Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Solusi pc lemot adalah dengan upgrade RAM, upgrade VGA, upgrade Processor komputer. Namun, manakah yang memberikan pengaruh lebih efektif? manakah yang didahulukan?

Memiliki PC yang canggih dan memadai tentu menjadi harapan setiap orang, khususnya bagi para gamers. Namun terkadang kondisi laptop atau komputer yang tidak memadai membuat semua prosesnya menjadi terhambat. Solusinya adalah dengan upgrade RAM, upgrade VGA, upgrade processor komputer, yang dengan ketiganya komputer Anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun, manakah yang didahulukan? Simak ulasan berikut…

Baca Juga: Penyebab PC Lemot dan Solusinya

Prioritaskan Upgrade VGA/Graphic Card (GPU)

Saat mengalami kebingungan di atas, khusunya untuk komputer yang diperlukan untuk kebutuhan desain grafik atau gaming, sebaiknya Anda memprioritaskan upgrade VGA. Hal itu disebabkan karena VGA Card memiliki fungsi yang sangat penting pada PC, yaitu mengubah sinyal digital pada komputer menjadi layar grafik di monitor Anda. Jika komputer Anda tidak memiliki VGA Card, maka kualitas tampilan pada layar tidak akan baik dan tidak menarik.

VGA lebih berfungsi untuk berbagai hal yang berkaitan dengan grafis misalnya gaming, desain, 3D serta berbagai kebutuhan lainnya. Adanya VGA akan memperbaiki kualitas grafik saat memainkan game. Dengan kualitas VGA yang baik, maka ia akan seimbang dengan prosessornya.

Kemudian Tambahkan RAM (Random Access Memory)

Jika VGA sudah ter-upgrade, berikutnya Anda juga perlu upgrade RAM. Dengan adanya kapasitas RAM yang memadai, performa dari PC Anda juga akan semakin cepat. Dengan demikian, saat menjalankan aplikasi tertentu, game, video dan lain sebagainya akan semakin lancar dan tidak lemot. Dan setidaknya untuk bermain game, Anda membutuhkan RAM minimal kapasitas 4GB.

Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan RAM menjadi 8 atau 16GB sehingga komputer Anda akan menjadi semakin tangguh dan cepat. Akan tetapi, sebelum melakukan proses upgrade atau penambahan pada RAM, sebaiknya perhatikan sisi dayanya. Jumlah dayanya harus disamakan dengan memori yang sebelumnya. Karena jika tidak sama laptop bisa tidak mampu menyala.

Baca Juga: Laptop Impian Gamer, Lebih Mahal dari Motor

Melakukan Upgrade Processor

Ternyata, yang penting di-upgrade tidak hanya RAM dan VGA. Namun, perlu melakukan upgrade processor komputer agar menjadi semakin memadai. Semakin besar permainan game Anda, maka hal itu tentu memerlukan hardisk dengan kapasitas besar. Dan ini mempengaruhi performa PC. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan kapasitas pada Data Drive tersebut.

VGA dan juga RAM yang canggih karena telah di-upgrade tidak akan berarti apa-apa jika prosessor yang ada pada PC tidak mumpuni. Oleh karena itu, perlu melakukan upgrade processor komputer. Namun, harus hati-hati karena tindakan ini sangat berisiko. Ingat, tidak semua PC bisa diupgrade dari segi prosessornya. Dan hal ini juga memerlukan dana yang tidak sedikit. Sehingga, harus benar-benar dipertimbangkan dahulu.

Bagaimana dengan Upgrade Motherboard?

Ada yang bertanya, bagaimana jika yang diupgrade adalah Motherboardnya. Sebenarnya, hal ini juga perlu agar laptop atau PC semakin baik dan mumpuni. Namun, saat melakukannya juga harus berhati-hati karena hal ini juga berisiko. Mengganti Motherboard harus teliti dan benar-benar memahami tipe dari prosessornya. Selain itu, tipe RAM yang ada di dalamnya juga harus benar-benar diperhatikan.

Lakukan Pengecekan pada Power Supply!

Power supply memiliki pengaruh yang cukup besar dalam bidang kelistrikan PC. Sementara listrik yang diperlukan untuk memainkan game pada PC amat berbeda dengan kebutuhan atau penggunaan lain pada PC tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai power supply tidak sanggup memasok daya sehingga mempengaruhi kinerja PC.

Baca Juga: Solid State Drive (SSD) vs Hard Disk Drive (HDD)

Itulah jawaban atas kebingungan prioritas antara upgrade RAM, upgrade VGA, upgrade Processor komputer pada PC. Yang perlu diingat adalah utamakan upgrade VGA dan RAM terlebih dahulu untuk meningkatkan performa dari PC saat bermain game.

7 thoughts on “Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *