Cara Bijak Hindari Hoax

Temukan tips kenali hoax paling efektif yang diulas dalam artikel ini, agar terhindar dari berita yang belum pasti kebenarannya.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi semakin memudahkan siapapun dalam mengakses berita. Namun sayangnya kecepatan arus berita ini kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk memasukkan berita-berita palsu yang kini sering disebut sebagai berita hoax. Untuk itu sebagai pemabaca hendaknya kita mampu menyaring berita yang masuk. Sehingga tidak terjebak dalam pembohongan. Nah berikut ada beberapa tips kenali hoax yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger Sukses

Tips Mengenali Hoax

  1. Cek Narasumber

Hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah mengecek siapa narasumber berita. Terutama jika Anda mendapatkan berita dari hasil berbagi di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Biasanya berita yang disebar melalui media sosial jarang mencantumkan siapa narasumber atau pengunggah berita.

Jika dari lembaga pers, perhatikan domain yang digunakan. Jika tidak menggunakan top level domain, bisa saja isi beritanya meragukan. Karena media besar biasanya akan lebih hati-hati menuliskan informasi.

  1. Perhatikan Judul yang Provokatif

Berita hoax sering memakai kosa kata provokatif untuk memancing pembaca berkunjung ke situs atau link yang dibagikan. Biasanya pembuat berita akan memancing pembaca dengan menuliskan judul menggunakan huruf besar, yang diakhiri tanda baca seperti tanda seru atau tanda tanya. Jika judul tersebut cenderung memaksa atau mengejutkan, maka bisa jadi isi dari berita adalah hoax.

  1. Budayakan Membaca Utuh

Kebanyakan orang cenderung hanya membaca headline atau judul berita tanpa mau membaca isi berita terlebih dahulu. Padahal belum tentu isi yang diberitakan sesuai dengan judulnya. Karena kebanyakan berita hoax isi beritanya bertolak belakang dengan judul. Untuk itu jangan malas membaca keseluruhan isi berita yang Anda terima. dan jangan lupa pahami keseluruhan makna dari berita.

  1. Saring Sebelum Sharing

Tips kenali hoax di media sosial yang tak kalah pentingnya adalah budaya menyaring berita sebelum membagikannya. Kemudahan menyebarluaskan berita melalui media sosial kerap membuat orang begitu mudah menekan tombol “share”. Nah untuk mengantisipasi tersebarluasnya berita hoax, ada baiknya Anda bertanya atau berdiskusi dulu pada teman-teman tentang isi berita yang Anda terima.

Baca Juga: e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

  1. Cari Sumber Pembanding Berita

Jangan hanya membaca berita dari satu sumber saja. Terutama jika masih ragu akan kebenaran isi dari suatu berita. Biasanya berita yang memang sudah pasti kebenarannya akan dimuat di media cetak resmi, disiarkan di televisi, atau pun situs-situs media yang telah terverifikasi sebagai situs resmi dewan pers. Jika berita yang Anda baca tidak sejalan dengan berita yang dimuat pada media-media resmi, maka itu adalah berita hoax.

  1. Waspadai Video atau Kiriman Gambar

Selain berupa tulisan, informasi hoax bisa juga disebarkan dalam bentuk video atau pun gambar. Biasanya di tengah booming-nya suatu isu, banyak orang yang akan memanfaatkannya dengan menyebarkan video dan gambar yang tidak sesuai dengan kejadian saat itu. Tak hanya itu ada juga yang berupa foto editan yang dikerjakan oleh para ahli edit foto. Jadi jangan langsung percaya, tetapi analisalah terlebih dahulu.

  1. Jadilah Orang yang Kritis

Bersikap cerdas dalam menghadapi derasnya arus berita akan membantu Anda terhindar dari berita hoax. Perhatikan dengan teliti apakah berita tersebut bermanfaat atau tidak. Jika dirasa tidak bermanfaat, maka lewatkan saja. Selain lebih efektif, hal ini juga akan lebih membantu Anda berpikir lebih rasional dalam merespon suatu informasi.

Baca Juga: Penghasilan Pasif dari Google Adsense

Demikian tips kenali hoax terhadap banjirnya berita di tengah teknologi digital. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda dalam memilah dan memilih berita yang beredaar. Semoga kita semakin bijak memanfaatkan media sosial dan teknologi informasi di masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *