Perlukah Antivirus untuk Smartphone Android?

Seberapa penting aplikasi antivirus Android untuk smartphone? Sangat penting, yuk simak ulasan detailnya berikut…

Android saat ini sudah menjadi top teratas untuk peminat smartphone di Indonesia. Sistem ini terbukti memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia. Namun, masih banyak kalangan yang kebingungan mengenai antivirus android. Apakah aplikasi antivirus untuk Android tersebut sebenarnya diperlukan ataukah tidak?

Untuk menjawab seberapa penting tidaknya sebuah aplikasi antivirus di Android, berikut ulasannya…

Baca Juga: Mengenal Virus dan Worm serta Cara Menghindarinya

Yang Harus Diwaspadai Adalah Malware, Bukan Virus

Dikatakan bahwa Android tidak memerlukan antivirus karena faktanya yang mesti diwaspadai pada sistem Android bukanlah virus, namun sejenis malware. Malware sendiri merupakan salah satu jenis aplikasi bersifat merusak yang dapat merusak perangkat yang tengah digunakan. Di antara cara kerja dari malware sendiri adalah melakukan pencurian data, kata sandi, akun bahkan untuk melacak lokasi.

Virus sesungguhnya merupakan bagian dari malware itu sendiri. Sehingga, virus lebih sempit maknanya dibandingkan malware. Dan untuk jenis malware yang menyerang perangkat Android sendiri juga terbilang banyak, misalnya adware, ransomware, banker malware dan juga spyware. Sehingga, Anda sebenarnya tidak membutuhkan antivirus khusus untuk smartphone Android.

Karena tanpa menginstall antivirus pun, Android Anda juga akan tetap baik. Dengan catatan tidak mencoba berbagai hal yang memiliki tingkat risiko tertentu. Dan yang terpenting adalah bagaimana menjaga semua data yang ada pada perangkat agar tetap aman.

Mengapa Android Tidak Membutuhkan Antivirus?

Sebenarnya, Android yang Anda miliki tidak perlu antivirus. Salah satu alasannya adalah antivirus yang ada pada antivirus Android sendiri itu sebenarnya memiliki fungsi dan kinerja yang serupa dengan aplikasi verifikasi yang terdapat pada Google Play. Sehingga, untuk mengetahui asli tidaknya sebuah aplikasi, perangkat cukup menggunakan scan.

Alasan berikutnya mengapa Android tidak membutuhkan antivirus adalah menghindari perangkat semakin lemot. Dengan install antivirus pada perangkat Anda, maka itu akan menambah beban memori pada ponsel. Sehingga, jika kapasitasnya terlalu besar maka akan mengganggu kelancaran dari sistem Android itu sendiri. Dan akhirnya bisa menyebabkan ponsel menjadi lemot.

Baca Juga: Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya

Langkah Mencegah Masuknya Malware pada Perangkat Android

Untuk mengatasi berbagai kemungkinan masuknya jenis malware pada perangkat Android Anda, sebaiknya mulai waspada dan berhati-hati agar perangkat tetap dalam kondisi aman dan terkontrol. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat mencegah masuknya malware tersebut.

  1. Tidak Menginstal Aplikasi Kecuali di Google Play Store

Hal pertama dan utama yang perlu diperhatikan untuk mencegah masuknya malware pada perangkat Android adalah dengan tidak menginstal aplikasi apapun kecuali aplikasi yang sudah resmi di Play Store. Di dalam Play Store sendiri sudah ada fitur verifikasi keamanan aplikasi sehingga menjadi aman.

Boleh saja menginstall dari selain Google Play Store asalkan sumbernya dapat dipercaya dan dapat diyakini bahwa aplikasi yang bersangkutan tidak mengandung malware atau apapun yang membahayakan smartphone atau data pribadi.

  1. Perhatikan Permission Sebelum Instal

Hal yang tidak kalah penting berikutnya untuk diperhatikan adalah permission sebelum melakukan install. Jangan sampai melewatkan hal ini agar tidak ada proses instal secara langsung dan tidak terkontrol pada Android Anda.

  1. Jangan Klik Berbagai Tautan yang Mencurigakan

Terakhir, Anda jangan sembarangan dalam mengklik tautan mencurigakan. Misalnya berbagai jenis promosi baik itu di email dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena belum tentu linknya adalah link yang terhindar dari malware. Dengan menjalankan berbagai tips yang ada, maka Android Anda akan aman dari berbagai malware.

Baca Juga: Android vs iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah ulasan mengenai butuh tidaknya antivirus Android yang bisa dijadikan sebagai acuan dan rujukan. Dengan mempelajari berbagai materi tersebut, maka Anda akan lebih berhati-hati dalam menjalankan Android Anda agar tetap aman dan terhindar dari berbagai kerusakan sistem.

One thought on “Perlukah Antivirus untuk Smartphone Android?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *