Mengenal Artificial Intellegence dan Penggunaannya

Sudah tau pengertian dan fungsi Artificial Intelligence yang sedang berkembang secara pesat dan ramai diperbincangkan ini? Jangan sampai telat!

Kehidupan telah merambah ke dunia digital dengan semakin mudahnya akses teknologi. Era digital ini menggunakan sistem yang dapat diakses dan menyebar informasi ke lebih dari separuh penduduk dunia. Bidang teknologi yang sedang dikembangkan dan banyak dipergunakan sekarang adalah Artificial Intelligence (A.I.). Penasaran dengan pengertian dan fungsi Artificial Intelligence yang telah disebut-sebut dapat memaksimalkan peluang yang manusia miliki ini? Mari kita bahas teknologi canggih ini!

Baca Juga: Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

Pengertian dan Fungsi Artificial Intelligence

Definisi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah kemampuan suatu mesin ataupun program komputer untuk berfikir dan belajar layaknya seorang manusia. Hal ini memungkinkan mesin untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Jadi, mesin tersebut mampu meniru perilaku berfikir manusia, serta dapat bertindak dengan cara seperti manusia.

Ketika berbicara tentang ini, banyak orang yang membayangkan seorang robot yang mirip sekali dengan manusia dan ini baru akan muncul di masa depan. Padahal, kehidupan disekitar telah dipenuhi dengan Artificial Intelligence ini.

Jika Anda pengguna Apple, tentunya familiar dengan fitur asisten pribadi bernama Siri. Fitur ini mampu mendeteksi suara pemiliknya serta memahami apa yang dibutuhkan. Setelah itu, Siri akan mengolah informasi dan memberikan solusi dari permasalahan yang kita miliki. Tidak hanya sampai disitu, Siri akan terus mempelajari pemiliknya agar semakin lama dapat lebih akurat dalam bekerja

Bukan pengguna Apple? Contoh lainnya yang sudah sering digunakan banyak orang untuk mendengar musik adalah aplikasi Spotify. Aplikasi streaming musik ini melihat apa yang biasanya Anda pilih dan menggunakan informasi tersebut untuk menyuguhkan saran lagu yang Anda sukai. Ini adalah contoh sederhana penggunaan Artificial Intelligence dalam keseharian Anda.

Baca Juga: Virus dan Worm serta Cara Menghindarinya

Selain itu, penggunaan Artificial Intelligence dapat Anda saksikan pada aplikasi maupun gadget lainnya seperti Amazon Alexa, Netflix, bahkan GPS di ponsel Anda. Netflix memiliki prediksi yang akurat mengenai reaksi pelanggan terhadap suatu film. Semakin tahun, teknologinya pun akan semakin pintar dalam memberikan saran film.

Selayaknya seorang pemandu, GPS seperti Google Maps dapat mengarahkan Anda ke destinasi yang dituju. Selanjutnya, Google Maps akan terus mempelajari jalan tercepat maupun terfavorit dari para pengguna.Apakah hanya sampai disana saja? Tidak. Itu hanyalah beberapa contoh kecil yang dapat Anda saksikan langsung. Artificial Intelligence dapat berfungsi dan berkembang jauh lebih daripada itu

Salah satu fungsi utamanya adalah mengganti manusia dalam pekerjaan tertentu, namun dengan tingkat kesalahan yang sangat rendah. Mereka juga dapat diatur untuk berfikir logis tanpa melibatkan emosi, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih rasional daripada manusia. Bahkan, mereka tidak perlu beristirahat secara fisik maupun mental sesering manusia.

Ini sangat mempengaruhi bagaimana dikemudian hari kita akan melakukan pekerjaan yang ada. Akan banyak pekerjaan manusia yang dapat dialihkan dan dikerjakan dengan perkembangan teknologi ini. Peneliti juga dapat lebih cepat mengembangkan teknologi dengan bantuan kecerdasan buatan tersebut.

Penggunaan Artificial Intelligence di Indonesia

Meskipun dapat dirasakan oleh kebanyakan orang, di Indonesia sendiri perkembangan Artificial Intelligence tidak berkembang pesat layaknya negara-negara lainnya. Dapat terllihat banyak bisnis di Indonesia yang mulai merambah ke arah e-commerce. Tetapi, banyak juga msayarakat yang lebih memilih cara tradisional dan tidak mulai mengejar dan melakukan lompatan dalam cara berbisnis. Padahal, adaptasi ini sudah harus dilakukan mulai dari sekarang sebelum terlambat.

Baca Juga: Android vs iOS, Mana yang Lebih Baik?

Begitulah penjelasan sederhana mengenai apa pengertian dan fungsi Artificial Intelligence. Jadi, kedepannya mesin pun akan dapat berfikir, memahami dan menyelesaikan masalah serta belajar dari masalah tersebut agar bisa bekerja secara maksimal di kemudian hari. Kecerdasan yang dimiliki bahkan diramal untuk mengalahkan kecerdasan manusia, loh!

2 thoughts on “Mengenal Artificial Intellegence dan Penggunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *