Mengenal Virus dan Worm serta Cara Menghindarnya

Jangan sampai worm dan virus komputer menyerang PC Anda. Segera lakukan pencegahan dengan berbagai cara berikut ini…

Memiliki komputer memang harus berhati-hati. Karena komputer Anda berpotensi untuk terkena serangan dari berbagai jenis virus penyebab kerusakan pada komputer. Di antaranya adalah worm dan virus komputer.

Jika Anda memiliki sebuah komputer, maka harus mengetahui keduanya agar bisa mengatasi permasalahan komputer ketika terserang dua hal tersebut. Berikut ulasan selengkapnya…

Baca Juga: Menghindari Virus dengan Mematikan Autoplay

Pengertian Virus

Virus adalah suatu kode tertentu atau script yang dibuat untuk dapat merusak sistem komputer Anda. Virus didesain untuk memiliki kemampuan yang jahat. Bahkan, virus bisa saja mengeksekusi bagian data atau file yang diinfeksi. Sehingga, file tersebut menjadi rusak.

Tidak hanya itu, tidak jarang virus memberikan pesan tersendiri dari yang membuatnya kemudian menyebabkan adanya kerusakan pada display. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, maka cara kerja komputer akan semakin melambat.

Pengertian Worm

Adapun yang dimaksud dengan worm adalah program yang melakukan pengopian terhadap diri sendiri kepada memori komputer. Jika virus dalam dirinya terinfeksi target kode, maka tidaklah demikian pada worm.

Jenis worm ini awalnya ditemukan pada jenis large computer saja sekitar tahun 1970 an. Namun, di beberapa tahun terakhir ini, tidak jarang worm merambah ke berbagai jenis PC. Terlebih mulai tahun 1999 ketika jenis worm ini banyak diedarkan melalui email.

Cara Menghindari Virus dan Worm

Worm dan virus komputer dapat dihindari dengan beberapa langka. Worm dan virus komputer dapat dihindari dengan beberapa langkah. Berikut ini adalah ulasannya…

  1. Instal Jenis Software Pengaman yang Paling Baru

Cara menghindari yang pertama adalah dengan menginstal software pengaman yang terbaru. Anda dapat menginstal setidaknya 3 jenis software yang paling utama. Pastikan pula ketiganya sudah bisa menyala dengan otomatis tanpa harus dinyalakan. Beberapa software tersebut fungsinya tidak hanya untuk menangkal virus, namun juga mencegah serangan hacker.

Baca Juga: Pengertian Malware dan Penyebabnya

  1. Hati-hati dengan Attachment Email

Berikutnya Anda juga perlu berhati-hati dengan berbagai attachment email. Jika attachment tersebut memiliki akhiran file berupa .exe, .pif, .bat dan sebagainya, jangan pernah membukanya. Karena itu bisa menyebabkan komputer Anda terkena virus dan worm. Pahami terlebih dahulu bagaimana gaya bahasa emailnya.

  1. Jangan Gegabah di Dalam Menginstal Software

Berikutnya adalah jangan sampai Anda gegabah di dalam melakukan proses install software. Hal itu disebabkan karena berbagai virus yang ada dapat saja bersembunyi di program yang akan dipasang. Oleh karena itu, biasakan untuk back up file yang sifatnya penting agar datanya tidak hilang jika sewaktu-waktu komputer terserang virus.

  1. Awasi Orang yang Menggunakan Komputer Anda

Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus mengawasi orang yang mengoperasikan komputer Anda. Dan pastikan dia tidak akan melakukan suatu hal yang dapat merusak atau merugikan komputer tersebut. Jangan sampai orang tersebut mencolokkan USB yang di dalamnya ternyata mengandung virus.

  1. Senantiasa Waspada

Selanjutnya adalah Anda harus tetap waspada ketika merasa terdapat sesuatu yang tidak beres pada komputer Anda. Sesudah itu, usahakan untuk menerapkan antivirus agar kondisi komputernya tetap aman. Dan pastikan Anda menolak jika tiba-tiba terdapat permintaan install software dari sumber yang masih belum jelas.

Baca Juga: Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya

Itulah beberapa ulasan mengenai worm dan virus komputer yang wajib diketahui. Dengan informasi terkait bahaya keduanya, Anda akan semakin hati-hati. Dan tidak kalah penting adalah Anda bisa mencegah munculnya virus tersebut. Daripada data-data penting hilang, alangkah baiknya mulai sekarang back up file yang menurut Anda penting.

4 thoughts on “Mengenal Virus dan Worm serta Cara Menghindarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *