari bahwa secanggih apapun ponsel maupun teknologi terbaru, manusia juga harus pintar menempatkan diri serta turut mempelajarinya sehingga tidak terkontrol oleh benda-benda tersebut. Akibat yang didapat dari penyalahgunaan teknologi sangatlah berbahaya.

Contohnya adalah penggunaan ponsel yang berlebihan di semua kalangan umur. Bahkan banyak sekali balita yang disuguhkan tontonan di ponsel dengan tujuan untuk menenangkan anak tersebut. Remaja dan orang tua juga banyak yang sudah memiliki ketergantungan dengan perangkat ini.

Pesatnya kemajuan teknologi adalah sesuatu yang sangat menarik karena semakin lama perubahan yang terjadi semakin cepat. Akan banyak sekali teknologi baru nan unik yang akan bermunculan dalam sepuluh tahun lagi yang mungkin belum bisa terbayangkan oleh Anda saat ini. Tentunya, ini akan membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan menyenangkan sehingga Anda bisa fokus terhadap tujuan hidup lainnya.

Baca Juga: Mengenal Artificial Intellegence dan Penggunaannya

Kita semua telah merasakan manfaat dari kemajuan teknologi bagi manusia, sehingga hal yang lebih baik dilakukan adalah mengontrol porsi penggunaan perangkat ini agar tidak terjerumus dalam ketergantungan. Ini karena manfaat yang dapat diraih dari perkembangan ini sangat banyak dan telah mempercepat proses-proses serta mempermudah segala aspek kehidupan, di lingkungan apapun, untuk usia berapapun.

2 thoughts on “Perkembangan Teknologi dalam 10 Tahun Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *